Keluarga

Memiliki Manfaat Seperti Retinol? Ini 5 Manfaat Bakuchiol!

Memiliki Manfaat Seperti Retinol? Ini 5 Manfaat Bakuchiol!

Sudah tahukah Ibu manfaat bakuchiol yang disinyalir mirip dengan manfaat retinol? Apa itu bakuchiol?

Nama bakuchiol masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Namun, banyak merk kosmetik baik lokal mau global sudah menggunakan bakuchiol sebagai kandungan aktifnya. Bakuchiol adalah bahan yang memiliki sangat baik untuk kesehatan kulit wajah, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif.

Apa itu bakuchiol?

memiliki-manfaat-seperti-retinol-ini-5-manfaat-bakuchiol-1

Bakuchiol adalah ekstrak biji dan daun dari tumbuhan Psoralea corylifolia atau dikenal juga dengan babchi yang merupakan tumbuhan asli dari India. Tumbuhan ini dikenal dengan warna bunganya yang berwarna ungu dan sering menjadi alternatif penggunaan retinol pada kulit wajah.

Retinol sendiri adalah jenis retinoid yang dapat mencegah penuaan dini. Namun, bahan ini dianggap terlalu keras bagi sebagian orang dan menyebabkan kulit kering.

Bakuchiol adalah bahan yang dikenal memiliki manfaat serupa dengan retinol namun tidak menyebabkan sensasi terbakar dan perih pada kulit wajah sehingga diklaim lebih aman untuk digunakan.

Manfaat bakuchiol untuk perawatan wajah

Biasanya kandungan bakuchiol ditemukan di serum perawatan wajah. Kandungan antioksidan dan antimikroba yang terdapat di bakuchiol memberikan manfaat bakuchiol berupa:

1. Memudarkan bintik wajah

Manfaat bakuchiol pertama pada perawatan wajah adalah dapat memudarkan bintik wajah. Bintik hitam atau yang dikenal dengan hiperpigmentasi ditandai dengan bercak kulit yang berwarna lebih gelap daripada kulit sekitarnya. Kondisi ini terjadi saat paparan sinar matahari memicu kulit untuk memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen kulit.

Salah satu manfaat bakuchiol adalah menyamaratakan warna kulit. Ini berkat kandungan antioksidan dan kemampuan bakuchiol dalam menghambat proses produksi melanin di wajah.

Meski Ibu menggunakan bakuchiol, jangan lupa untuk selalu mengoleskan tabir surya tiap beraktivitas di luar ruangan.

2. Merawat kulit berjerawat

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam National Library of Medicine menyatakan bahwa manfaat bakuchiol adalah dapat mengobati jerawat. Bakuchiol disebut memiliki kandungan zat anti jerawat dan antiradang sehingga dapat mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh peradangan.

3. Memperkuat lapisan terluar kulit

memiliki-manfaat-seperti-retinol-ini-5-manfaat-bakuchiol-2

Lapisan terluar kulit (skin barrier) memiliki peran penting dalam melindungi tubuh dari paparan berbagai jenis racun seperti polusi udara dan debu. Selain itu, fungsi skin barrier juga menjaga keseimbangan air dalam tubuh. Jika lapisan tersebut rusak, maka kulit akan kering, gatal dan berisiko mengalami peradangan.

Salah satu manfaat bakuchiol adalah dapat memperkuat lapisan terluar kulit, apalagi jika digabungkan dengan bahan lain. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kombinasi bakuchiol, ascorbyl tetraisopalmitate dapat meningkatkan fungsi lapisan terluar kulit serta menghidrasinya.

4. Mengurangi tanda penuaan

Salah satu manfaat bakuchiol lainnya adalah mengurangi tanda penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah. Karena itu manfaat bakuchiol disinyalir mirip dengan manfaat retinol.

Sebuah studi yang dimuat di British Journal of Dermatology melakukan percobaan pada pengguna yang mengoleskan 0,5 persen krim retinol dan 0,5 persen krim bakuchiol. Hasil menunjukkan bahwa pengguna dari masing-masing krim tersebut mengalami peningkatan pada kondisi kulitnya, yaitu berkurangnya kerutan dan hiperpigmentasi setelah penggunaan 12 minggu berturut-turut.

5. Mempercepat regenerasi sel kulit

Manfaat bakuchiol berikutnya adalah dapat mempercepat regenerasi sel kulit. Bakuchiol bekerja dengan mengirimkan sinyal pada sel-sel kulit untuk meningkatkan produksi kolagen. Regenerasi kulit pun lebih cepat terjadi dan kulit menjadi sehat.

Efek samping bakuchiol

memiliki-manfaat-seperti-retinol-ini-5-manfaat-bakuchiol-3

Bakuchiol dianggap aman digunakan di hampir semua tipe kulit. Namun, adakah efek samping bakuchiol?

Sebenarnya, penelitian seputar bakuchiol sampai sekarang masih terbatas. Sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa ada efek samping bakuchiol pada kulit wajah. Meski begitu, para ahli berpendapat bahwa Ibu juga harus berhati-hati saat menggunakan bakuchiol. 

Bisa saja efek samping bakuchiol muncul pada pemakaian pertama meski sebelumnya tidak memiliki riwayat alergi sekalipun. Risiko efek samping bakuchiol yang mungkin saja muncul berupa kulit mengelupas dan kulit kemerahan bila penggunaan bakuchiol lebih dari 1 persen.

Jika Ibu menderita eksim, cobalah menggunakan sedikit produk bakuchiol di kulit. JIka produk bereaksi negatif terhadap kulit, sebaiknya hindari penggunaan bakuchiol.

Jadi, tetap konsultasikan ke dokter terlebih dahulu ya bagi bumil, busui, dan remaja yang hendak menggunakan bakuchiol.

Cara memakai bakuchiol

memiliki-manfaat-seperti-retinol-ini-5-manfaat-bakuchiol-4

Bakuchiol dapat digunakan di semua jenis kulit, termasuk kulit kering, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Makanya Ibu hamil dan remaja yang tidak boleh menggunakan retinol disarankan untuk menggunakan bakuchiol sebagai bahan alternatif yang lebih aman. Cara memakai bakuchiol pun sama seperti skincare lainnya.

Kini bakuchiol banyak tersedia di berbagai produk perawatan kulit yang dijual di pasaran. Mulai dari krim malam hingga serum wajah. Ibu dapat memilih salah satu dari produk tersebut untuk mendapatkan manfaat bakuchiol yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Cara memakai bakuchiol yang berbentuk serum adalah bisa digunakan setelah menggunakan toner agar lebih meresap.

Tetap pastikan semua skincare yang Ibu beli sudah terdaftar di BPOM untuk memastikan keamanannya. Ibu dapat berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah bisa menggunakan bakuchiol.

 Tertarik menggunakannya?

Editor: Dwi Ratih