Keluarga

7 Cara Mengatasi Rasa Takut Malam Pertama Biar Lebih Hot!

7 Cara Mengatasi Rasa Takut Malam Pertama Biar Lebih Hot!

Mencari tahu tentang cara mengatasi rasa takut malam pertama biasa dilakukan oleh calon pengantin. 

Apakah kamu juga termasuk salah satunya? Tenang saja, sebab ini adalah hal yang normal terjadi.

Malam pertama adalah momen yang mendebarkan bagi pasangan pengantin baru. Segala perasaan bercampur aduk menjadi satu. Kamu mungkin merasa gelisah, senang, bersemangat, tapi juga takut dalam satu waktu, terutama bagi wanita. 

Pasalnya, ketika melakukan hubungan seks untuk kali pertama selaput darah pada organ intim wanita akan robek. Kondisi inilah yang kemudian menimbulkan spekulasi tentang rasa sakit dan ketakutan tersendiri.

Jadi, apa yang sebenarnya harus dilakukan oleh pasangan pengantin baru? Bagaimana cara mengatasi rasa takut malam pertama? 

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan, sehingga malam pertama berjalan lancar dan menyenangkan! 

1. Bicarakan dengan pasangan

Cara mengatasi rasa takut malam pertama yang paling mendasar, yaitu membicarakan ketakutan tersebut dengan pasangan. Sampaikan secara detail hal-hal yang membuatmu merasa cemas dan takut. Dengan menjalin komunikasi yang baik di malam pertama, hubungan seksual yang akan dilakukan pun berjalan lebih nyaman. 

Jangan pernah merasa malu untuk menyampaikan rasa takutmu. Ingat, ia akan menjadi pasangan untukmu seumur hidup. Menjalin komunikasi yang baik dengan pasangan, termasuk persoalan seksual, adalah kunci awal hubungan rumah tangga yang harmonis.

2. Bersikap lebih santai

Jika kamu mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan selama penetrasi di malam pertama, mungkin kamu mengira bahwa vagina terlalu kecil atau terlalu ketat untuk berhubungan seks. Faktanya, tentu tidak. 

Dilansir dari Healthline,  dalam keadaan tidak terangsang, panjang vagina adalah 3-4 inci. Itu mungkin tidak tampak cukup lama untuk Sebaliknya, ketika kamu terangsang, vagina tumbuh lebih panjang dan lebih lebar. Kondisi ini juga memicu terbentuknya pelumas alami yang memudahkan proses penetrasi. 

Nah, kalau kamu masih mengalami rasa sakit atau kesulitan dengan penetrasi di malam pertama, itu mungkin pertanda bahwa kamu kurang rileks dan belum cukup terangsang. Oleh karena itu, cobalah bersikap lebih santai dan nikmati pengalaman hubungan seksual pertama ini.

3. Pastikan badan bersih dan wangi

Disarankan agar kamu dan pasangan lebih dulu mandi agar badan bersih, segar, dan wangi. Ini menjadi salah satu cara mengatasi rasa takut malam pertama yang tepat. Berada dalam kondisi badan yang bersih dan wangi juga bisa membuatmu lebih percaya diri di atas ranjang.

Jangan lupa, gunakan lotion dan parfum sebagai pelengkap. Kamu bisa memakai wewangian dengan aroma-aroma vanila, jasmine, atau rose yang lembut dan bisa meningkatkan gairah seksual. Akan tetapi, jangan berlebihan dalam menggunakan parfum sehingga aromanya tidak terlalu menyengat.

4. Tampil menggoda dengan lingerie

Cara mengatasi rasa takut malam pertama yang selanjutnya adalah dengan tampil seksi dan menggoda. Kamu bisa memakai baju tidur seksi atau lingerie. Tujuannya agar pasanganmu lebih tertantang untuk bereksperimen dengan seluruh lekuk tubuhmu, begitu juga sebaliknya.

Pilih tipe lingerie yang pas sesuai dengan bentuk tubuh. Biasanya tipe teddies, babydolls, dan chemises banyak dipilih wanita untuk dipakai saat malam pertama.

 Teddies merupakan tipe lingerie yang mirip dengan baju renang bodysuit, sedangkan babydolls adalah tipe lingerie yang memiliki aksen ketat di bagian payudara dan longgar di bagian bawahnya. 

Nah, tipe chemises adalah yang nampak paling tipis dengan banyak aksen sehingga sering dipilih untuk dipakai saat malam pertama.

5. Perpanjang durasi foreplay

Memperpanjang durasi foreplay ternyata bisa dijadikan alternatif cara mengatasi rasa takut malam pertama. Melalui sesi foreplay ini kamu dan pasangan juga bisa bersama-sama membangun gairah. 

Sentuh bagian tubuh pasangan yang paling sensitif untuk meningkatkan rangsangan. Hindari melakukan penetrasi dini saat kamu dan pasangan belum sepenuhnya terangsang. Pasalnya, hal ini justru bisa memicu rasa sakit.

Ada beberapa bagian tubuh yang direkomendasikan oleh situs Webmd untuk dicumbu ketika melakukan foreplay. Antara lain, daun telinga, leher, bahu, puting, perut, hingga paha bagian dalam. Bagian-bagian tersebut merupakan titik sensitif yang bisa meningkatkan gairah seksual.

6. Putar lagu-lagu romantis

Perlu diketahui, beberapa pasangan pengantin baru akan memutar lagu-lagu romantis di kamar. Selain menciptakan suasana yang dibutuhkan, memutar musik juga bisa menjadi cara mengatasi rasa takut malam pertama.

Pilih lagu-lagu yang tepat, seperti lagu dari Daniel Caesar yang berjudul Best Part. Kamu juga bisa memutar Sweat yang dipopulerkan oleh Zayn Malik. Beberapa lagu yang dinyanyikan oleh Rihanna juga cocok diputar saat malam pertama, seperti Kiss It Better dan Love on the Brain.

7. Tidak berdarah? Tidak masalah!

Cara mengatasi rasa takut malam pertama yang terakhir, yaitu berhenti memikirkan tentang apakah kamu akan berdarah atau tidak. 

Hal ini penting untuk diketahui sebab mayoritas masyarakat dengan adat ketimuran masih mempercayai bahwa harus ada selaput darah yang robek dan berdarah ketika malam pertama. Jika tidak, maka wanita dianggap sudah tidak lagi perawan.

Faktanya, selaput darah kewanitaan bisa robek selain karena aktivitas seksual. Dilansir dari Healthline, selaput darah kewanitaan atau hymen sangat tipis sehingga bisa dengan mudah robek. 

Aktivitas olahraga seperti berkuda, gymnastic, dan bersepeda bahkan bisa menyebabkan robeknya selaput darah. Selain itu, meski memiliki vagina, tidak semua wanita terlahir dengan memiliki selaput darah. Kondisi ini secara medis disebut dengan imperforate hymen

Bagaimana menurut pendapatmu? 7 cara mengatasi rasa takut malam pertama tadi semoga bisa membuatmu lebih tenang dan menikmati hubungan seksual dengan pasangan. Selamat mencoba!

Editor: Dwi Ratih