Keluarga

7 Produk Make Up Ini Sebaiknya Tak Digunakan Setiap Hari, Lho!

7 Produk Make Up Ini Sebaiknya Tak Digunakan Setiap Hari, Lho!

Tahukah Ibu? Ternyata, produk make up yang ada di pasaran saat ini tidak semuanya boleh digunakan setiap hari, lho! Hal ini dikarenakan, beberapa produk make up mengandung bahan-bahan yang sensitif untuk kulit Ibu.

Kulit wajah umumnya memiliki beragam tipe, seperti kulit normal, kering, berminyak, atau bahkan kombinasi. Oleh karenanya, beberapa tipe kulit wajah ada yang tidak cocok menggunakan produk make up sembarangan, apalagi bila harus dipakai setiap hari.

Ketika Ibu memakai produk make up atau kosmetik, kulit akan menyerap bahan kimia yang terkandung di dalamnya kemudian masuk ke dalam aliran darah. Meski sekarang banyak produk make up berbahan dasar tumbuh-tumbuhan hingga air saja, namun perlu diperhatikan kembali apakah kulit Ibu dapat menerimanya dengan baik atau justru harus dibatasi.

Jenis produk make up yang tidak disarankan digunakan setiap hari


Memakai produk make up dengan beragam merk yang ada di pasaran, memang sudah menjadi hal umum dan kegemaran para wanita. Pasalnya, setiap wanita pasti ingin tampil cantik dengan kulit yang tampak sehat hingga make up yang terlihat pas di wajahnya.

Namun, Ibu perlu waspada karena tidak semua produk make up boleh digunakan setiap hari. Berikut ini ada beberapa produk make up yang sebaiknya dipakai hanya bila diperlukan saja:

1. Primer silikon

Mereka yang ingin memiliki kulit glowing pasti sudah tak asing dengan primer berbasis silikon, yang memang akan menghasilkan tampilan kulit wajah sempurna, halus, hingga mampu menutupi bagian wajah yang bermasalah. Tapi tahukah kamu? Melansir dari laman Her World, produk make up seperti primer silikon ini sangat menempel pada kulit seharian penuh, sehingga akan menyumbat pori-pori wajah.

Primer silikon ini memang sangat cocok untuk tipe kulit berminyak, sehingga tak heran bila produk make up yang satu ini sangat digemari. Supaya primer silikon tak merusak kulit wajah, usahakan hanya menggunakannya pada saat yang diperlukan saja.

Solusi lainnya, Ibu bisa juga lho mencari primer make up yang tidak berbasis silikon sehingga lebih aman untuk kulit wajah.

2. Lipstik cair yang tahan lama

Lipstik menjadi salah satu produk make up yang paling disukai oleh wanita karena punya beragam warna menawan. Sekarang ini produk lipstik yang ditawarkan di pasaran juga punya jenis serta ketahanan yang beragam, misalnya jenis matte, glossy, atau kombinasi keduanya.

Produk make up lipstik yang tahan lama juga banyak diburu, apalagi yang tidak menempel pada media manapun. Namun sayangnya, lipstik cair yang tahan lama ini justru tidak boleh dipakai terlalu sering karena berpengaruh pada kesehatan bibir Ibu.

Lipstik cair tahan lama ini seringnya akan membuat bibir Ibu semakin lama semakin kering, bahkan hingga pecah-pecah karena dianggap kurang lembab untuk bibir. Jika suka menggunakan lipstik jenis ini, maka Ibu harus sering-sering melakukan perawatan bibir seperti scrub bibir, masker bibir, lip balm, hingga minum air putih yang cukup.

3. Matte Lipstik

Produk make up yang sebaiknya tidak dipakai setiap hari atau terus-terusan adalah, lipstik jenis matte. Sama dengan lipstik cair tahan lama, lipstik matte ini juga akan membuat kondisi kulit bibir menjadi sangat kering.

Melansir dari laman She Said, lipstik matte yang ada saat ini menggunakan formula matte tahan lama yang akan memberikan efek bibir lebih tebal dan menawan. Sayangnya, efek tersebut justru tidak selalu baik untuk kesehatan bibir lho.

4. Foundation


Produk make up seperti foundation, sudah banyak digunakan untuk membuat hasil make up lebih cantik natural. Produk make up ini punya daya menutupi bagian kulit yang bermasalah, lebih canggih dibandingkan dengan base make up lainnya.

Kandungan foundation juga dianggap lebih keras bila dibandingkan dengan base make up lain seperi bb cream, concealer, primer, cc cream, atau dd cream. Jika terlalu sering digunakan, foundation justru akan memberikan masalah baru pada kulit Ibu seperti muncul komedo, jerawat, pori-pori tersumbat, hingga kulit wajah merah akibat iritasi.

5. Bedak compact powder dan two way cake

Bedak padat seperti jenis compact powder dan two way cake, memang akan menghasilan make up yang cantik dan tampak alami. Meski terbilang dapat menutupi pori-pori wajah dengan baik, namun sayangnya kedua jenis bedak ini justru bisa menimbulkan jerawat atau kulit iritasi.

Hal ini dikarenakan keduanya punya kandungan yang lebih keras, bila dibandingkan dengan bedak tabur biasa. Kedua jenis bedak tersebut juga tidak cocok untuk jenis kulit yang berminyak.

6. Mascara waterproof


Produk make up yang satu ini juga banyak diincar kaum hawa karena dianggap praktis, sekali pemakaian saja bisa bertahan seharian penuh. Mascara waterproof muncul saat mascara biasa rupanya sering membuat pemakainya kewalahan, karena luntur dan meninggalkan noda hitam pada wajah.

Pemakaian mascara waterproof setiap hari tak disarankan, sebab kandungannya yang mampu merontokkan bulu mata akibat terlalu kering. Usahakan memakain produk ini hanya saat diperlukan saja agar bulu mata tetap sehat ya!

7. Blush on

Mengaplikasikan blush on di wajah, dapat berpengaruh pada rona wajah yang tadinya tampak pucat bisa kelihatan lebih segar. Tidak heran kalau produk make up seperti blush on tak ketinggalan ada di tas make up wanita manapun.

Sayangnya blush on ini tak baik digunakan setiap saat, karena dapat memicu timbulnya noda hitam pada wajah. Ketika Ibu memakai blush on pada wajah, maka otomatis zat pigmennya akan menyerap sinar matahari secara berlebihan sehingga makin lama akan menimbulkan bintik hitam atau justru flek hitam yang membandel.

Efek memakai make up setiap hari


Tak salah bila ingin memakai make up seharian penuh, namun perlu diketahui bahwa kulit wajah butuh bernapas supaya tetap sehat. Melansir dari laman Skin Kraft, berikut ini beberapa efek yang terjadi pada kulit Ibu bila terus-menerus menggunakan make up, apalagi bila produk make up tersebut mengandung hal berbahaya yang tak disarankan untuk kulit:

  • Pori-pori mudah tersumbat
  • Penuaan dini yang tak sesuai usia
  • Kulit menjadi kering atau justru makin berminyak
  • Timbulnya jerawat dengan beragam tipe
  • Pada beberapa kulit akan menimbulkan reaksi alergi
  • Membuat kulit wajah tampak kusam
  • Berpotensi terhadap kanker kulit.

Supaya terhindar dari bahaya tersebut, sebaiknya batasi pemakaian produk make up, mencari produk make up berbahan alami, hingga rajin membersihkan wajah. Terutama setelah menggunakan make up seharian.

Editor: Aprilia