Keluarga

7 Tips Parenting Lionel Messi, Tegas Tapi Penuh Cinta!

7 Tips Parenting Lionel Messi, Tegas Tapi Penuh Cinta!

Tips parenting Lionel Messi nampaknya sedang banyak diperbincangkan ketika keluarga tercintanya, turut hadir merayakan kemenangan Argentina saat World Cup 2022 lalu. Melansir dari laman People, diketahui Lionel Messi saat ajang piala dunia saat itu berhasil mencetak 2 gol mengesankan. Sekaligus membawa Argentina pada kemenangan yang dinantikan.

Setelah pertandingan berakhir dan acara selebrasi dimulai, tampak ketiga anak Lionel Messi, yaitu Mateo, Thiago, dan Ciro serta sang istri Antonella Roccuzzo, turut hadir merayakan kemenangan timnya sekaligus keberhasilan sang Ayah tercinta. Momen tersebut rupanya berhasil mencuri perhatian banyak orang.

Termasuk bagaimana tips parenting Lionel Messi yang tampak sangat akrab bersama ketiga buah hatinya. Diketahui Lionel Messi dan Antonella Roccuzzo pertama kali menjalin hubungan pada tahun 2005, lalu pada tahun 2012 Thiago lahir, disusul pada tahun 2015 Mateo, kemudian pada tahun 2018 anak paling bungsu, Ciro lahir melengkapi keluarga ini. 

Lionel Messi juga mengungkapkan bahwa, menjadi seorang Ayah adalah momen yang mengubah hidupnya sekaligus membuatnya ikut tumbuh bersama ketiga buah hatinya. Penasaran bagaimana tips parenting Lionel Messi? Yuk kita simak sama-sama cerita serunya berikut ini!

Tips parenting Lionel Messi yang diterapkan pada keluarga

Photo source: Guff News

Meski Lionel Messi merupakan bintang olahraga sepak bola yang dikenal dunia, tapi hal tersebut tidak mengubah peran dan caranya saat menjadi seorang kepala keluarga dan juga Ayah. Melansir dari laman Daily Star, berikut ini merupakan tips parenting Lionel Messi yang cukup seru untuk dikulik secara tuntas:

1. Menjadi sosok Ayah yang tegas dan ketat

Kabarnya, Messi merupakan sosok Ayah yang tegas dan lebih keras dibandingkan sang istri Antonella Roccuzzo. Ia mengakui bahwa perannya sebagai seorang Ayah untuk ketiga anak laki-lakinya sangat penting.

Sehingga mendidik secara tegas dan ketat akan membantu menumbuhkan kepribadian ketiga jagoannya. Wah, tips parenting ini bisa banget untuk ditiru ya, Bu!

2. Jangan terlena dengan kehidupan nyaman

Tips parenting Lionel Messi berikutnya yang bisa dicontoh lainnya adalah ia menerapkan pada Mateo, Thiago, dan Ciro bahwa meski kehidupannya berkecukupan, namun mereka tidak boleh merasa nyaman begitu saja dengan hidup yang disuguhkan. Ia menerapkan hal ini pada anak-anak supaya mereka tidak terlena pada hidup sehingga lalai menjadi pribadi yang tangguh.

3. Segala sesuatu harus diusahakan

Photo source: The Mirror

Messi juga mengungkapkan pada ketiga anaknya bahwa mereka harus berusaha untuk segala sesuatu yang mereka inginkan. Sebaiknya mereka tidak bergantung pada kekayaan yang diberikan kedua orang tuanya.

Jika ingin sesuatu mereka harus berusaha untuk mendapatkannya. Tips parenting ini juga berguna untuk diterapkan pada anak-anak, supaya mereka bisa lebih menghargai sebuah perjuangan dan apa pun yang ia miliki saat ini.

4. Belajar untuk menerima kekalahan

Sejak perhelatan piala dunia dan kemenangan Argentina saat itu, tak hanya sang bintang saja yang tersorot, namun tips parenting Lionel Messi tak luput menjadi incaran dan menjadi panduan yang bagus untuk para Ayah di dunia. Messi rupanya juga mengajarkan pada anak-anaknya, agar bisa menerima kekalahan ketika memang belum waktunya menang.

Messi mengungkapkan bahwa anak keduanya, Mateo sangat mirip dengannya ketika ia masih kecil, ia tidak bisa kehilangan atau kalah dari apa pun. Saat Mateo menghadapi kekalahan, ia akan marah, menendang, kemudian bertengkar dengan saudara-saudaranya, dan menurut Messi ini adalah hal yang buruk.

Kadang Messi harus membiarkan Mateo untuk terus menerus menang supaya emosinya terkendali, namun ini bukan kabar baik untuk kepribadiannya di masa yang akan datang. Oleh karenanya, Messi tak henti-hentinya untuk selalu memberitahu anak-anaknya mana yang baik dilakukan dan mana yang sebaiknya dihindari.

5. Harus mudah beradaptasi pada setiap keadaan

Photo source: Marca

Messi sempat berujar bahwa ia takut anak-anaknya tidak bisa beradaptasi pada perubahan. Hal ini dikarenakan Messi punya jadwal yang cukup padat dan bisa saja tiba-tiba pergi untuk suatu urusan yang berkaitan dengan karirnya.

Namun rupanya ketakutan itu tidak terjadi, ia tahu bahwa semua yang telah ia dan istri ajarkan untuk ketiga anaknya mampu menjadikan mereka orang yang kuat dan bisa beradaptasi pada lingkungan apa saja. Mengajarkan anak supaya mudah beradaptasi pada keadaan apapun juga merupakan tips parenting yang sangat bermanfaat untuk kehidupan anak nantinya.

6. Membebaskan anak-anak dengan pilihannya

Tips parenting Lionel Messi yang juga menarik adalah ternyata ia sosok Ayah yang membebaskan anak-anaknya untuk punya pilihan sendiri. Messi ingin semua anak-anaknya melakukan apapun yang mereka sukai, termasuk pilihan untuk tumbuh dan berkarir nantinya.

Meskipun begitu, rupanya anak-anak Messi tampak sangat mengidolakan sang Ayah dan ingin meneruskan jejaknya. Hal ini diketahui saat ketiga anaknya ternyata telah terdaftar di PSG Soccer Academy. Wah, mudah-mudahan menjadi penerus yang sama tangguhnya ya!

7. Penuh cinta dan kasih sayang

Photo source: Fox Sport

Diketahui tips parenting Lionel Messi yang tak kalah penting adalah saat Messi dan sang istri mengajarkan cinta dan kasih sayang dalam keluarga disamping parenting yang tegas serta ketat. Kasih sayang hadir dalam keluarga supaya anak-anak tumbuh dengan kepribadian yang baik dan sikap yang hangat.

Melansir dari laman Parenting For Brain, anak-anak membutuhkan orang tua yang juga penuh cinta dan kasih sayang untuk memberikan respon positif sehingga fisik dan mentalnya dapat berkembang dengan baik. Bentuk respon ini dapat berwujud pada tindakan kasih sayang dari para orang tua untuk anak-anaknya.

Editor: Aprilia