Keluarga

8 Ciri Alpha Female yang Menakjubkan Berdasarkan Penelitian

8 Ciri Alpha Female yang Menakjubkan Berdasarkan Penelitian

Alpha female baru-baru ini sanater beredar di kalangan masyarakat umum dan kerap kali menggambarkan tentang kepribadian seorang wanita. Lalu apa itu alpha female yang tengah hangat dan menjadi perbincangan publik ini? 

Melansir dari laman Science of People, alpha female adalah gambaran seorang wanita yang punya jiwa kepemimpinan yang baik. Ciri alpha female biasanya memiliki bakat yang luar biasa, memiliki motivasi tinggi, hingga kepercayaan diri yang memukau. 

Ciri-ciri alpha female menurut Ilmu science


Alpha female adalah wanita dengan karakter yang tak biasa dan mengangumkan. Sebenarnya, asal muasal dari kata ‘alpha’ sendiri merupakan sebuah penelitian terhadap hewan jantan yang selalu menjadi pemimpin di antara para kawanannya. 

Namun seiring berjalannya waktu, istilah ini sudah semakin berubah dan kerap digaungkan sebagai salah satu ciri kepribadian alpha female. Melansir dari berbagai sumber, berikut ini berbagai macam ciri-ciri alpha female, pribadi yang tak biasa!

1. Jiwa kepemimpinan yang tinggi dan paling bersinar

Wanita dengan karakter alpha female ini biasanya memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi dan termasuk yang paling bersinar di antara lainnya. Jiwa kepemimpinan ini sangat jauh berbeda dengan sifat boss, karena mereka dengan karakter alpha female justru suka merangkul dan membantu banyak orang dalam kepemimpinannya.

Tipikal seorang leader yang dihormati dan disegani, bukan ditakuti. Ia tak perlu meminta orang lain untuk menghormatinya karena siapapun yang berada di bawah kepemimpinannya akan hormat dengan sendirinya.

2. Selalu optimis dan percaya diri


Sifat percaya diri yang tinggi dan selalu optimis dalam menghadapi segala sesuatu merupakan ciri khas lain alpha female yang memukau. Sifat ini tidak banyak dimiliki orang lain, bahkan sekalipun ia memiliki jabatan seorang pemimpin. Mereka dengan karakter alpha female adalah orang terpilih dan terbaik karena bakat ini sudah alami ada dalam diri mereka.

3. Suka menjadi perhatian banyak orang

Jika masih banyak yang penasaran tentang apa itu alpha female, maka sifat yang satu ini termasuk ciri khas yang menggambarkan kepribadiannya, senang menjadi pusat perhatian banyak orang. Ia akan merasa lebih santai atau bahkan seperti powerful bila banyak orang yang memperhatikannya. Ini berbeda dengan sifat suka cari perhatian, karena alpha female cenderung memilikinya meski tak melakukan banyak hal.

4. Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi

Ciri alpha female yang lain adalah wanita ini memiliki kecerdasan emosional yang tinggi (EQ atau EI), selain kecerdasan intelektual. Sejumlah peneliti mengatakan bahwa alpha female cenderung mampu mengenali emosinya sendiri, mampu memahami emosi orang lain dengan sangat baik, menyadari bahwa emosi bisa mempengaruhi orang lain baik itu emosi negatif atau positif. 

Dalam lingkup sosial, alpha female dengan EQ atau EI tinggi akan selalu menjadi mediator atau ice-breaker yang baik. Alpha female adalah pribadi yang menyenangkan bagi orang-orang di sekitarnya.

5. Selalu punya semangat belajar tinggi

Sifat yang satu ini sangat mencerminkan apa itu alpha female, yaitu seorang pembelajar yang ulung dan gigih. Ia selalu punya semangat lebih dalam mempelajari sesuatu dan banyak hal yang menarik minatnya. 

Mereka akan terus menggali potensi yang ada dalam dirinya sampai pada level mahir. Dalam sebuah kuliah, mereka juga tak segan bertanya kepada dosen untuk memenuhi rasa ingin tahunya yang tinggi. 

Jika mereka punya satu bidang yang ingin ditekuni padahal bagi sebagian orang adalah hal yang tak mungkin, maka bagi alpha female rasa penasaran itu harus terjawab dengan tuntas sampai mereka bisa menguasainya. Tak heran jika banyak wanita dengan kepribadian alpha cenderung serba bisa dan multitalenta.

6. Membutuhkan lawan yang sepadan


Bagi alpha female dalam persoalan asmara, ia cenderung memiliki pasangan yang mampu mengimbanginya. Ia tak segan-segan memilih pasangan yang lebih pintar darinya, punya kecerdasan emosi yang jauh lebih baik, hingga lebih tangguh. 

Alpha female mencintai dengan logika, namun tetap menggunakan hati nurani seperti wanita lainnya. Tak heran bila seseorang alpha female cenderung memiliki pria yang hebat dari segi kepribadian dan kematangan cara berpikir. Menarik juga ya!

7. Seseorang yang kuat dan tahan banting

Tak hanya kuat fisiknya saja, alpha female memiliki kepribadian dan hati yang kuat serta mental yang tahan banting. Ia juga merupakan wanita yang tangguh dan sering kali kekecewaan atau kegagalan yang menghampiri justru disikapi dengan cara berbeda, bukan menangis tersedu-sedu tanpa usai.

Namun ia akan bangkit lagi mencari cara lain supaya tujuan mereka tercapai. Menjadi kuat dan tahan banting sudah menjadi ciri khas seorang alpha female, bahkan bila rasa sakit hati menghampiri mereka, jangan heran kalau mereka membuat sebuah epic come back yang membuatnya bangkit menjadi pribadi yang lebih kuat lagi.

8. Wanita yang sangat mandiri


Kemandirian alpha female sudah tidak diragukan lagi, ini bukan berarti ia tak membutuhkan pasangan, justru ia harus memiliki pasangan yang mampu bertoleransi dengan sifat mandirinya. Wanita ini bukan tipe manja yang ingin diantar kesana kemari bak putri dari negeri dongeng, ia akan melakukan bukan berdasarkan kemauan pasangan atau orang lain tapi menurut keyakinan dirinya sendiri. 

Dalam hal mendapatkan penghasilan, alpha female cenderung memiliki karir cemerlang dan tidak akan bergantung pada orang lain. Baginya, aktivitas sendirian bisa menjadi healing yang menyenangkan, namun berbeda dengan introvert ya!

Editor: Aprilia