Keluarga

9 Cara Mencuci Agar Baju Tidak Apek Saat Musim Hujan

9 Cara Mencuci Agar Baju Tidak Apek Saat Musim Hujan

Cuaca belakangan ini memang sudah mulai terik ya Bu. Kondisi ini jelas membuat Ibu jadi happy, karena pakaian bisa kering sempurna saat dijemur.

Nah, biasanya beberapa hari menjelang Tahun Baru Imlek, kemungkinan akan kembali turun hujan, nih Bu. Yuk, siap-siap kalau baju nantinya akan kembali apek karena tidak kering.

Tapi, tenang. Nggak perlu khawatir, Bu karena sekarang ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi agar baju tidak apek. Apalagi pakaian bau apek, seringkali bikin kita jadi nggak nyaman dan kurang percaya diri.

Nggak hanya itu, pakaian bau apek juga bisa menimbulkan jamur pada pakaian, lho! Karenanya, simak tips agar baju tidak bau apek saat musim hujan dalam ulasan berikut ini ya, Bu.

Cara agar pakaian tidak bau apek


Nggak peduli seberapa sering kamu mencuci ulang agar baju tidak apek saat musim hujan, nyatanya hal ini malah bikin kamu jadi lelah. Untuk itu, mengetahui tips agar baju tidak bau apek saat musim hujan menjadi penting adanya.

Karena, menjaga agar pakaian tidak bau apek sebenarnya cukup mudah dilakukan. Sayangnya, tips agar pakaian tidak bau apek ini jarang diketahui oleh orang.

1. Cuci dengan air hangat, tambahkan cuka dan soda kue

Air hangat ternyata nggak hanya bisa mensterilkan peralatan makan dan botol susu si kecil, lho! Air hangat juga bisa jadi solusi untuk membantu agar baju tidak bau apek.

Dikutip dari Style Degree menggunakan air hangat untuk mencuci baju di musim hujan, bisa mencegah pertumbuhan jamur yang menyebabkan bau apek pada pakaian. Agar lebih sempurna, Ibu juga bisa menambahkan soda kue dan cuka untuk menghilangkan bau apek.

Perpaduan antara air hangat, soda kue dan cuka juga dapat membunuh bakteri dan virus, serta membantu menetralkan bau yang menyengat. Nah, kalau kamu mau menerapkan cara ini dengan menggunakan mesin cuci, pastikan mesin cuci yang digunakan bisa menerima air hangat, ya Bu.

Supaya mesin cuci Ibu tidak rusak dan tidak terjadi kerusakan pada komponen mesinnya. Karena, tidak semua mesin cuci bisa menerima air hangat.

2. Jemur di dalam rumah, manfaatkan humidifier

Humidifier ternyata nggak hanya bisa dimanfaakan untuk melembapkan udara di ruangan saja. Alat ini ternyata juga bisa dimanfaatkan agar baju tidak bau apek, meski dijemur di dalam ruangan.

Dikutip dari Express UK humidifier dapat dimanfaatkan untuk untuk menghilangkan bau apek dan membuat cucian jadi lebih mudah kering. Cara mencuci baju agar tidak apek ini wajib diperhatikan, supaya pakaian bisa kering secara maksimal.

3. Segera jemur pakaian setelah selesai di cuci 

Agar pakaian tidak bau apek, sangat penting untuk memastikan pakaian segera dijemur setelah selesai dicuci. Sebab, meskipun Ibu menggunakan mesin pengering, sebenarnya pakaian nggak akan kering sempurna.

Pakaian masih perlu dijemur untuk memastikan tak ada bagian yang basah dan lembap. Jadi, agar baju tidak apek, sebaiknya segera jemur pakaian, sesaat setelah selesai dicuci.

Meninggalkannya berlama-lama di dalam mesin cuci. Selain itu, pakaian yang ditinggal terlalu lama di dalam mesin cuci juga dapat memicu tumbuhnya lumut yang menumpuk di dalam mesin cuci.

Lama kelamaan jelas dapat mengganggu kinerja mesin cuci. Sehingga proses mencuci pakaian jadi kurang bersih dan meninggalkan bau tak sedap, meski Ibu menggunakan banyak pewangi pakaian saat mencuci.

4. Gunakan kamper pewangi pakaian atau odor elimination

Melansir Her Zindagi menggunakan kamper pewangi pakaian yang di gantung di lemari, bisa membantu pakaian tetap kering dan terhindar dari bau tidak sedap. Selain itu, agar baju tidak apek kamu juga bisa meletakkan odor elimination atau gel lemari anti bau apek, di sudut lemari.

5. Beri jarak saat menjemur pakaian

Agar baju tidak apek, tips yang satu ini juga nggak boleh diabaikan ya Bu. Pastikan Ibu selalu memberi jarak antar pakaian saat hendak dijemur.

Merenggangkan pakaian saat dijemur, sedikit banyak bisa membantu tiap pakaian mendapat angin yang cukup. Supaya terhindar dari bau apek akibat pakaian yang lembab dan tidak kering. Ibumin sarankan jemur pakaian menggunakan hanger, supaya bisa lebih mudah digantung dan mendapatkan angin.

6. Jemur di dekat lampu

Lampu punya sifat memancarkan panas. Sehingga, menjemur pakaian di dekat lampu agar baju tidak apek bisa juga Ibu lakukan di rumah.

Panas dari pancaran lampu ini akan membuat pakaian jadi lebih cepat kering. Nah, kamu juga bisa menggunakan cara ini untuk menjemur pakaian di malam hari, saat pakaian harus digunakan lagi esok pagi.

7. Manfaatkan kipas angin dan hair dryer

Agar baju tidak apek, Ibu juga bisa memanfaatkan kipas angin dan hair dryer membantu untuk mengeringkan pakaian. Terutama jika harus menjemur pakaian di dalam rumah.

Tapi, jika hendak menggunakan hair dryer untuk mengeringkan pakaian, pastikan pakaian yang hendak dikeringkan punya bahan yang tipis ya Bu. Supaya proses pengeringan tidak memakan waktu lama dan membuat tagihan listrik jadi membengkak.

8. Pastikan setrika pakaian dengan benar

Salah satu solusi terakhir dan paling diandalkan agar baju tidak apek adalah dengan menyetrika pakaian. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah pastikan pakaian sudah dalam keadaan setengah kering ya, Bu!

Agar pakaian lebih wangi, semprotkan pewangi atau pelicin pakaian. Hal ini juga bisa mengurangi bau apek yang mungkin muncul di beberapa bagian baju.

9. Jangan menggunakan pewangi pakaian

Menurut pengalaman Ibumin, menggunakan pewangi pakaian saat mencuci baju di musim hujan, hanya akan menimbulkan bau apek yang tidak sedap. Jadi, usahakan pakaian dicuci hanya menggunakan deterjen saja ya Bu.

Kamu bisa menggunakan pelicin pakaian yang sudah dilengkapi dengan aneka parfum saat hendak menyetrika, untuk membuat pakaian tetap wangi. Jangan lupa, pastikan pakaian sudah kering sempurna saat diperas menggunakan mesin cuci!