Keluarga

10 Bentuk Payudara Wanita Normal, Dan Saran Jenis Bra Yang Tepat

10 Bentuk Payudara Wanita Normal, Dan Saran Jenis Bra Yang Tepat

Bagi seorang wanita, payudara merupakan sebuah investasi masa depan yang bisa mendukung kepercayaan dirinya. Sayangnya, nggak semua wanita percaya diri dengan bentuk payudaranya.

Sebab, terkadang bentuk payudara wanita normal meski kecil ataupun besar dapat membuat seorang wanita tetap nggak percaya diri. Kondisi ini pun pada akhirnya, ikut mempersulit Ibu menemukan bra yang tepat.

Nah, ketika Ibu kurang tepat memilih bra, malah bisa memengaruhi bentuk, bahkan mempercepat kemungkinan bentuk payudara wanita normal menjadi kendur, sebelum waktunya. Lalu sebenarnya, seperti apa sih bentuk payudara normal yang bagus?

Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam memilih bentuk bra yang tepat, agar bentuk payudara tetap cantik dan seksi? Yuk, kita simak bersama ulasan berikut ini.

Seperti apa bentuk payudara wanita normal?


Tahukah Ibu? Ternyata bentuk payudara wanita normal sangat bergantung pada faktor genetik dan lifestylenya, lho! Artinya, kalau Ibu punya keturunan yang memiliki payudara besar, kemungkinan si kecil nantinya juga memiliki ukuran dan bentuk yang sama.

Tapi kembali lagi, semua juga tergantung bagaimana perawatan yang dilakukan (lifestyle). Terutama dalam memilih bentuk bra yang digunakan selama ini.

Nah, dikutip dari Healthy Women berikut adalah beberapa informasi mengenai bentuk payudara wanita normal yang bisa menambah pengetahuan Ibu.

1. Archetype (bulat penuh)


Ini merupakan bentuk payudara wanita normal yang umum dimiliki oleh kebanyakan wanita. Bentuk pola dasar payudara ini cenderung bulat, penuh dan memiliki puting yang kecil.

Karena pada dasarnya sudah bulat penuh, sehingga nggak membuat bentuk payudara normal jenis ini memerlukan push up bra. Kamu bebas memilih tipe bra yang diinginkan, asalkan pilih bentuk cup yang tipis agar bisa menopang payudara secara lebih maksimal

2. Asimetris (besar sebelah)


Nggak perlu khawatir kalau kamu memiliki bentuk payudara wanita normal, di mana masing-masih payudara punya ukuran yang berbeda ya Bu. Sebab, jika mengutip dari Healthline sejatinya ini adalah hal yang umum terjadi pada beberapa wanita.

Kondisi seperti ini bahkan masih cenderung terbilang sebagai bentuk payudara wanita normal, lho! Akan tetapi, Ibu tetap perlu mewaspadai apabila bentuk payudara wanita normal asimetris ini berukuran sangat berbeda.

Terutama jika ukurannya makin membesar dan terlihat makin berbeda. Karena bisa jadi, ini jadi sebuah indikator utama kemungkinan Ibu memiliki kanker payudara.

Sementara itu, untuk pemilihan bra yang tepat untuk bentuk payudara wanita normal yang satu ini, sangat disarankan untuk menggunakan padding pada salah satu sisinya yang lebih kecil. Tujuannya adalah, agar bentuknya menjadi lebih seimbang.

3. Atletik


Tipe bentuk payudara wanita normal yang satu ini, cenderung lebih lebar dengan lebih banyak otot dan lebih sedikit jaringan payudara. Tipe payudara seperti ini biasanya paling banyak dimiliki oleh olahragawati, utamanya mereka yang rutin latihan angkat beban.

Nah, untuk pemilihan bra yang tepat, Ibumin sangat menyarankan agar mengenakan bra tanpa kawat. Tujuannya adalah, agar bra tersebut dapat yang memberikan kenyamanan saat beraktivitas.

4. Bentuk lonceng


Bentuk payudara wanita normal yang satu ini, seringkali disebut sebagai ‘payudara lonceng’. Karena bentuknya yang seperti lonceng, di mana sempit di bagian atas dan bulat di bagian bawah seperti lonceng/menggantung.

Karena bentuknya sedikit menggantung, maka menurut laman Victoria’s Secret bentuk payudara wanita normal yang satu ini, menggunakan push up bra. Tujuannya agar celah di tengah berkumpul, dan tali dan cup bra bisa menopang payudara dengan lebih maksimal sesuai dengan gravitasi gerakan.

Pastikan Ibu memilih tali pengait bra yang nyaman. Ibumin sangat menyarankan tali dengan bentuk lebih lebar, supaya nggak bikin pundak menjadi pegal, terutama jika digunakan dalam beraktivitas sehari-hari.

5. Bentuk dekat 


Bentuk payudara wanita normal yang satu ini, cenderung memiliki celah kecil di antara keduanya. Cenderung padat dan full di bagian tengah, sehingga cocok menggunakan jenis bra apapun.

Biasanya bentuk payudara wanita normal seperti ini, nggak membutuhkan push up bra untuk membuat payudaranya terlihat menonjol.

6. Berbentuk kerucut

Tipe payudara berbentuk seperti kerucut, yang menonjol di bagian samping, biasanya paling banyak dimiliki oleh wanita yang memiliki tubuh kurus. Meski begitu, bentuk puting pada jenis payudara ini tetap berada di tengah.

Supaya bentuk payudara tetap terlihat menonjol dan cantik, Ibu bisa menggunakan push up bra. Tujuannya juga tak lain, agar payudara dapat mengumpul ke bagian depan dada, sehingga arahnya tidak berlawanan.

7. East-west


Kebalikan dari bentuk kerucut, bagian puting pada bentuk payudara wanita normal tipe east-west biasanya cenderung mengarah ke luar/pinggir. Alias, menjauhi bagian tengah tubuh Ibu.

Sama seperti bentuk payudara kerucut, tipe payudara ini paling cocok menggunakan push up bra yang dapat meng-cover buah dada bagian samping, supaya bisa mengumpul ke bagian tengah.

8. Bulat


Bentuk payudara wanita normal bulat, memiliki jumlah kepenuhan yang sama di bagian atas dan bawah. Konon, bentuk payudara normal yang satu ini paling banyak diidam-idamkan para wanita.

Kalau mengutip dari Real Simple bentuk payudara normal yang satu ini, nggak memerlukan bra dengan busa tambahan. Disarankan untuk memilih bra dengan busa tipis, agar bisa menopang buah dada dengan lebih maksimal.

9. Tear drop


Bentuk payudara normal wanita tear drop, memang mengadaptasi dari bentuk air mata. Sesuai namanya, bentuk payudara ini cenderung tampak sempit atau kecil di atas, tapi melebar dan bulat di bagian bawahnya.

Tipe yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bentuk lonceng. Namun, pada bentuk payudara tear drop mungkin sedikit memiliki lekukan jika dilihat secara seksama dari samping. Menariknya, kamu tetap bisa mengenakan berbagai model bra jika memiliki bentuk payudara seperti ini.

10. Tubular (tabung)


Bentuk payudara wanita normal jenis tubular, biasanya berbentuk tidak beraturan dan tidak bulat. Bahkan, tipe ini cenderung memiliki puting dan areola yang besar dan menghadap ke bawah.

Hal ini dicurigai terjadi akibat jaringan payudara yang tidak tumbuh sempurna selama masa pubertas. Tapi Ibu nggak perlu khawatir, bentuk payudara jenis ini masih tergolong normal, kok.

Sementara itu, untuk rekomendasi jenis bra yang tepat pada bentuk payudara yang satu ini jika dikutip dari Cleveland Clinic sebenarnya tidak spesifik. Karena, belum ada jenis bra khusus yang dirancang untuk payudara berbentuk tabung.

Beberapa jenis bra umum yang mungkin lebih pas bentuknya untuk payudara berbentuk tabung meliputi bra nirkabel tanpa kawat, serta bra bandeau atau bralette.