Keluarga

Bingung Memilih Sekolah Anak? Ketahui Perbedaan PAUD Dan TK

Bingung Memilih Sekolah Anak? Ketahui Perbedaan PAUD Dan TK

Seringkali, ketika seseorang ditanya apa perbedaan PAUD dan TK, orang tersebut akan menjelaskan bahwa PAUD adalah tingkat pendidikan di bawah TK. Padahal definisi PAUD yang seperti ini cenderung salah kaprah.

Yup! Banyak dari orang tua yang pada tahun ajaran baru ini mulai mencari-cari sekolah TK yang sesuai. Tapi masih belum tahu, apa berbedaan PAUD dan TK yang sesungguhnya.

Agar lebih jelas, yuk kita bahas perbedaan PAUD dan TK tersebut dalam ulasan berikut!

Apa itu PAUD?


PAUD adalah singkatan dari Pendidikan Anak Usia Dini. PAUD sendiri sebenarnya bukanlah tingkatan pendidikan anak di bawah TK (Taman Kanak-Kanak). 

Paudpedia, media resmi Pendidikan Anak Usia Dini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjelaskan, PAUD sebagai payung besar yang menaungi pendidikan anak usia 0-6 tahun. Sehingga jawaban untuk pertanyaan apa itu PAUD adalah, merupakan pendidikan untuk anak usia di bawah 7 tahun,

PAUD sendiri, dibangun dengan tujuan menguatkan fondasi jenjang pendidikan dasar. Konsep pendidikannya kebanyakan adalah, bermain sambil belajar dengan kurikulum yang disesuaikan dengan setiap tingkatan usia anak.

Perbedaan PAUD dan TK


Dari penjelasan ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, perbedaan PAUD dan TK bukan terletak pada tingkatan pendidikannya. Namun lebih kepada ruang lingkupnya. Lebih detail, inilah perbedaan PAUD dan TK:

  • PAUD menaungi TK, sedangkan TK merupakan salah satu Satuan PAUD
  • PAUD mencakup pendidikan anak usia 0-6 tahun (sebelum SD), sedangkan TK 4-6 tahun
  • PAUD merupakan semua pendidikan usia dini formal dan non formal, sedangkan TK merupakan salah satu pendidikan usia dini berjenis formal
  • PAUD mencakup semua jenis pendidikan untuk anak usia dini di bawah Kemdikbud, Kemenag, beragam yayasan, serta pemerintahan desa. Sedangkan TK merupakan pendidikan anak usia dini di bawah Kemdikbud.
  • PAUD secara umum, metode pendidikannya tidak menentukan target untuk anak. Hanya saja fokus di akhir masa mendekati Sekolah Dasar ada kemampuan-kemampuan yang lebih diutamakan untuk dikuasai anak. Sedangkan TK di tahun keduanya memiliki capaian-capaian tertentu, yang diutamakan sebagai bekal syarat masuk Sekolah Dasar.

Dari perbedaan PAUD dan TK ini, kita bisa melihat bahwa PAUD lebih luas dan TK adalah bagian dari PAUD. Sementara selama ini orang tua salah mengira bahwa, perbedaan PAUD dan TK ada pada tingkatan pendidikannya.

Ragam pendidikan anak usia dini

1. Formal

Photo source: @paud_anyelir_4

  • Taman Kanak-kanak (TK)
  • Raudhatul Athfal (RA)
  • Bustanul Athfal (BA)
  • Tarbiyatul Athfal (TA)
  • Taman Kanak-kanak Luar Biasa (TKLB), untuk anak berkebutuhan khusus.

Semua jenis PAUD ini, diperuntukkan untuk anak usia 4-6 tahun dengan pembagian kelompok A dan B. Masing-masing kelompok berjalan satu tahun lamanya, seperti TK A untuk usia 4-5 tahun dan TK B untuk usia 5-6 tahun.

Pada kurikulum pendidikan yang baru, sebelum masuk SD anak disarankan untuk menempuh minimal 1 tahun pendidikan anak usia dini sebagai persiapan masuk SD. Ini merupakan bagian dari mewujudkan program wajib sekolah 13 tahun (12 tahun SD-SMA ditambah 1 tahun PAUD).

2. Non formal

Kelompok Bermain (KB)/Playgroup/Preschool, untuk anak usia 2-4 tahun. Biasanya berada di bawah naungan yayasan tertentu. Termasuk juga pendidikan khusus untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

  • Taman Penitipan Anak (TPA), untuk anak usia 0-6 tahun
  • Satuan PAUD Sejenis dan Pos PAUD, untuk usia 3-6 tahun, biasanya berada di bawah naungan desa atau kelurahan.

Apa yang anak dapatkan dengan belajar di PAUD?


Terlepas dari perbedaan PAUD dan TK, serta salah kaprah di masyarakat tentang definisi keduanya, anak-anak belajar konsep dasar kemampuan belajar di tingkat pendidikan ini. 

Melansir dari Capaian Pembelajaran untuk Satuan PAUD yang dirilis Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, pendidikan anak pada tingkat pembelajaran PAUD berfokus pada stimulasi di seluruh aspek perkembangan anak, seperti:

  • Moral & nilai agama
  • Sosial, emosional dan kemandirian
  • Bahasa
  • Kognitif
  • Fisik dan motorik
  • Seni.

Biasanya akan diaplikasikan melalui permainan. Tak hanya itu, nilai-nilai Pancasila juga ditanamkan lewat pembelajaran PAUD, lho! Tentunya diajarkan melalui cara yang lebih menyenangkan.

Manfaat PAUD


Rupanya, saran agar anak setidaknya menjalani PAUD selama 1 tahun tak hanya disarankan pemerintah Indonesia saja. The United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF) juga menyarankan, anak melalui pendidikan ini sebagai bentuk memperkuat fondasi belajarnya.

Selain itu, PAUD membangun kemampuan kritis anak yang mereka butuhkan selama sekolah di tingkat lanjutan, serta mengurangi kemungkinan anak tidak naik kelas atau mengulang tahun ajaran. Tanpa disangka, UNICEF juga mengemukakan bahwa orang dewasa yang menjalani pendidikan usia dini memiliki hubungan dan kehidupan sosial yang lebih baik, serta kemampuan ekonomi yang lebih makmur.

Secara detail, inilah manfaat PAUD untuk anak:

  • Mempersiapkan anak ke jenjang pendidikan selanjutnya
  • Meningkatkan keterampilan sosialisasi
  • Membentuk kepribadian positif
  • Mendukung perkembangan intelektual & emosional.

Wajibkah masuk PAUD?


Terlepas dari perbedaan PAUD dan TK, Ibu tentu juga punya pertanyaan apakah anak wajib masuk PAUD agar bisa mendaftar ke Sekolah Dasar? Ada beberapa sekolah yang mewajibkan kepemilikan ijazah TK untuk masuk SD.

Namun tak jarang juga sekolah yang menerima murid tanpa ijazah TK, asal kemampuan anak sesuai dan usia anak sudah mencukupi. Di Indonesia sendiri sebagai syarat masuk ke Sekolah Dasar usia yang ditentukan adalah 7 tahun, atau paling rendah 6 tahun per 1 Juli tahun berjalan.

Nah, sudah tidak bingung lagi, ya Bu tentang perbedaan PAUD dan TK serta bagaimana menentukan pendidikan usia dini yang sesuai. Ibu dan Ayah berhak menentukan ke mana anak akan diberi pendidikan usia dini, baik itu yang berbasis negeri, agama, atau berkebutuhan khusus.

Karena pada dasarnya perbedaan PAUD dan TK hanya ada pada ruang lingkup definisi saja. Bagaimanapun Ibu dan Ayah menyebut perbedaan PAUD dan TK, pastikan anak senang dalam menjalani proses belajarnya selama menempuh pendidikan usia dini.

Tujuannya tentu agar anak lebih siap menghadapi pendidikan di tingkat Sekolah Dasar baik dari kemampuan belajar maupun kemampuan sosial. Semoga informasi mengenai perbedaan PAUD dan TK ini bisa kembali menambah wawasan orang tua ya, Bu.

Editor: Aprilia