Keluarga

Bisa Nambah Cuan! 7 Kursus Untuk Ibu Rumah Tangga Ini Patut Dicoba

Bisa Nambah Cuan! 7 Kursus Untuk Ibu Rumah Tangga Ini Patut Dicoba

Siapa bilang menjadi Ibu rumah tangga nggak bisa tumbuh dan berkembang? Jadi Ibu rumah tangga zaman sekarang, nggak sama seperti zaman dahulu ya Bu. Di mana mengharuskan Ibu untuk fokus mengurus keluarga tanpa memikirkan kewarasan diri sendiri.

Jadi Ibu rumah tangga jelas bukanlah profesi yang bisa membatasi ruang gerak Ibu. Beruntung, pemahaman seperti ini sudah banyak disadari dan membuat Ibu jadi paham pentingnya mengembangkan kemampuan diri.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya ikut berbagai macam kelas kursus untuk Ibu rumah tangga. Mulai dari kursus memasak, menjahit hingga kursus lainnya yang berkaitan dengan kegemaran Ibu.

Bahkan beberapa kelas ada yang memang sengaja membuka sesi hanya untuk kursus Ibu rumah tangga saja, lho! Karena profesi Ibu rumah tangga dinilai sangat spesial dan istimewa.

Sehingga ketika Ibu hendak meng-upgrade skill, sudah ada banyak sekali wadah yang mau membantu. Yuk, simak berbagai macam kursus untuk Ibu rumah tangga berikut ini. Siapa tahu sekaligus bisa nambah cuan di kemudian hari!

Mengapa Ibu rumah tangga perlu meng-upgrade skill?


Jika melansir Parent Circle berdasarkan penelitian tahun 2012 yang dilakukan Korn Ferry Institute, sebanyak 95% Ibu rumah tangga menyatakan bahwa ketrampilan mereka justru meningkat setelah memiliki anak. Ketrampilan ini meliputi manajemen waktu, psikologi, emosi bahkan jiwa seorang akuntanpun bisa dimiliki seorang Ibu dalam mengurus rumah tangga.

Meski ketrampilan tersebut makin terasah, namun kebanyakan dari mereka mengaku bahwa ketrampilan akademik dan pengetahuan mereka cenderung berkurang. Sehingga, tak heran banyak Ibu rumah tangga yang memilih untuk kembali bekerja kantoran, butuh waktu cukup lama untuk bisa menyesuaikan job desk barunya.

Tapi, nggak semua Ibu bisa memutuskan untuk kembali bekerja setelah punya anak. Sehingga untuk ‘merawat’ atau meng-upgrade kemampuan, dibutuhkan wadah khusus berupa kelas-kelas kursus untuk Ibu rumah tangga.

Kabar baiknya, selain bisa mengasah skill, kursus untuk Ibu rumah tangga ini juga bisa membuat Ibu makin jago dalam bidang tertentu yang sedang ia dalami. Siapa tahu, justru bisa menghasilkan cuan dan menambah income buat keluarga.

Berbagai macam kursus untuk Ibu rumah tangga


Mau menambah skill tapi tetap mau punya banyak waktu untuk keluarga? Tenang, karena ada banyak sekali jenis kursus untuk Ibu rumah tangga yang saat ini bisa kamu coba. Berikut adalah rekomendasinya:

1. Kursus mengajar

Melansir sebuah blog bernama Digital Class World kursus mengajar mungkin sedikit asing di dengar ya, Bu? Nyatanya, kursus seperti ini memang sudah banyak peminatnya, lho!

Apalagi kalau basicly kamu sempat mengenyam pendidikan yang terkait. Jangan sampai peranmu sebagai Ibu rumah tangga malah membuat skill mengajarmu jadi down grade, ya!

Agar skill mengajar tetap sama dan bahkan meningkat, kamu bisa ikutan nambah pengalaman dengan gabung di kelas mengajar yang banyak tersedia di website-website online. Di sana kamu akan diajarkan bagaimana caranya untuk menjadi seorang guru profesional.

2. Kursus memasak

Ibu nggak hobi memasak tapi ingin sekali belajar cara memasak yang benar, agar gizi harian keluarga selalu tercukupi dengan baik? Tenang, karena ada banyak sekali kelas kursus memasak yang tersedia, baik secara tatap muka maupun online.

Bahkan, kamu juga bisa memilih kursus memasak apa yang diminati. Mulai dari masak menu sehari-hari hingga membuat kue yang juga bisa dimanfaatkan untuk menambah cuan, alias jualan.

Range harga untuk kurus Ibu rumah tangga yang satu ini juga sangat variatif. Mulai dari harga ratusan ribu, hingga hanya Rp 100 ribu-an saja. Tergantung tingkat kesulitan kelas yang kamu pilih.

3. Kursus menjahit

Kalau kamu hobi membuat aneka desain gaun-gaun pernikahan atau braidesmaid dalam secarik kertas, lebih baik tuangkan saja ke dalam wujud nyata yuk! Kamu bisa sekaligus kursus menjahit dan nantinya akan diajarkan bagaimana cara membuat pola gaun yang benar.

Kursus menjahit ini juga biasanya akan dipandu oleh tenaga pengajar yang sudah profesional di bidangnya. Mana tahu hal ini bisa jadi jalan buat mewujudkan cita-cita kamu untuk menjadi seorang fashion desainer, nih!

4.  Kursus make up

Kamu punya hobi berdandan dan sangat tertarik dengan brand make up tertentu? Yuk, upgrade skill kamu dengan ikutan kursus make up khusus untuk Ibu rumah tangga!

Kursus make up ini selain dapat menambah skill kamu tentang bagaimana mengaplikasikan make up dengan benar, ternyata juga bisa jadi peluang usaha yang cukup menarik lho! Tapi, dengan catatan kalau kamu nantinya sudah benar-benar lihai dalam hal ini ya.

Kursus make up juga kebanyakan diajarkan oleh tenaga profesional meliputi make up artis. Sehingga dijamin bikin skill make up kamu makin terasah.

5. Kursus bahasa asing

Nah, salah satu kursus untuk Ibu rumah tangga yang lagi viral adalah kursus bahasa asing. Bahasa Korea menjadi salah satu kurus yang sejak pandemi tahun lalu cukup diminati.

Sekilas, kursus bahasa asing ini memang terlihat tidak bermanfaat ya Bu? Tapi, nyatanya kursus bahasa asing dapat mengasah kemampuan Ibu dalam belajar. Terutama dalam mengenal dan mempelajari kosa kata baru, menulis huruf asing dan lain sebagainya.

Apalagi, kursus bahasa asing seringkali diadakan ujian di tengah semester layaknya kuliah sungguhan. Walau bikin Ibu jadi banyak berpikir dan meluangkan waktu belajar, namun justru di sinilah seninya.

Bahkan tanpa disadari kursus bahasa asing ini siapa tahu juga bisa mendukung pekerjaan kamu nantinya. Terutama jika tertarik menjadi freelance translator dan kembali bekerja di company asing.

6. Kursus mengemudi mobil

Zaman sekarang, seorang Ibu rumah tangga nggak bisa tinggal diam di rumah menunggu suami saat hendak bepergian. Jadi, kamu juga bisa mencoba kursus untuk Ibu rumah tangga berupa kurus mengemudi yang bikin kamu bisa jadi lebih mandiri.

Karena dengan kursus mengemudi, kamu jadi bisa lebih mandiri dalam mengantar-menjemput anak ke sekolah, atau sekadar mengantar pesanan saat membuka bisnis kuliner. Tentunya tanpa merepotkan orang lain.

Kursus mengemudi ini juga bisa kamu tentukan sendiri jenis mobil yang mau kamu pelajari. Misalnya mobil matik atau manual, namun untuk besar biaya kursusnya biasanya akan lebih mahal jika kamu memilih kursus mengemudi mobil matik.

7. Kursus menulis 

Sebenarnya kursus untuk Ibu rumah tangga yang satu ini bisa kamu mulai dengan cara journaling terlebih dahulu. Tentunya perlu didasari oleh hobi menulis sebelumnya.

Kursus menulis ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan menulis. Sehingga siapa tahu kamu bisa mengembangkan bakat untuk menjadi penulis buku.

Selain itu, mengasah kemampuan menulis dengan ikut kursus juga bisa membuka peluang kamu untuk bekerja sebagai freelance writer maupun translator. Sehingga pastinya bisa menambah income tambahan buat keluarga.