Keluarga

Cara Meluruskan Rambut Dengan Catok Agar Lebih Awet Tahan Lama

Cara Meluruskan Rambut Dengan Catok Agar Lebih Awet Tahan Lama

Dahulu, rambut lurus menjadi sebuah dambaan bagi tiap wanita. Rambut lurus nan panjang, konon bisa membuat wanita tampak terlihat lebih cantik dan anggun.

Tapi ternyata, nggak semua wanita dianugerahi rambut lurus yang sempurna, ya Bu. Sehingga banyak cara rela mereka lakukan agar rambutnya tampak lurus dan indah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini ada banyak sekali peralatan yang dapat membuat rambut menjadi lurus dalam seketika. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan catokan.

Namun, jika tidak tahu caranya, alat tersebut justru tidak akan membuat rambut lurus lebih awet tahan lama. Karenanya, yuk simak langkah-langkah meluruskan rambut dengan catok agar tahan lama berikut ini.

Tips penting sebelum meluruskan rambut dengan catok

Memiliki rambut yang terlihat lurus, cantik, dan sehat kini tidak akan menjadi sebuah mimpi belaka m bagi tiap wanita. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan menggunakan alat catok.

Jika melansir Healthline jenis rambut wanita tentu berbeda-beda. Ada yang tipenya tipis dan mudah diatur meski dengan satu kali catok.

Tapi ada pula yang tipenya tebal dan sulit lurus meski sudah dicatok berulang kali. Tapi, tenang saja ya Bu, sebab kedua jenis rambut ini tetap bisa diluruskan meski tanpa bantuan penata rambut di salon.

Meluruskan rambut dengan catok yang tepat secara rutin dapat melatih elastisitas rambut agar lebih jatuh. Akan tetapi, meluruskan rambut dengan catok secara berlebihan justru dapat menyebabkan kerontokan dan kerusakan rambut. 

Untuk itu, yuk! Perhatikan tips penting sebelum meluruskan rambut dengan catok berikut. Agar hasilnya lebih awet dan tahan lama. Tentunya, juga tidak akan merusak rambut.

1. Keramas menggunakan shampoo dan kondisioner yang tepat 

Hal pertama yang harus kamu ingat adalah untuk meluruskan rambut dengan catok agar lebih awet dan tahan lama adalah, pentingnya memerhatikan kelembapan rambut. Ketika kelembapan rambut terjaga, kondisi rambut akan lebih kondusif sehingga lebih mudah diatur.

Ibu bisa pilih shampoo yang sesuai dengan kondisi rambut, misalnya khusus rambut kering, rambut rontok, rambut berminyak atau berketombe. Pemilihan shampoo dan kondisioner yang tepat bisa memberikan kelembapan maksimal pada rambut. Sehingga dapat menghasilkan volume rambut yang lebih lembut dan mudah diatur.

2. Keringkan rambut dengan benar

Jika melansir Cliostyle cara mengeringkan rambut yang tepat adalah membiarkannya kering sendiri kurang lebih sebanyak 70-80%. Hindari mengeringkan rambut dengan menggosoknya di handuk secara kencang.

Hal ini justru membuat rambut jadi lebih mudah kusut sebelum kering. Sebaiknya gunakan handuk microfiber, remas-remas ujung rambut hingga rambut menjadi setengah kering. Kemudian gunakan serum rambut dan blow rambut hingga benar-benar kering, rambut siap dicatok.

3. Gunakan serum khusus untuk melapisi rambut

Serum rambut bisa digunakan sebelum blow rambut atau saat rambut hendak dicatok. Serum berguna untuk melapisi rambut dan menjaga kelembapannya agar tidak mudah kering karena proses catok.

Serum ini sebaiknya digunakan saat rambut setengah kering. Setelah itu, gunakan sisir bergigi untuk mengurai rambut kusut. Barulah, Ibu bisa mulai menggunakan blow atau catokan. 

4. Atur mode blow dry sebelum mencatok

Blow dry akan membantu membuat rambut lebih lurus dibanding dengan mengeringkannya dengan cara biasa.

Setel blow rambut pada suhu rendah, usahakan jangan terlalu panas. Karena hal ini dapat membuat rambut mengalami overheating. Apalagi setelah ini rambut akan kembali terpapar suhu panas dari catokan.

5. Pilih catokan yang sesuai dengan jenis rambut

Alat catokan yang banyak tersedia di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan material plat yang bervariasi mulai dari keramik, tourmaline, hingga titanium. Material ini punya keunggulan sendiri yang bisa disesuaikan dengan jenis rambut Ibu. Berikut beberapa ukuran alat catok sesuai dengan jenis rambut:

  • 1/2 mini flat iron: Cocok untuk poni dan model rambut pixie
  • 1 flat iron: Cocok untuk rambut pendek lurus
  • 1 1/4 flat iron: Cocok untuk rambut sebahu
  • 1 1/2 flat iron: Cocok untuk rambut tebal
  • 2 flat iron: Cocok untuk jenis rambut panjang

6. Catok rambut dengan suhu yang tepat

Jika Ibu memiliki rambut lurus alami, sebaiknya jangan pernah menggunakan suhu melebihi 150 derajat. Apalagi jika rambutmu tipis, sebaiknya gunakan suhu sekitar 130 derajat untuk menjaga agar rambut tidak rusak. Pastikan rambut Ibu juga sudah benar-benar kering sebelum mulai mencatok.

Cara meluruskan rambut dengan catokan agar tahan lama


Pilih alat catok yang tepat

Jika melansir Good Housekeeping sejauh ini belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa catokan dengan bahan seperti titanium, keramik, turmalin, dan tembaga dapat menghasilka efek yang berbeda pada rambut. Akan tetapi meluruskan rambut dengan catok agar awet perlu dilakukan pemilihan alat yang tepat sesuai jenis rambut.

Wajib melakukan blow dry

Para ahli penata rambut sepakat bahwa jika Ibu memiliki rambut lurus yang alami, untuk menghasilkan rambut tampak indah dan halus adalah wajib menggunakan blow dry. Sebab alat ini dapat membantu meluruskan rambut, sehingga Ibu tidak perlu terlalu banyak memanaskan rambut dengan catok. Hal ini juga bertujuan untuk menghemat waktu dan meminimalisir potensi kerusakan rambut. 

Kenali jenis catokan yang digunakan

Terkadang, di situasi tertentu seperti saat sedang traveling membuat kita lebih sering menggunakan catokan mini untuk meminimalisir barang bawaan. Sebenarnya tidak ada salahnya menggunakan jenis catokan ini.

Hanya saja yang terpenting adalah agar cara meluruskan rambut dengan catokan mini bisa menghasilkan rambut lurus yang sesuai harapan, Ibu tetap perlu mengenali jenis catokan yang digunakan.

Mulailah pada suhu yang lebih rendah dan naikkan sesuai kebutuhan dan jenis rambut. Jika Ibu memiliki rambut berwarna, kandungan zat pewarna tersebut lebih rentan membuat rambut mengalami kerusakan. Jadi usahakan untuk mengatur suhu lebih rendah lagi.

Catok rambut mulai dari atas ke bawah

Meluruskan rambut dengan catok agar menghasilkan rambut lurus yang awet perlu dilakukan dari atas ke bawah. Ibu juga bisa membagi tiap bagian rambut yang kemudian dijepit.

Catok bagian rambut yang tidak di jepit. Catok perlahan sekitar 1 inci ke bagian dalam rambut.

Kemudian tarik perlahan hingga ke ujung rambut. Lepaskan jepitan, ambil bagian rambut lain dan ulangi pada sisa rambut selanjutnya.

Editor: Aprilia