Keluarga

Cegah Bau Mulut! Ini Cara Membersihkan Lidah Yang Benar

Cegah Bau Mulut! Ini Cara Membersihkan Lidah Yang Benar

Setuju nggak Bu, kalau bau mulut sedikit banyak bisa membuat kepercayaan diri kita berkurang? Yes! Betul banget nih, selain mengganggu bau mulut juga bisa jadi pertanda adanya masalah lain pada rongga mulut kita, lho!

Misalnya saja ada masalah pada gigi berlubang, dan infeksi serius lain yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Meski begitu, sebenarnya untuk mencegah bau mulut caranya cukup mudah, yaitu dengan rutin membersihkan lidah.

Namun, cara membersihkan lidah agar tidak bau mulut tetap ada panduan khususnya. Supaya bakteri dan plak penyebab bau mulut, yang tersisa di lidah bisa bersih dan hilang sempurna.

Lalu, gimana sih cara membersihkan lidah yang tepat sebagai pencegahan agar tidak bau mulut? Yuk, simak selengkapnya dalam ulasan berikut.

Kenapa kita perlu membersihkan lidah? 

Sejak ratusan abad lalu, membersihkan lidah telah jadi sebuah tradisi penting bagi masyarakat di Timur Tengah. Sebab, konon dengan membersihkan lidah secara teratur dapat membantu kita tetap bisa bernapas segar dan menurunkan kemungkinan terkena gigi berlubang.

Apalagi, berdasarkan penelitian tahun 2006 berjudul: A Cochrane Systematic Review Finds Tongue Scrapers Have Short-Term Efficacy in Controlling Halitosis menunjukkan bahwa, mengetahui cara membersihkan lidah yang benar secara teratur dapat mengurangi penumpukan bakteri pada mulut.

Di mana bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan bau mulut, penumpukan plak, dan kondisi kesehatan mulut lainnya. Sementara cara membersihkan lidah, menggunakan pengerik lidah, sikat gigi, atau obat kumur untuk membantu membunuh bakteri.

Namun, cara membersihkan lidah yang benar dan paling direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan menggunakan pengerik lidah. Alat ini diklaim cukup efektif untuk mengangkat plak yang membandel di lidah.

Pengerik lidah, alat yang paling direkomendasikan

Sejalan dengan penelitian yang disebutkan di atas, mengutip dari Healthline para ahli lain juga setuju, bahwa cara membersihkan lidah agar tidak bau mulut yang tepat sebaiknya menggunakan pengerik lidah atau tongue scrapper.

Meski begitu, bukan berarti cara membersihkan hanya bisa menggunakan satu alat saja ya Bu. Agar bakteri di lidah terangkat bersih, maka cara membersihkan lidah menggunakan pengerik lidah, sebelumnya juga tetap harus menggunakan sikat gigi.

Pastikan gigi dan rongga mulut telah benar-benar bersih. Ibu juga bisa menyikat lidah dengan sikat gigi, secara perlahan. Barulah, sempurnakan pembersihan lidah menggunakan pengerik lidah.

Pengerik lidah ini, konon juga lebih efektif membunuh kuman dibandingkan hanya membersihkan lidah dengan sikat gigi, lho! Cara membersihkan lidah dengan pengerik ini, dapat membantu mengurangi senyawa belerang yang mudah menguap yang menyebabkan bau mulut.

Cara membersihkan lidah yang benar


Meskipun mungkin bukan yang utama, namun cara membersihkan lidah yang benar sedikit banyak bisa mengurangi bau napas yang mengganggu. Mengutip dari Cleveland Clinic berikut adalah cara membersihkan lidah yang benar dan bisa kamu lakukan di rumah:

  1. Gosok gigi terlebih dahulu, menggunakan pasta gigi yang sesuai dengan kondisi gigi saat ini. Kemudian berkumur, sikat bagian lidah secara perlahan.
  2. Kamu bisa berkumur kembali, lalu gunakan pengerik lidah untuk membantu menyempurnakan proses pembersihan lidah. Gerakkan pengerik ke seluruh permukaan lidah sebanyak satu atau dua kali gerakan, mulai dari bagian belakang lidah dan gesek ke arah depan.
  3. Jika terasa sakit, itu tandanya kamu menggunakan pengerik lidah dengan tenaga yang terlalu besar. Pastikan melakukan hal ini secara perlahan, agar tidak melukai lidahmu, ya Bu.
  4. Setelahnya, bilas pengerik lidah dengan air hangat dan selesaikan berkumur dengan mouthwash.

Cara membersihkan lidah dengan pengerik, ada manfaatnya


Cara membersihkan lidah dengan pengerik pada awalnya mungkin akan terasa aneh bagi Ibu. Beberapa model sikat gigi juga sudah memiliki teknologi pengerik di belakang sikatnya.

Sehingga, Ibu tak perlu membeli pengerik lidah secara terpisah. Tapi, pada intinya, cara membersihkan lidah dengan pengerik ini sangat efektif dan memiliki manfaat diantaranya:

  • Lidah terasa lebih bersih. Apalagi mengutip Medical News Today bercak putih di lidah (oral thrush) yang jadi penyebab bakteri di lidah, bisa menimbulkan banyak masalah. Seperti sariawan, berkurangnya indera pengecapan atau perasa di lidah, sehingga menyebabkan bau mulut.
  • Bikin napas jadi lebih segar. Yes! Cara membersihkan lidah yang benar-benar bersih menggunakan pengerik lidah, bisa membuat napas juga terasa lebih segar dan bersih
  • Cara membersihkan lidah dengan pengerik dianggap paling efektif, asalkan sebelumnya tetap melakukan ritual sikat gigi yang benar terlebih dahulu.

Merawat kebersihan rongga mulut dengan baik, sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan dalam jangka panjang. Cara membersihkan lidah dengan pengerik, dapat membantu menghilangkan bakteri berbahaya yang membuat gusi meradang serta mencegah gigi berlubang.

Sebab, jika terdapat masalah pada gigi dan mulut, hal ini dapat menyebabkan masalah lain seperti penyakit jantung, kanker, dan lainnya. Namun, jika lidah mengeluarkan masalah lain seperti, terdapat bercak putih seperti jamur, lidah berwarna hitam atau merah, atau luka atau nyeri yang bertahan selama lebih dari dua minggu, ada baiknya buatlah janji untuk mengunjungi dan berkonsultasi dengan dokter gigi ya, Bu!

Kalau Ibumin, biasanya juga menyempurnakan ritual cara membersihkan lidah dan rongga mulut dengan rutin berkumur menggunakan mouthwash dan dental flossing. Nah, gimana dengan Ibu di rumah?

Semoga cara membersihkan lidah untuk mencegah bau mulut yang Ibumin sampaikan tadi, bisa bermanfaat untuk kamu ya. Selamat mencoba!