Balita

14 Merk Rekomendasi Sikat Gigi Anak dan Bayi, Lucu dan Unik

14 Merk Rekomendasi Sikat Gigi Anak dan Bayi, Lucu dan Unik

Gigi dan mulut bayi, wajib dirawat sejak dini. Nggak hanya untuk alasan kebersihan, melatih anak menyikat gigi sejak bayi, ternyata juga baik untuk melatih kedisiplinannya dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Menurut situs whattoexpect, gigi bayi yang rusak bisa memengaruhi tahap perkembangan bicara anak. Gigi yang tanggal juga bisa mengganggu penyerapan nutrisi. Intinya, karena ompong, maka anak bakal kesulitan untuk mengunyah makanan.

Cara Memilih Sikat Gigi Anak

Membersihkan gigi, gusi dan rongga mulut bayi dilakukan sesuai tahap.

  • Sebelum gigi bayi tumbuh

    Tentu, pada saat ini, belum wajib menggunakan sikat gigi anak, tapi Ibu bisa menggunakan washcloth yang sudah dibasahkan, kain kasa atau gunakan sikat gigi jari (finger toothbrush). Bersihkan gusi dan rongga mulut bayi, setiap ia selesai menyusu dan sebelum waktunya tidur.

  • Setelah gigi bayi tumbuh

    Pada tahap ini, sudah disarankan menggunakan sikat gigi anak. Dokter gigi anak menyarankan untuk menggunakan sikat gigi jari dengan bulu lembut dan tidak lebih dari tiga baris, basahkan dan letakkan pasta gigi khusus bayi. Atau, pilih sikat gigi anak dengan ujung kepala yang tumpul dan ukuran yang sesuai dengan mulut anak. Selalu ganti sikat gigi bayi yang bagian ujungnya sudah mulai rusak, yaitu sekitar dua hingga empat bulan sekali, karena bakteri dari mulut akan menumpuk.

Cara Memilih Pasta Gigi Anak

Setelah gigi pertamanya tumbuh, anak sudah bisa bahkan disarankan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Untuk bayi hingga anak usia dua tahun, hanya membutuhkan pasta gigi sebesar ukuran satu butir beras. Nanti setelah usianya mencapai tiga tahun, baru, deh, kebutuhan akan pasta gigi anak bakal meningkat, yaitu sebesar satu butir kacang. Dengan pasta gigi khusus bayi dan anak, Ibu nggak perlu khawatir seandainya tertelan oleh anak. Karena penggunaannya hanya dalam jumlah kecil, maka nggak akan menimbulkan masalah.

Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi

Bayi Ibu ingin ‘menyikat gigi’nya sendiri? Ya, walaupun ia sekadar menggigiti sikat giginya, biarkan saja, anggaplah ini sebagai latihannya. Tapi perlu diingat, Ibu tetap mesti yang menyikat giginya dengan benar, sebelum ia tidur. Untuk bikin anak semakin semangat belajar menyikat gigi, Ibu bisa berikan sikat gigi dengan bentuk dan warna yang menarik. Serta, berikan contoh, biarkan anak melihat Ibu menyikat gigi.

Bagaimana, nih, jika bayi tidak suka dibersihkan gigi dan mulutnya? 

  • Periksa kembali alat yang ibu gunakan, mungkin alat (lap, kasa atau sikat gigi) tersebut membuat bayi merasa nggak nyaman. Gusi dan mulut bayi masih amat lembut dan sensitif, sesuatu yang kasar atau cara yang kurang tepat bisa bikin bayi merasa nggak nyaman;

  • Alihkan perhatian anak, misalnya sambil mengajaknya berbicara atau menyanyikan lagu;

  • Memberikan contoh agar anak mau mengikuti; dan

  • Biarkan anak memilih sendiri bentuk dan warna sikat gigi yang menjadi favoritnya.

Rekomendasi Sikat Gigi Anak

Berikut adalah beberapa merk dan jenis sikat gigi anak yang bisa menjadi referensi buat Ibu.

  1. Sikat Gigi Bagus Safari Kids

    Sikat Gigi Bagus Safari Kids

    Sikat gigi anak usia lima sampai 12 tahun. Dengan kepala sikat yang lentur dan gagang yang terbuat dari bahan karet. Jika membeli sikat gigi anak ini, jangan lupa lihat bagian belakangnya, ya, karena terdapat gambar menarik dengan pengetahuan untuk anak-anak. Ibu berminat mencoba? Bisa beli di sini, seharga Rp6.500.

  2. Sikat Gigi Cussons Kids Unicorn

    Sikat Gigi Cussons Kids Unicorn

    Adalah sikat gigi anak untuk usia 5-7 tahun. Menggunakan bulu sikat yang lembut untuk gusi anak dan serta memberi perlindungan terhadap kerusakan terhadap enamel gigi. Bagian kepalanya dibuat menyempit, sehingga bisa membersihkan hingga ke bagian yang sulit dijangkau. Sikat gigi anak ini juga dilengkapi pembersih lidah di bagian belakang kepala sikat, dan gagang sikatnya terbuat dari karet agar mudah dipegang anak. Sikat gigi Cussons Kids Unicorn, bisa ditemukan di mana saja, termasuk di antara di minimarket, harganya pun terjangkau, yaitu sekitar Rp9.000.

  3. Sikat Gigi Pepsodent Kids Extra Soft

    Sikat Gigi Pepsodent Kids Extra Soft

    Ini juga termasuk merk sikat gigi anak dengan harga terjangkau dan mudah ditemukan. Didesain khusus untuk anak-anak. Sikat gigi ini untuk anak usia dua tahun ke atas, ya. Gagangnya nggak licin dan ukurannya pas di tangan si Kecil, bulu-bulu sikatnya extra soft agar mampu membersihkan gigi dengan maksimal tanpa melukai gusi dan mulut anak. Sikat Gigi Pepsodent Kids Extra Soft tersedia dengan empat karakter (gambar) yaitu singa, tikus, kuda dan kangguru. Dapatkan sikat gigi ini dengan estimasi harga Rp10.000 saja.

  4. Sikat Gigi Formula Junior Walrus

    Sikat Gigi Formula Junior Walrus

    Ibu cari sikat gigi anak dengan bentuk unik dan warna yang menarik? Sikat gigi Formula Junior Walrus bisa menjadi pilihan. Gagangnya unik, yaitu dibuat menyerupai badan seekor walrus. Sikat gigi ini dilengkapi dengan ‘helm’ atau tutup untuk menjaga kebersihan sikat, menggunaka sikat dengan bulu ekstra lembut, kepala sikat terbuat dari karet untuk melindungi gusi dan ada pembersih lidahnya. Untuk pilihannya, tersedia dalam empat warna, yaitu hijau, biru, kuning serta merah jambu. Sikat gigi ini juga bisa ditemukan di minimarket dan supermarket terdekat, harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp10.000.

  5. Sikat Gigi Kodomo Kids 6+ Fancy

    Sikat Gigi Kodomo Kids 6+ Fancy

    Ini adalah sikat gigi varian baru dari Kodomo, produksi Lion. Sikat gigi ini, untuk anak usia enam tahun ke atas. Bulu sikatnya berkualitas tinggi, lembut dan tipis sehingga mampu menjangkau bagian sela-sela gigi anak dengan baik. Dengan bentuk gagang yang menarik dan ergonomis sehingga nggak licin dan nyaman dipegang. Beli Sikat Gigi Kodomo Kids 6+ Fancy, berhadiah satu buah mainan. Yuk, klik di sini untuk memesan. Sikat gigi ini bisa Ibu beli seharga Rp10.000.

  6. Colgate Toothbrush Minnions 5+

    Colgate Toothbrush Minnions

    Sikat gigi untuk anak usia lima tahun ke atas, Ibu bisa coba merk yang satu ini. Sikat gigi anak Colgate Toothbrush Minnions 5+, sudah terbukti secara klinis mampu membantu mencegah gigi anak berlubang. Sikat gigi ini disertai dengan handle yang nggak licin sehingga memudahkan anak untuk memegangnya. Belanja sikat gigi anak online, tinggal klik di sini. Colgate Toothbrush Minnions 5+ dijual dengan kisaran harga Rp20.000.

  7. Baby Safe Finger Toothbrush and Gum Massager

    Baby Safe Finger Toothbrush and Gum Massager

    Merk yang terkenal dengan slow cooker-nya in ternyata punya varian sikat gigi anak juga, loh. Baby Safe Finger Toothbrush and Gum Massager, dirancang khusus untuk tahap awal menjaga kebersihan mulut bayi. Terbuat dari 100% bahan silikon yang lembut. Cara pakainya, yaitu dengan menggunakan jari Ibu. Sikat gigi ini dilengkapi dengan driying rack untuk menjaga kepala sikat tetap bersih dan cepat kering. Tersedia dalam warna biru, hijau dan merah muda. Untuk pembelian, Ibu bisa cek di sini, atau kontak langsung akun IG nya, ya. Harganya terjangkau, yaitu sekitar Rp20.000

  8. Pigeon Training Toothbrush Lesson 1

    Training Toothbrush Lesson 1

    Sesuai dengan namanya, ini adalah sikat gigi bayi. Tepatnya, untuk bayi umur enam hingga delapan bulan. Didesain dengan kepala sikat yang lentur, serta ada tambahan shield untuk mencegah gagang sikat masuk terlalu dalam ke mulut bayi. Beli sikat gigi Pigeon Training Toothbrush Lesson 1 di official store-nya, di sini, dengan harga Rp37.000.

  9. Little Tree Toothbrush

    Little Tree Toothbrush

    Sikat gigi ini sesuai untuk anak-anak umur 1-3 tahun. Kepala sikatnya lebih kecil, berbentuk bulat untuk melindungi gusi dan mulut anak, bulu sikat sangat lembut dan dengan gagang anti licin. Produk dari Little Tree ini BPA free dan phthalates free. Untuk harga, sikat gigi anak ini nggak semahal produk dari Dr. Brown’s atau Mothercare, yaitu Rp59.000. Belanja tanpa repot, tinggal klik di sini.

  10. Dr. Brown’s Toodler Toothbrush Flamingo

    Dr. Brown’s Toodler Toothbrush Flamingo

    Varian sikat gigi anak dari Dr. Brown’s ini, bisa dipakai untuk anak usia 1-4 tahun. Bentuk gagangnya lucu banget, memang didesain agar kegiatan menyikat gigi semakin menarik. Ukuran pas untuk mulut anak, bulu sikatnya lembut untuk melindungi gusi dan gigi anak. Di bagian bawah gagangnya terdapat suction cup base, untuk menjaga sikat gigi anak tetap kering. Produk dari Amerika ini juga BPA free tentunya. Selain berbentuk flamingo (merah muda), juga ada crocodile (hijau), giraffe (kuning) dan penguin (biru). Disarankan untuk ganti setiap tiga bulan sekali. Beli produk asli Dr. Brown’s di sini dengan harga Rp90.500.

  11. Nubby Banana Toothbrush

    Nubby Banana Toothbrush

    Nubby Banana Toothbrush ini, pas banget buat anak-anak yang sedang dalam tahap tumbuh gigi. Bentuknya, sih, sudah pasti imut banget dan terbuat dari seratus persen silikon. Untuk kebersihan, mudah banget, karena sikat gigi anak ini bisa dibersihkan dengan menggunakan dishwasher atau sterilizer. Ditambah lagi, sikat gigi ini aman dimasukkan ke dalam freezer, jadi bisa membantu mengurangi nyeri pada gusi anak. Dapatkan produk original Nubby di marketplace berikut, dengan harga Rp99.000.

  12. Mothercare Tootbrush Starter Set

    Mothercare Tootbrush Starter Set

    Produk keluaran Mothercare ini terdiri dari tiga buah oral care, untuk tiga tahap sekaligus. Termasuk di antaranya gum massager, finger toothbrush dan toddler toothbrush. Gum massager untuk mengurangi rasa nyaman saat anak tumbuh gigi, sikat untuk bayi yang baru tumbuh gigi dan sikat gigi untuk toddler. Harga untuk satu set ini ialah Rp103.200, beli di sini atau kunjungi langsung toko offline-nya.

  13. Oral B Elektrik Anak

    Oral B Elektrik Anak

    Katanya, kalau anak nggak suka sikat gigi, maka Ibu bisa coba berikan sikat gigi elektrik ini. Cara pakainya mudah banget, tinggal ditekan saja. Soal harga, sudah pasti jauh lebih mahal dibanding dengan sikat gigi anak manual, ya, karena sikat gigi ini menggunakan mesin. Pastikan teliti sebelum membeli, karena ada jenis sikat gigi anak Oral B Elektrik yang ‘kepala’nya nggak bisa diganti. Estimasi sikat gigi anak ini, sekitar Rp200.000. Coba cek di sini untuk membeli. 

  14. Jack N’ Jill Buzzy Brush Electric

    Jack N’ Jill Buzzy Brush Electric

    Rekomendasi sikat gigi anak elektrik lainnya, nih, yaitu Jack N’ Jill Buzzy Brush Electric. Selain penggunaannya yang praktis, sikat gigi dengan tenaga dua buah baterai AAA ini juga dilengkapi dengan musik dan enam buah sticker untuk bikin sikat gigi anak jadi lebih menarik. Search sikat gigi ini di marketplace berikut, harganya sekitar Rp250.000.

Jangan lupa, ajak anak untuk turut memilih sikat gigi yang ia suka, ya.

Penulis: Stephanie
Editor: Dwi Ratih