Keluarga

Cek Sekarang Juga! Ini 9 Tanda Kamu Tidak Mencintai Pasangan Lagi

Cek Sekarang Juga! Ini 9 Tanda Kamu Tidak Mencintai Pasangan Lagi

Dalam kehidupan rumah tangga, terutama setelah menjalankan hubungan bertahun-tahun lamanya, memang rentan mengalami kebosanan. Apalagi kita mesti bertemu dengan pasangan setiap hari.

Ditambah dengan komunikasi dengan pasangan yang belakangan yang kurang baik, bikin kita jadi berpikir, ingin mengakhiri hubungan. Tapi, sebelum menyesal nantinya, ada baiknya ketahui dulu apakah kita sudah benar-benar tidak mencintai pasangan lagi atau hanya emosi sesaat.

Karena biasanya, meski terdapat cocoklogi mengenai tanda kita tidak mencintai pasangan lagi, nyatanya setelah hubungan berakhir kita malah jadi menyesal. Terutama jika hubungan itu kita sendiri yang bersikeras untuk mengakhiri.

Jadi, ada baiknya ketahui dulu yuk apa saja tanda tidak mencintai pasangan dalam ulasan berikut ini. Pikir panjang dan jangan gegabah ya, Bu!

Ketahui tanda kita tidak mencintai pasangan lagi


Pada titik ini, Ibu mungkin berpikir, “tak mengapakah jika saya sudah tidak mencintai pasangan saya? Apakah hal ini jadi alasan yang cukup untuk bercerai?”, eits, sebelum sampai ke situ, luangkan waktu dulu sejenak untuk mendapatkan kejelasan tentang apa yang tengah Ibu rasakan, yuk!

Karena, tanda kita sudah tidak mencintai pasangan nyatanya ada banyak dan masih perlu ditelaah lebih dalam. Mengingat perpisahan atau perceraian bukanlah momen untuk ‘main-main’.

Ada baiknya, mari kita ketahui dulu tanda kita sudah tidak mencintai pasangan dalam ulasan berikut.

1. Malas berbicara dengan pasangan

Dikutip dari Live Bold and Bloom salah satu tanda tidak mencintai pasangan lagi adalah, malas berbicara dengannya. Kamu menganggap bahwa apapun yang dibicarakan pada pasangan, sudah tak ada gunanya, walau sekadar menceritakan kegiatan sehari-hati.

Jika harus berada dalam satu ruangan berdua, kamu merasa lebih ingin menyibukkan diri dalam diam. Apabila pasangan ingin membuka pembicaraan, kamu merasa tegang dan kesal, bahkan sejak awal mendengar suaranya sekalipun.

2. Apapun yang pasangan lakukan, rasanya selalu salah di mata Ibu

Rasanya ingin selalu mengkritik apa yang ia lakukan, meski dalam hal sepele sekalipun. Pokoknya apa yang ia lakukan selalu salah di mata Ibu.

Sehingga, Ibu selalu mengeluarkan komentar pasif-agresif yang memancing perdebatan. Bikin Ibu jadi nggak nyaman berada satu ruangan bersama pasangan. Hati-hati! Sebab ini bisa jadi tanda bahwa kamu tidak mencintai pasangan.

3. Malas memperbaiki hubungan jadi lebih baik

Selain malas berbicara, dan membuka topik pembicaraan, salah satu tanda kamu sudah tidak mencintai pasangan lagi adalah merasa malas untuk memperbaiki hubungan jadi lebih baik. Mengutip dari Mind Body Green tanda kamu sudah tidak mencintai pasangan lagi, bisa tampak dari munculnya perasaan tak lagi peduli bahkan untuk memperbaiki hubungan jadi lebih baik.

Beberapa tanda terkait yang perlu dipertimbangkan:

  • Ibu nggak peduli meski pasangan ketahuan punya hubungan spesial dengan lawan jenis lain (selingkuh)
  • Rasanya hanya ingin mengangguk secara pasif dalam percakapan yang melibatkan Ibu dan pasangan
  • Tidak lagi berharap melakukan segala kegiatan berdua lagi
  • Merasa ingin semua segera berakhir.

4. Punya rahasia yang enggan Ibu ceritakan pada pasangan

Yup! Tanda Ibu sudah tidak mencintai pasangan lagi, salah satunya adalah Ibu gemar menyimpan rahasia penting, yang enggan Ibu ceritakan pada pasangan. Karena merasa sudah tak lagi punya rasa kepercayaan yang utuh, sehingga kejujuran sudah bukan lagi perlu diutamakan untuk dibicarakan berdua dengan pasangan.

5. Mudah emosi walau sekadar mendengar suaranya

Terkadang, rasa cinta membuat hati kita otomatis akan lembut pada pasangan. Sehingga saat berkomunikasi dengannya, Ibu akan sangat berhati-hati ketika berbicara.

Tapi gimana ya kalau Ibu sudah tidak mencintai pasangan lagi? Justru sebaliknya, Ibu akan mudah merasa emosi bahkan meski mendengar suaranya. Ibu merasa lebih mudah marah dan seringkali menyalahkan pasangan atas semua hal yang telah terjadi.

6. Tak lagi bergairah

Tanda sudah tidak mencintai pasangan yang paling terlihat adalah, tak lagi bergairah saat di ranjang. Mengutip dari Womans Day menurut Lois Liberman, psikolog sekaligus spesialis hukum perkawinan dan keluarga, mengatakan, ketika Ibu merasa tidak bergairah saat berhubungan seksual dengan pasangan, jadi salah satu tanda bahwa kamu tak lagi terkoneksi dengan pasangan.

Kadang kala hal ini bisa saja terjadi ketika kamu tak melakukan hubungan seksual selama 1 tahun. Jadi, ketika melakukannya kembali kamu merasa ada hal yang aneh dan tidak lagi bergairah.

Keintiman fisik adalah bagian penting dari hubungan yang sehat dan penuh cinta, jadi jika alasan ini tidak dapat diatasi, mungkin bisa jadi tanda bahwa kamu tidak mencintai pasangan lagi. Pasangan yang berada dalam hubungan yang sehat pasti ingin melakukan hubungan seks dan saling memuaskan.

Semakin dalam hubungan maka semakin banyak sentuhan fisik yang secara rutin menjadi bagian dari suatu hubungan, namun begitu keintiman tersebut tidak ada lagi maka ruang tersebut tidak lagi terasa aman atau nyaman. Lama kelamaan, rasa cinta tersebut bisa saja luntur dan menandakan kamu tidak mencintai pasangan secara utuh kembali.

7. Ia tak lagi jadi prioritas

Saat pertama kali jatuh cinta, kita pasti akan selalu memikirkan pasangan di manapun kita berada, bukan? Nah, kebalikannya jika kamu sudah tidak mencintai pasangan lagi nih, Bu. Kamu cenderung nggak peduli di mana dan apa yang pasangan lakukan setiap hari.

Malas menanyakan kabar dan merasa pasangan bukan lagi jadi prioritas utama kamu. Masalah komunikasi, jadi hal yang bikin gelora asmara ini terasa flat dan hambar. Lama kelamaan perasaan cinta itu semakin luntur.

8. Tidak merasa bahagia di dekat pasangan

Tinggal satu atap dengan suami, jadi hal yang paling nyaman jika sama-sama saling cinta. Sebaliknya, hal ini nggak berlaku bagi kamu yang sudah tidak mencintai pasangan lagi.

Meski pasangan nggak melakukan kegiatan apapun di rumah yang mengganggu, tapi rasanya hal ini tetap bikin Ibu nggak merasa bahagia di dekatnya. Berada dekat dengan pasangan, rasanya bikin Ibu merasa nggak happy dan ingin segera hidup bebas darinya, karena tinggal dekat dengannya hanya bikin Ibu merasa tersiksa.

9. Tak lagi ingin membangun masa depan yang bahagia dengannya

Basicly, buat pasangan yang saling cinta, mereka akan membuat rencana masa depan yang indah. Tapi, ketika kamu tidak mencintai pasangan, maka perasaan itu bisa berbalik 360 derajat!

Kamu nggak bisa lagi membayangkan untuk membangun masa depan bahagia dengannya. Yuk, pertimbangkan kembali apakah perasaan seperti ini sedang kamu rasakan? Karena bisa jadi ini merupakan tanda bahwa kamu sudah tidak mencintai pasangan lagi, yang nggak kamu sadari.