Keluarga

Hari Anak Nasional 2023, Parents Wajib Wujudkan 3 Dasar Hak Anak

Hari Anak Nasional 2023, Parents Wajib Wujudkan 3 Dasar Hak Anak

Tahukah Ibu? Keluarga jadi tempat yang sangat penting bagi anak untuk menjadi bahagia. Peran keluarga, termasuk Ibu dan Ayah sangat penting dalam tumbuh kembang seorang anak.

Jika dijabarkan, pertumbuhan berarti bertambahnya ukuran fisik. Sementara perkembangan, adalah bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh yang menjadi lebih kompleks.

Nah, semua ini adalah bagian dari hak anak yang wajib orang tua penuhi, termasuk dalam hak-hak untuk mendapatkan pilihan terbaik. Dalam menyambut Hari Anak Nasional tahun ini, diharapkan anak juga bisa dibesarkan di tengah keluarga bahagia, sehingga otomatis semua hak anak bisa dipenuhi.

Mengutip dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA), sesuai dengan tagline Hari Anak Nasional 2023, yaitu Anak Terlindungi, Indonesia Maju, maka diharapkan hal ini dapat membuat si kecil menjadi agen perubahan dalam menyuarakan hak-hak mereka. Supaya ke depannya, orang tua bisa lebih melibatkan dan menghargai anak dalam proses pengambilan keputusan, terutama yang menyangkut keinginannya.

Yuk, ketahui lebih dalam apa saja sih hak-hak anak yang kiranya perlu diwujudkan setiap hari dan sudahkah kamu mewujudkannya?

Kebutuhan dasar anak wajib dipenuhi


Yes! Selain keluarga bahagia, dalam mewujudkan pertumbuhan dan perkembangan anak, maka ada 3 kebutuhan dasar yang wajib dipenuhi orang tua. Mengutip dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) 3 dasar kebutuhan anak diantaranya sebagai berikut:

  • Asah: Kebutuhan akan stimulasi mental. Kebutuhan ini sangat penting sebagai cikal bakal proses belajar anak. Dalam hal ini, anak juga berhak memilih proses pembelajaran apa yang ia inginkan
  • Asih: Kebutuhan yang mencakup perkembangan emosi dan kasih sayang
  • Asuh: Kebutuhan fisik-biomedis layaknya; hak anak untuk diberikan ASI, gizi yang sesuai, kelengkapan imunisasi, pengobatan bila anak sakit, tempat tinggal yang layak, kebersihan diri dan lingkungan, rekreasi dan bermain.

Nah, 3 kebutuhan dasar ini wajib dipenuhi untuk mewujudkan dan penting dalam melindungi hak anak, sehingga tercipta negara yang maju. Sesuai dengan tagline Hari Anak Nasional tahun ini.

Keluarga bahagia, mampu mewujudkan 3 kebutuhan dasar anak


Perlu diakui, ketika memiliki anak, maka 3 kebutuhan dasar ini memang nggak mudah diwujudkan ya Bu. Dibutuhkan banyak perjuangan agar 3 dasar kebutuhan anak yang merupakan hak si kecil ini dapat terwujud.

Karenanya, dalam dibutuhkan peran kompak dari orang tua dalam menciptakan keluarga bahagia. Menurut dr. Yuni Astria, SpA, dalam siaran pers Children’s Day by Malo, mengungkapkan bahwa mewujudkan 3 kebutuhan dasar ini, tidak terlepas dari peran seorang Ibu.

Sebab Ibu, merupakan aktor utama dalam tumbuh kembang anak. Apalagi, seorang Ibu yang hebat, otomatis dapat melahirkan generasi yang hebat dan keluarga yang bahagia.

Nah, untuk mewujudkannya Ibu bisa memulai dengan memenuhi hak anak, dengan cara membiarkan si kecil terlatih untuk membuat pilihan sejak dini. Karena, hal ini dapat membantu melatih anak untuk berpikir kritis, percaya diri, tumbuh jadi anak yang mandiri, yang otomatis membuat anak merasa bahwa mereka diberi kebebasan yang bertanggung jawab.

Kelihatannya sepele ya Bu? Namun, belum banyak orang tua yang menyadari akan hal ini. Padahal, menurut dr. Yuni, memberikan kesempatan anak untuk memilih dapat membentik cikal bakal karakter pemimpin masa depan, lho!

Children’s Day by Malo, hadir dalam mendukung semua hak anak


Dalam memperingati Hari Anak Nasional tahun ini, Children’s Day by Malo mengadakan sebuah acara menarik yang diadakan di lantai 4, Atrium Plaza Indonesia pada 27-30 Juli lalu. Children’s Day by Malo merupakan sebuah pop-up curated market persembahan dari Ibu, oleh Ibu dan untuk anak Indonesia.

Terselenggaranya event ini, merupakan salah satu perwujudan dari tema dari Peringatan Hari Anak Nasional 2023, yaitu “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Apalagi menurut, Felicia Idama Pardede, Co-founder MALO Indonesia & inisiator Children’s Day by Malo, event ini dapat membantu Ibu dalam mewujudkan hak anak untuk memilih, bersuara serta mengembangkan diri.

Bertepatan dengan tema Hari Anak Nasional, menurut Felicia, Children’s Day by Malo diharapkan juga dapat membantu para Ibu milenial untuk dapat pengetahuan dan pilihan tentang produk dan edukasi terbaik. Demi mewujudkan keluarga yang bahagia dan menghargai tiap pilihan anak.

Pada momen Hari Anak Nasional yang ke-39 ini, tiap anak juga wajib dipenuhi semua hak-haknya. Termasuk dibesarkan di tengah keluarga yang bahagia dan diberi pilihan untuk memenuhi kebutuhannya.

Apalagi menurut Badan Pusat Statistik (BPS), kebutuhan anak berusia 0-4 tahun di Indonesia berjumlah 22,094 juta jiwa. Dengan berkumpulnya para pelaku industri ibu dan anak Indonesia di Children’s Day by Malo, diharapkan dapat membantu para Ibu menjalankan perannya agar untuk melindungi hak anak dan menciptakan generasi maju di masa mendatang.

Jadi, di momen Hari Anak Nasional ini, sudahkah Ibu mewujudkan hak anak agar tercipta keluarga bahagia? Karena, keluarga yang bahagia terwujud apabila seluruh anggota keluarga selalu dipenuhi semua haknya, termasuk hak untuk memilih, bersuara dan berdiskusi ya Bu.