Keluarga Dibaca 354 kali

11 Tips Agar Hidup Bahagia

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
11 Tips Agar Hidup Bahagia

Betul, setiap orang punya definisi yang berbeda mengenai kebahagiaan. Apapun hal yang bisa membuat Anda bahagia, ingatlah bahwa bahagia bisa dicapai dengan banyak hal. Simak yuk beberapa tips agar kita dapat hidup bahagia.

  1. Hidup Sesuai Kemampuan

    Ada banyak makna dari kata ‘hidup sesuai kemampuan’. Contoh pertama, ketika kita melihat orang lain pergi jalan-jalan ke luar negeri beserta keluarga, beribadah umroh, punya mobil atau sering makan di restoran mewah, mungkin di hati kita, timbul rasa ingin juga seperti mereka. Keinginan boleh kuat, tapi sayangnya, mungkin kemampuan kita berbeda.

    Nah, karena didorong oleh keinginan yang kuat ini, nggak jarang orang jadi memaksakan diri. Ada yang ‘rela’ sampai nggak jajan, mengabaikan prioritas hingga berhutang. Ini adalah salah satu kebiasaan yang bisa bikin stress dan masalah jadi menumpuk. Maka kalau ingin hidup bahagia, mulai, deh, belajar hidup sesuai dengan kemampuan.

  2. Membuat Perencanaan dengan Matang

    Segala sesuatu yang sudah direncanakan saja, masih bisa berakhir berantakan, loh, apalagi jika nggak direncanakan dengan baik. Agar hidup bahagia, maka kita mesti membuat perencanaan dengan baik.

    Misalnya, ingin melanjutkan studi, ingin membuka usaha, membangun rumah, dan seterusnya. Selain itu, yang juga nggak kalah penting adalah membuat rencana keuangan.

  3. Menabung Agar Hidup Bahagia

    Masa produktif bukan berarti saatnya berfoya-foya, justru, inilah masa terbaik untuk Anda menyisihkan pendapatan Anda. Karena hidup tak bisa ditebak, maka penting banget untuk kita menabung.

    Beberapa jenis tabungan yang sangat disarankan untuk kita miliki misalnya tabungan untuk kesehatan (asuransi), tabungan untuk pendidikan anak, tabungan untuk tempat tinggal dan dana darurat. Ada pun yang nggak kalah penting, yaitu tabungan untuk dana pensiun.

    Dengan memiliki dana pensiun, Anda masih tetap bisa produktif dan berdaya di hari tua nanti, misalnya untuk membuka usaha kecil-kecilan atau bahkan untuk menikmati masa pensiun dengan traveling bersama pasangan.

  4. Menerapkan Pola Hidup Sehat

    Mau hidup bahagia? Yuk, mulai menjalankan pola hidup sehat, karena punya harta berlimpah dan karir yang cemerlang nggak akan ada artinya jika kita tidak dalam keadaan sehat. Simak yuk beberapa langkah yang bisa kita lakukan agar hidup bahagia dan sehat selalu:

    • Berhenti merokok dan kurangi konsumsi minuman beralkohol

      Menurut Medicinenet, dengan berhenti merokok, risiko penyakit seperti gangguan saluran pernapasan, kanker paru, penyakit jantung dan stroke berkurang. Ingat pula, asap rokok turut membahayakan kesehatan anggota keluarga Anda, terlebih lagi untuk anak-anak, bahkan untuk janin.

      Sedangkan kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebih bisa menyebabkan penyakit sirosis hati. Sirosis hati bisa menyebabkan terjadi pendarahan pada bagian internal tubuh, penumpukan cairan di sekitar perut, gagal ginjal hingga kanker. Selain itu, konsumsi alkohol juga memicu bahaya lainnya, misalnya tenggelam hingga kecelakaan ketika berkendara.

    • Menjaga berat badan agar ideal

      Medicalnewstoday mencatat bahwa ada empat metode untuk mengukur berat ideal tubuh kita, yaitu dengan BMI (body mass index), WHR (waist-to-hip ratio), waist-to-height ratio dan menghitung body fat percentage (mengukur kadar lemak dalam tubuh. 

      nah, agar berat badan ideal, kita dapat menerapkan pola makan sehat misalnya, menyesuaikan kalori dengan kebutuhan tubuh, eating ‘rainbow’ atau makan dengan makanan beragam warna, memperbanyak makan buah dan sayuran, mengonsumsi daging dan susu yang rendah lemak serta membatasi gula.

    • Rutin berolahraga

      Mulailah berolahraga dari kegiatan yang ringan dulu, misalnya berjalan kaki selama setengah jam per hari, tiga hingga lima kali dalam seminggu. Memulai olahraga perlahan, bermanfaat untuk mencegah Anda cedera. Setelah tubuh Anda terbiasa, Anda bisa meningkatkan porsi dan durasi latihan. 

    • Istirahat yang cukup

      Betul, salah satu kunci agar tubuh sehat adalah istirahat dengan cukup. CDC atau Centers for Disease Control and Prevention menyarankan, orang dewasa atau mereka yang berusia 18 tahun ke atas, untuk tidur selama setidaknya 7 sampai 8 jam per hari.

    • Mengelola stress dengan baik

      Ada banyak cara untuk menghilangkan stress, misalnya dipijat, menggunakan aroma terapi, tidur, berolahraga, bertukar pikiran dengan orang terdekat, dst.

  5. Selalu Bersyukur

    Kalau kita selalu bersyukur, dijamin, deh, hidup bahagia bakal selalu menyertai kita. Dengan bersyukur, maka kita akan ‘jauh’ dari merasa dalam kesedihan dan hidup serba kekurangan.

    Selain itu, kita juga akan terbebas dari rasa ingin selalu ingin memiliki lebih banyak lagi. Salah satu cara untuk bersyukur adalah dengan berbagi pada yang membutuhkan, misalnya berbagi makanan. Untuk melatih anak agar hidup bersyukur, boleh, nih, sesekali mengajak mereka berbagi dengan teman-temannya di panti asuhan. 

  6. Batasi Diri dari Hal Negatif

    Ada banyak makna dari kalimat di atas. Di antaranya, ialah menjauhkan diri dari melakukan hal negatif dan menjauhi lingkungan hidup yang nggak baik.

    Lainnya adalah membatasi diri dari orang-orang yang bisa menjadi ‘toxic bagi kita. Contoh, menjauhi orang yang perilakunya kurang baik terhadap kita dan yang suka berkomentar negatif. 

  7. Jangan Lupakan ‘Me Time

    Me time’ itu meski kesannya hanya buang-buang waktu, padahal punya manfaat, loh, buat kesehatan kita. Setiap orang punya caranya masing-masing untuk melakukan ‘me time’. Misalnya, hangout ke coffee shop untuk bertemu teman, ada yang melakukan solo traveling dan ada yang melakukan perawatan tubuh.

  8. Habiskan Waktu dengan Orang-Orang Tercinta

    Rutinitas sehari-hari sudah pasti bikin kita capek dan stress. Salah satu obat penghilang lelah dan tips terbaik agar hidup bahagia adalah dengan menikmati waktu bersama pasangan yang kita cintai.

    Sekadar menemani anak menonton tv, cuddling dengan pasangan atau mengajak orang tua kita makan ke restoran. Boleh juga, nih, sesekali pergi jalan-jalan berdua saja dengan pasangan. Selain untuk melepas penat, romantic traveling seperti ini juga bagus untuk mempererat hubungan dengan pasangan.

  9. Terus Berusaha Hidup Produktif

    ‘Katanya bahagia itu nggak selamanya berhubungan dengan uang, tapi nyatanya, hampir semua hal di dunia ini membutuhkan uang’, betul? Nah, jika Anda mau punya hidup yang mapan secara finansial, maka Anda harus berusaha. Ada banyak jalan untuk mendapatkan penghasilan, misalnya bekerja di kantor, atau berbisnis.

    Supaya kita bisa punya penghasilan yang baik, ada baiknya agar jangan terlalu idealis, ya. Nggak perlu muluk-muluk dalam bekerja, nggak harus mencapai posisi atau gaji tertentu, dan nggak melulu harus mengikuti passion kita.

    Menjadi karyawan juga menjadi salah satu cara untuk mengumpulkan ilmu dan modal. Nanti, setelah kita mapan dan punya modal sendiri, boleh, deh, berusaha mengikuti apa keinginan kita. Bisa juga, kita mencari penghasilan dengan berbisnis. 

    Tetap produktif nggak hanya membantu menopang kehidupan kita dari sisi keuangan, loh. Hidup produktif juga membuka wawasan dan memperbanyak teman. Pastinya, tetap produktif juga bikin diri kita merasa berdaya dan bermanfaat.

  10. Lakukan Sesuatu yang Kita Senangi

    Melakukan hal favorit, sudah pasti bikin happy, dong. Contoh, belajar memasak, memelihara hewan peliharaan, camping di alam terbuka, dst. 

  11. Merasa Yakin pada Yang Maha Kuasa

    Yakin, deh, salah satu kunci hidup bahagia adalah dengan selalu yakin dengan Tuhan. Ketika kita mendapatkan hambatan dan musibah dalam hidup, maka kita mesti yakin bahwa pertolongan dari Tuhan akan datang, pastinya, tetap harus diimbangi dengan usaha.

    Percaya dengan kuasa Tuhan, dijamin membuat kita merasa lebih optimis, lebih kuat dan pikiran pun bakal lebih tenang.

Nah, itulah beberapa saran yang bisa Anda terapkan untuk meraih hidup yang berbahagia. Hal apa nih yang sering Ibu lakukan?

(Stephanie)