Keluarga

Hati-Hati! Ini Daftar Makanan Yang Menurunkan Gairah Seksual

Hati-Hati! Ini Daftar Makanan Yang Menurunkan Gairah Seksual

Sama halnya dengan ragam makanan yang bikin 'ganas' di ranjang, ada juga lho jenis-jenis makanan yang menurunkan gairah seksual. Makanan dan minuman yang termasuk dalam daftar di bawah ini tanpa kita sadari memicu penurunan gairah seksual.

Ini dipicu dari libido yang merupakan sebutan lain untuk gairah seksual. Apa yang kita makan akan memengaruhi libido. Jika libido tinggi, maka gairah seksual sedang tinggi dan hubungan seks lebih sering dilakukan.

Bagaimana bisa libido dipengaruhi apa yang kita makan?

Faktor yang memengaruhi libido


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi libido pada seseorang:

1. Keseimbangan hormon testosteron dan estrogen

Kedua hormon ini berperan dalam menstimulasi libido. Artinya jika keduanya tidak stabil (salah satu lebih tinggi) makan libido akan menurun.

Makanan yang menurunkan gairah seksual akan memicu ketidakseimbangan hormon-hormon yang berperan dalam seks, baik pada pria maupun wanita.

2. Masalah kesehatan kardiovaskular

Memangnya ada hubungan antara fungsi jantung dan gairah seks? Yes! Menariknya, ada!

Melansir dari laman Dr.Vegan, jalur pembuluh darah kecil harus bersih tanpa sumbatan agar aliran darah dari jantung bisa maksimal menuju ke area genital. Apapun kondisi yang menghambat aliran darah dalam pembuluh darah ini berakhir pada gairah seksual yang menurun.

Konsumsi makanan yang menurunkan gairah seksual inilah yang memberikan sumbatan-sumbatan pada pembuluh darah, dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Kesehatan mental

Kesehatan mental juga memengaruhi kehidupan seks, lho! Mental yang sehat dapat meningkatkan libido dan sebaliknya, depresi dan stres justru menurunkan libido. Makanan juga berkaitan dengan kesehatan mental ini. 

Konsumsi makanan yang sehat dengan gizi seimbang diimbangi dengan cukup olahraga membantu memberikan suplai oksigen yang baik ke otak. Selanjutnya, otak bekerja dengan baik di semua sektor, termasuk kontrol emosi.

Makan makanan dalam daftar di bawah menggiring ke kemungkinan meningkatnya masalah kesehatan mental. Nah, dari fakto-faktor inilah kita bisa mengaitkan hubungan makanan dengan menurunnya gairah seksual.

Nggak heran kalau seringkali kamu yang mengonsumsi terlalu banyak makanan ini jadi jarang ‘main’ bareng pasangan. Cek daftarnya dan segera kurangi konsumsinya, yuk!

Makanan yang menurunkan gairan seksual

1. Alkohol


Dilansir dari Men’s Health, konsumsi alkohol lebih dari 4 gelas per hari atau 14 gelas per minggu dapat menurunkan kadar hormon testosteron dan meningkatkan estrogen. Ini akan menurunkan libido, merusak mood, dan gagalnya mencapai orgasme meski sudah ereksi.

Alkohol merupakan zat depresan, dimana ini akan menurunkan gairah seksual dan memengaruhi aliran darah keluar masuk penis. Tubuh bereaksi dengan berusaha menghilangkan kadar alkohol dalam darah daripada fokus ke area genital.

2. Makanan tinggi sodium


Makanan kaleng, makanan kemasan, dan makanan cepat saji adalah contoh-contoh makanan tinggi sodium atau tinggi garam. Makanan yang mengandung garam berlebih akan menyebabkan tekanan darah tinggi yang berakibat juga pada terhambatnya aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke area genital.

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, bahwa apapun yang menghambat aliran darah menuju ke area genital juga akan menurunkan gairah seksual. Dilansir dari laman Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, tekanan darah tinggi lama kelamaan akan menimbulkan plak atau kerak yang mempersempit aliran pembuluh darah koroner.

Ini akan berakibat fatal untuk organ-organ penting seperti otak, jantung, dan ginjal. Otak sendiri berperan sebagai pusat utama, terutama pada pengendali gairah seksual. Inilah mengapa area genital pun ikut terdampak.

3. Olahan tepung


Siapa di antara kamu yang sangat menyukai mie instan? Kamu perlu waspada. Karena mie, roti, sereal dan pasta, termasuk dalam olahan tepung dan merupakan makanan yang menurunkan gairah seksual.

Olahan tepung ini menggunakan karbohodrat refinasi atau yang dasarnya disebut tepung putih. Karbohidrat ini meningkatkan produksi estrogen pada pria dan menurunkan kadar testosteron. Berikutnya, makanan ini akan menurunkan gairah seksual.

Sebagai alternatif, kamu bisa mengurangi konsumsinya, atau meniadakan sama sekali. Kamu bisa menggantinya dengan nasi dengan indeks glikemiks rendah, umbi-umbian, gandum utuh, dan perbanyak asupan sayur dan buah tinggi vitamin dan mineral.

4. Terlalu banyak olahan kedelai


Bukan berarti kamu nggak boleh sama sekali mengonsumsi tempe dan tahu, ya. Makanan sederhana yang digemari orang Indonesia ini nggak pernah sepi peminat. Hanya saja, kamu perlu membatasi jumlah konsumsinya.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi >120mg produk olahan kedelai dapat menurunkan hormone testosterone pada laki-laki. Bahkan juga berisiko meningkatkan kemungkinan disfungsi ereksi. Nggak heran kalau olahan kedelai masuk sebagai kategori makanan yang menurunkan gairah seksual.

5. Daging olahan dan daging dengan kandungan hormon


Membaca judulnya saja sudah ngeri sendiri. Namun tanpa kita sadari, banyak daging merah dan putih yang dijual di pasaran merupakan hasil dari hewan yang disuntik hormon untuk mempercepat pertumbuhannya.

Belum lagi daging banyak diolah menjadi sosis, nugget, bakso, kornet, atau sejenisnya yang meningkatnya risiko ketidakseimbangan hormon dan mempengaruhi jumlah sperma. Sehingga daging-daging jenis ini masuk dalam kategori makanan yang menurunkan gairah seksual.

Kamu bisa menjatuhkan pilihan pada daging organik, unggas kampung, atau daging grassfed (hewan ternak hanya diberi makan rumput).

6. Gorengan


Siapa penyuka gorengan? Nggak bisa dipungkiri kalo orang Indonesia suka pilih gorengan buat cemilan, pengganjal lapar, atau teman ngeteh. Sayangnya, aneka jenis gorengan mulai dari bakwan sampai ayam goreng krispi merupakan jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh.

Lemak jenuh berlebih dalam tubuh mengakibatkan kegemukan, stabilitas hormon terganggu, serta aliran darah tidak lancar. Sesekali mungkin tidak masalah mengonsumsi gorengan. Tapi tidak setiap hari juga, ya.

7. Soda


Makanan yang menurunkan gairah seksual berikutnya adalah soda. Meski tidak sepenuhnya dikategorikan sebagai makanan, tapi soda mengandung pemanis buatan yang disebut Aspartam yang mempengaruhi kadar serotonin dan dopamin dalam tubuh. 

Kedua hormon ini bersinergi menciptakan mood yang baik. Bila terganggu, maka mood pun berantakan dan berujung pada gairah seks menurun.

8. Makanan minuman tinggi gula


Gula sebenarnya baik saat dikonsumsi dalam jumlah aman. Tapi gula bisa jadi makanan yang menurunkan gairah seksual jika berlebihan dikonsumsi.

Konsumsi gula berlebih pada makanan dan minuman menyebabkan ketidakseimbangan hormon, yang selanjutnya juga akan mempengaruhi libido dan aktivitas seks. Bahkan, wanita yang mengonsumsi banyak makanan dan minuman manis berisiko tinggi terkena PCOS.

Untuk menjaga agar gairah seks tetap membara, kamu bisa mengurangi bahkan menghindari konsumsi makanan-makanan yang menurunkan gairah seksual. Sebagai penyeimbang, lakukan olahraga rutin dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang seimbang makro dan mikro nutrisinya.

Jahe, alpukat, bayam, strawberry, buah delima, tiram dan salmon adalah contoh-contoh makanan yang bisa membantu meningkatkan gairah seksual. Wah, patut dicoba, nih!

Editor: Aprilia