Keluarga

Ide Kado Natal untuk Anak, Dijamin Si Kecil Suka!

Ide Kado Natal untuk Anak, Dijamin Si Kecil Suka!

Apakah Ibu sudah mempersiapkan kado Natal untuk anak?

Tak terasa kita sudah berada di penghujung tahun 2021. Sebentar lagi memasuki hari Natal dan akan segera berganti ke tahun yang baru juga. 

Tradisi memberi kado Natal untuk anak ini sudah terjadi turun-temurun dari berjenjang-jenjang generasi. Namun tahukah Ibu sejarahnya? Pemberian hadiah berawal dari tradisi kuno di Roma yang dilakukan setiap musim dingin di bulan Desember, yang dirayakan selama liburan Saturnalia.

Sejarah Kado Natal

Ketika Kristen semakin tersebar luas di tanah Romawi, kebiasaan memberi hadiah akhirnya dilakukan pada perayaan tahun baru. Sekitar tahun 336 M, tanggal 25 Desember tampaknya telah ditetapkan menjadi hari kelahiran Yesus, dan tradisi pemberian hadiah dikaitkan dengan kisah orang Majus yang memberikan hadiah untuk bayi Yesus.

Kisah tersebut bersamaan dengan cerita lain tentang Santo Nikolas, seorang uskup dan pemberi hadiah pada abad keempat. Perlahan-lahan, pemberian kado Natal akhirnya menjadi bagian dari perayaan hari kelahiran Yesus tersebut, di negara-negara seperti Inggris. 

Di beberapa negara Kristen lainnya, praktik pemberian hadiah terjadi di awal masa Adven, pada Hari Santo Nikolas.

Kado Natal untuk Anak

Pemberian kado Natal untuk anak bukanlah akhirnya menjadi tradisi yang masih dijaga hingga saat ini. Biasanya Ibu memasang pohon Natal dan meletakkan kado-kado tersebut di bawahnya. Atau Ibu berpura-pura menjadi Santa Claus yang meletakkan hadiah di dalam kaus kaki yang dipasang oleh anak-anak di pohon Natal.

Mengingat hari Natal dan tahun baru sudah dekat, berikut ini ada beberapa rekomendasi kado Natal untuk anak yang dikelompokkan dalam 4 kategori sesuai usia dan gender mereka:

1. Kado Natal untuk anak perempuan

Photo source: unsplash

Jika si kecil masih berusia di bawah lima tahun, Ibu bisa memberikan kado Natal untuk anak yang sesuai dengan usianya. Mainan edukatif yang dapat melatih mereka belajar, boneka dengan tema Natal, atau alat musik mainan untuk mereka kenali dan pelajari bisa jadi pilihannya.

Mainan edukatif sebagai kado Natal untuk anak perempuan bisa berupa mainan kayu untuk mengenal bentuk, mainan menyusun lingkaran, puzzle sederhana dengan jumlah potongan yang sedikit, atau juga buku bergambar yang bisa Ibu pakai untuk mengajarkan pengetahuan umum bagi mereka.

Sementara boneka dengan tema Natal bisa berupa boneka Santa Claus atau snowman. Sedangkan untuk alat musik mainan, Ibu bisa memberikan piano mini untuk mengajari mereka belajar nada, atau gitar plastik kecil yang bisa mereka pakai untuk belajar cara memainkannya.

Beralih ke kado Natal untuk anak perempuan yang berusia di atas lima tahun, bisa berupa mainan yang mereka inginkan, atau Ibu pilihkan sendiri sesuai fungsinya. Ibu bisa membelikan mereka set mainan memasak atau peralatan dokter untuk bisa dipakai bermain bersama teman-temannya.

Ibu juga bisa memberikan sesuatu yang personal dengan nama si anak, misalnya lampu tidur dari resin yang jika dinyalakan, di dalamnya tertulis nama mereka. Hiasan kamar dengan nama mereka terukir cantik di dalamnya juga bisa jadi pilihan kado Natal untuk anak perempuan Ibu.

2. Kado Natal untuk anak laki-laki

Photo source: unsplash

Sama seperti kado Natal untuk anak perempuan, jika jagoan kecil ibu masih berusia di bawah lima tahun, mainan edukatif dan alat musik mini bisa jadi pilihan. Ibu juga bisa memberikan mereka mainan kayu untuk belajar bentuk, atau mini drum agar mereka bisa belajar mengenal bunyi dan ketukan.

Jika putri kecil Ibu diberi boneka Natal, kado Natal untuk anak laki-laki bisa berupa aksesoris bertema Natal juga, misalnya topi dengan tanduk rusa, atau mainan kereta rusa dengan Santa Claus yang sedang berkendara. Ibu juga bisa memberikan buku cerita bergambar dengan tema Natal yang bisa dibacakan sebelum tidur.

Untuk anak laki-laki dengan usia di atas lima tahun, mainan mobil atau robot mungkin akan jadi pilihan mereka sendiri. Sedangkan jika Ibu ingin memberikan kejutan, sepeda roda tiga atau mungkin balance bike pasti akan bikin mereka jadi bersemangat.

Anak laki-laki mungkin tidak akan menyukai lampu tidur atau hiasan kamar, tapi mereka tentu tak akan menolak jika Ibu memberikan kado Natal untuk anak kesayangan Ibu ini mainan kartu bergambar atau game konsol yang bisa mereka mainkan bersama teman-temannya.

3. Kado Natal untuk anak remaja perempuan

Photo source: unsplash

Beranjak remaja, biasanya kado Natal sudah berupa request buah hati Ibu sendiri. Jika Ibu tetap ingin memberi kejutan kado Natal untuk anak remaja perempuan Ibu, mungkin set perlengkapan make-up yang ramah untuk kulit mereka bisa jadi salah satu pilihan.

Selain make-up, Ibu juga bisa memberikan kado Natal untuk anak remaja perempuan berupa skincare. Mereka yang sudah terpapar media sosial pasti sudah mendapat informasi juga bahwa merawat wajah dan tubuh dengan produk perawatan kecantikan adalah hal yang penting.

Ibu bisa memberikan paket skincare lengkap untuk anak gadis yang berisi pembersih dan pelembab wajah, masker dengan kemasan yang lucu. sunscreen yang tentunya sangat penting untuk dipakai sejak dini, serta pelembab bibir.

Jika si gadis sudah mulai suka menghias kamarnya, Ibu bisa memperhatikan, tema apa yang mereka terapkan untuk ruangan pribadi mereka itu. Sebagai kado Natal untuk anak remaja perempuan Ibu ini, hiasan kamar seperti lampu LED atau jepitan untuk menggantung foto-foto bisa juga jadi pilihan.

Wewangian untuk ruangan berupa lilin aromaterapi atau essential oil lengkap dengan diffuser juga bisa jadi salah satu pilihan hadiah Natal untuk anak gadis Ibu. Atau Ibu bisa juga memberikan parfum dari brand favorit mereka, dengan aroma yang disukainya.

4. Kado Natal untuk anak remaja laki-laki

Photo source: unsplash

Jika punya PlayStation atau Sbox di rumah, video game kesukaannya bisa jadi pilihan kado Natal yang bakal bikin mereka bersemangat. Atau jika mereka belum punya game konsol di rumah, Ibu bisa memberikan Nintendo Switch atau game portabel lain yang mereka inginkan.

Peralatan elektronik kekinian seperti VR headset atau perlengkapan gaming juga cocok kado kado Natal untuk akan remaja laki-laki. Ibu bisa memberikan mouse, keyboard atau bahkan kursi gaming yang pastinya bakal bikin mereka happy di hari Natal ini.

Untuk jagoan Ibu yang suka aktif olahraga di luaran, skateboard atau sepatu roda mungkin bisa jadi pilihan juga. Bola basket lengkap dengan setelah jersey dan sepatunya juga menarik.

Kado Natal untuk anak remaja laki-laki yang tampak mulai menyukai musik juga bisa berupa peralatan yang mereka inginkan, misalnya gitar, piano, atau drum set. Selain itu, Ibu juga bisa memberikan barang-barang fashion seperti topi, hoodie, dan aksesoris lain dengan brand yang mereka idam-idamkan.

Nah, itu tadi beberapa ide kado Natal untuk anak dan remaja yang bisa jadi inspirasi Ibu. Yang paling penting, tetap pastikan hadiah yang diberikan akan bermanfaat bagi mereka ya, Bu!

Editor: Dwi Ratih