Keluarga

15 Ide Kado Ulang Tahun Anak 5 Tahun, Bermanfaat dan Seru!

15 Ide Kado Ulang Tahun Anak 5 Tahun, Bermanfaat dan Seru!

Kado ulang tahun anak 5 tahun bisa dipilih yang lebih edukatif karena pada usia ini si kecil biasanya sudah mulai memasuki usia sekolah

Melansir dari laman The Strategist by New York Magz, seorang psikolog anak di Manhattan bernama George Sachs mengungkapkan bahwa pada tahapan anak memasuki usia 5 tahun adalah sebuah tahapan yang tak kalah penting dari masa sebelumnya. 

Pada usia ini, anak-anak mulai harus bisa mengontrol emosinya, diharapkan dapat lebih siap menghadapi konflik atau mengatasi masalah, dan dapat lebih mandiri

Tips Memilih Kado Ulang Tahun Anak 5 Tahun


Memilih kado ulang tahun anak 5 tahun tidak terlalu rumit namun juga tidak semudah memberikan kado untuk bayi yang baru lahir. Pasalnya, pada usia lima tahun, beberapa anak tak jarang lebih tertarik dengan ponsel pintar ketimbang dengan mainan yang disediakan. 

Berikut ini ada beberapa tips atau panduan dalam memilih kado ulang tahun anak 5 tahun yang tepat!

1. Memilih Sesuai Hobi

Anak lima tahun biasanya sudah punya hobi yang tetap, meskipun hobi tersebut bisa saja bertambah atau beralih di kemudian hari. Namun sebelum memberi kado ulang tahun anak 5 tahun, ada baiknya kenali dulu apa hobinya. 

Mainan atau barang apa saja yang diberikan untuk mendukung hobinya bisa jadi akan dirawat lebih baik, awet, dan tidak mudah membosankan baginya kelak.

2. Berkaitan dengan Sekolahnya

Usia lima tahun biasanya sudah bersekolah, maka dari itu, memilih kado ulang tahun anak 5 tahun yang berkaitan erat untuk menunjang sekolahnya bisa jadi suatu pilihan yang tepat. Selain itu, kado jenis ini cenderung lebih bermanfaat dan sudah pasti akan digunakan. 

Ada banyak kado yang berkaitan dengan sekolah si kecil, seperti buku, tas, alat tulis, dan masih banyak lagi.

3 Perhatikan Kualitas daripada Kuantitas

Memberi kado ulang tahun anak 5 tahun juga harus diperhatikan kualitasnya ketimbang memperhatikan kuantitasnya. 

Beberapa jenis kado bisa jadi lebih berkesan bila tidak berulang kali diberikan, misalnya tahun lalu sudah membelikannya boneka beruang, maka tahun kelima ini si kecil juga berhak dibelikan boneka lagi. 

Meskipun beberapa anak ada yang suka mengoleksi barang tertentu, namun bisa jadi kado yang Ibu berikan sudah ia miliki sebelumnya.

4. Saatnya Memilih Mainan Edukatif

Mainan edukatif dapat dijadikan sebagai kado ulang tahun anak 5 tahun berikutnya karena bermanfaat sebagai media belajarnya. 

Pemilihan mainan edukatif sebenarnya sudah dikelompokkan sesuai usianya, mungkin untuk tahun kelima, anak-anak bisa diberi kado mainan edukatif dengan level yang lebih kompleks dan menantang supaya tidak cepat membuatnya bosan.

Rekomendasi Kado Ulang Tahun Anak 5 Tahun

Sudah terpikirkan belum kado ulang tahun anak 5 tahun yang menarik namun juga penuh manfaat? Kalau belum, Ibupedia punya rekomendasi kado yang tepat dan pasti membuat si kecil senang menerimanya seperti ide kado berikut ini:

1. Buku Aktivitas Anak 


Anak usia lima tahun sedang senang eksplorasi banyak hal, salah satu kado ulang tahun anak 5 tahun yang bisa diberikan adalah Buku Aktivitas Anak yang akan membantunya belajar banyak hal. 

Buku aktivitas ini akan membuat si kecil sibuk dan tidak bosan karena di dalamnya ada banyak hal yang dapat dikerjakan seperti bermain puzzle, menulis, mencocokkan gambar, bahkan berhitung. Ini adalah buku yang tepat diberikan untuk anak yang mulai bersekolah. 

Harga yang ditawarkan cukup beragam mulai dari Rp 50,000 daan bisa lebih, tergantung dari ukuran dan kelengkapannya.

2. Creative Busy Book 

Creative Busy Book sebenarnya tak jauh berbeda dengan buku aktivitas anak semacamnya, namun untuk buku ini isinya lebih banyak dan komplit. Buku sebanyak 100 lembar ini punya aktivitas yang tidak habis dan tiada hentinya. 

Selain mewarnai dan menggambar, di buku ini juga terdapat aktivitas seperti berhitung, mengenal bentuk, sayuran, buah, atau kehidupan sehari-hari. 

Creative Busy Book sangat cocok diberikan sebagai kado ulang tahun anak 5 tahun kali ini, karena selain mudah dibawa ke mana saja, harganya termasuk terjangkau yaitu kisaran Rp 199,000an ke atas untuk sebuah buku yang tebal.

3. Buku Pintar Membaca dan Menulis 


Usia lima tahun adalah usia di mana si kecil baru mulai masuk ke dunia sekolah. Pada usia ini juga si kecil akan diminta untuk mulai belajar membaca, menulis, hingga mengeja. 

Kado ulang tahun anak 5 tahun yang sangat bermanfaat dan berguna salah satunya adalah Buku Pintar Membaca dan Menulis yang berisikan banyak hal seperti belajar menulis, membaca, membuat kalimat, menghitung, menggambar, dan mewarnai. 

Diharapkan dengan buku ini si kecil jadi lebih semangat belajar untuk menyambut sekolahnya yang baru. Harga untuk sebuah buku ini masih terjangkau, yaitu Rp 74,000 dan bisa lebih ya.

4. Alat Tulis

Alat tulis menjadi salah satu kado ulang tahun anak 5 tahun yang paling mudah dicari dan simple. Sepaket alat tulis seperti tempat pensil, pensil, penghapus, penggaris, rautan, dan kelengkapan lainnya bisa jadi satu kado yang berkesan dan akan terus digunakan nih. Alat tulis juga bisa dibeli di toko buku terdekat di mana saja di kota Ibu ya.

5. Tas Sekolah


Satu lagi keperluan sekolah yang akan melengkapi aktivitas sekolahnya nanti, yaitu tas sekolah berbagai macam bentuk yang keren dan menarik. Hampir semua anak sekolah suka dibelikan tas baru dan biasanya mereka akan memilih sesuai dengan karakter yang mereka suka. 

Jika ini merupakan kado ulang tahun anak perempuan usia 5 tahun maka Ibu bisa memilihkan karakter seperti frozen, unicorn, barbie, minnie mouse, atau semacamnya. Namun bila ini merupakan hadiah ulang tahun anak laki laki usia 5 tahun, maka karakter superhero dan semacamnya masih banyak digandrungi.

6. Botol dan Tempat Bekal Sekolah

Hampir semua anak usia 5 tahun yang sedang aktif bersekolah pasti membutuhkan botol dan tempat bekal makanan favoritnya. Ini bisa menjadi salah satu ide kado ulang tahun anak 5 tahun yang mudah dicari dan punya nilai manfaat yang juga tinggi. 

Pilihlah botol dan tempat bekal dengan bentuk dan gambar yang unik sesuai dengan tokoh karakter yang mereka suka. Jangan lupa juga untuk memilih botol dan tempat bekal yang BPA Free atau sudah Food Grade untuk keamanan anak-anak.

7. Tenda Mainan


Sedang berencana membeli kado ulang tahun anak perempuan usia 5 tahun? Tenda mainan saat ini sedang banyak digandrungi anak-anak untuk bermain sebagai princess cantik jelita. 

Tenda ini tak hanya cocok untuk anak perempuan saja, ini juga bisa menjadi hadiah ulang tahun anak laki laki usia 5 tahun juga ya. Bentuk dan warna untuk tenda mainan ini juga beragam, mau pilih yang mana? Sesuaikan dengan budget saja yuk!

8. Mainan Robot Dinosaurus 

Si kecil atau anak yang sedang berulang tahun tampak sangat tertarik dengan karakter dinosaurus? Mainan robot dinosaurus bisa menjadi kado ulang tahun anak 5 tahun yang menawan! Mainan robot dinosaurus ini bisa berjalan, mengeluarkan suara, memiliki lampu di lidahnya, dan ukurannya juga pas untuk dimainkan. Harga yang ditawarkan untuk mainan robot ini kisaran Rp 139,900 di marketplace tertentu.

9. Draw Board Table 3D 


Anak-anak pasti suka menggambar dan mewarnai, bila buku gambar dan krayon dirasa sudah terlalu mainstream diberikan sebagai kado ulang tahun anak 5 tahun, maka kali ini Draw Board Table 3D bisa jadi alternatif kado yang tak kalah menarik juga. 

Draw Board Table 3D merupakan papan tulis model meja berkaki dengan tampilan layar 3D sebagai hiasan, dapat ditulis dengan spidol, dan dilengkapi dengan huruf serta angka magnetik. Media ini sangat bagus diberikan untuk media belajar si kecil usia 5 tahun yang mulai tertarik mengenal angka dan juga huruf. 

Papan tulis ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 80,000 ke atas.

10. Mainan Pesawat Garasi 

Mainan pesawat garasi ini merupakan mainan pesawat bongkar muat dengan ukuran yang cukup besar sehingga seru bila dimainkan dengan si kecil dan teman-temannya. 

Mainan ini tak hanya berbentuk pesawat saja, namun dilengkapi dengan mobil-mobilan, landasan parkir, hingga aksesoris lain seperti pohon atau rambu jalan. Ini bisa dijadikan hadiah ulang tahun anak laki laki usia 5 tahun yang tak terlupakan. 

Mainan ini juga aman dimainkan serta dapat diberi baterai supaya lampu-lampu pesawatnya bisa menyala. Untuk sebuah mainan pesawat garasi ini dibandrol dengan kisaran harga Rp 300,000an ke atas.

11. Wooden Geometri Pasak 


Wooden Geometri Pasak adalah mainan edukatif yang biasanya disediakan dengan level berbeda untuk setiap umurnya. Mainan edukatif ini pas bila dijadikan kado ulang tahun anak 5 tahun karena akan mengasah kemampuan motorik halus, kemampuan berpikir, mengenal warna, ukuran, hingga bentuk. 

Warna yang ada pada setiap geometri ini sengaja dipilihkan warna-warna dasar yang mencolok supaya si kecil paham dulu lima warna dasar seperti biru, merah, hijau, putih, dan kuning. Satu paket geometri pasak dibandrol dengan kisaran harga Rp 45,000 saja. 

Selain geometri, biasanya mainan edukasi ini juga tersedia dalam banyak bentuk menarik dan jenis mainan lainnya.

12. Intelligence Stick 

Ingin mengajarkan berhitung atau matematika dasar pada anak usia lima tahun dengan mudah dan menyenangkan? Intelligence Stick bisa jadi solusi tepat dan pas diberikan sebagai kado ulang tahun anak 5 tahun lho. 

Satu paket Intelligence Stick dilengkapi dengan varian huruf dari 1 hingga 0, simbol pengurangan, penambahan, perkalian, pembagian, dan juga sama dengan. Tak hanya itu, tersedia juga stick warna-warni dengan jumlah yang banyak sebagai media ilustrasi berhitung yang mudah bagi si kecil. 

Kisaran harga yang ditawarkan adalah Rp 30,000an ke atas.

13. Funny Cottage Educational House 

Memberikan kado ulang tahun anak 5 tahun diharapkan bisa awet dan dapat digunakan meski usianya bertambah bukan? Funny Cottage Educational House ini merupakan sebuah mainan yang lengkap karena selain untuk mengasah keterampilan musiknya juga dapat mengasah motorik halus si kecil. 

Bentuk mainan ini seperti cottage, bagian atapnya bisa digunakan untuk bermain sorting bentuk hewan dan ketika bentuk hewan yang dimasukkan benar, mainan ini akan mengeluarkan suara. 

Terdapat juga permainan untuk mengasah sensoriknya yaitu hand feel game yang dimainkan dengan cara meraba dan menyentuh mainan apa yang sedang ia pegang. Selain itu, pada bagian dinding cottage belakang terdapat permainan sorting geometri yang bermanfaat bagi si kecil untuk mengenal bentuk dan menyebutkannya dengan tepat. 

Selain untuk anak laki-laki, ini juga merupakan ide bagus sebagai kado ulang tahun anak perempuan usia 5 tahun. Harga yang ditawarkan kisaran Rp 770,000 tergantung dimana ia diperjual belikan.

14. Mainan Pasir Ajaib 

Bermain pasir ajaib sangat bagus untuk mengasah sensorik tangan si kecil, mainan ini juga akan meningkatkan kepekaan sentuhannya juga. 

Sepaket pasir ajaib dapat dijadikan kado ulang tahun anak 5 tahun yang seru karena berisikan 1 kg pasir ajaib warna, cetakan berbentuk hewan laut, sekop, alas tiup supaya tidak berceceran, dan box kontainer supaya mainan ini mudah dibawa kemana saja. 

Harga untuk sepaket mainan ini sangatlah terjangkau yaitu Rp 50,000 saja.

15. Projector Painting Learning


Media melukis dan menggambar bisa seseru menggunakan proyektor juga lho! Projector Painting Learning bisa menjadi rekomendasi kado ulang tahun anak 5 tahun yang keren. 

Satu set nya berisi sebuah papan tulis whiteboard yang berbentuk seperti meja, 24 pola gambar berbeda, 12 pensil warna, proyektor, buku gambar, hingga penghapus. Kegiatan yang satu ini cukup seru dan bermanfaat baginya karena bisa menyalurkan hobi dan bakat menggambarnya. 

Harga untuk sepaketnya berada pada kisaran Rp 85,000 ke atas.

Editor: Dwi Ratih