Keluarga

Jangan Skip! Tanyakan Hal Ini Saat Survey Sekolah Anak

Jangan Skip! Tanyakan Hal Ini Saat Survey Sekolah Anak

Tahun ajaran baru hampir tiba nih Parents, siapa di sini yang sudah mulai survey sekolah untuk anak tercinta? Kira-kira pertanyaan survey sekolah apa saja sih yang sering disampaikan oleh para orang tua murid?

Pastinya ada banyak hal yang menjadi pertanyaan saat survey sekolah anak, bukan? Apalagi bila ini kali pertama mencari sekolah untuk anak, tentunya ada rasa khawatir menitipkan anak di sekolah nanti dan berharap sekolah si kecil sesuai dengan harapan anak serta orang tua.

Beberapa anak sudah pintar memilih sekolah idaman mereka. Agar survey sekolah anak lancar, yuk mulai catat pertanyaan survey sekolah apa yang Parents butuhkan saat datang ke calon sekolah anak nantinya.

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat survey sekolah anak


Melansir dari laman Raising Children, sebelum menentukan akan sekolah dimana, sebaiknya para orang tua survey sekolah terlebih dahulu, apalagi bila yang dituju adalah tingkat sekolah dasar hingga menengah ke atas. Sekolah yang baik adalah sekolah yang membuat anak aman, nyaman, dan orang tua tidak khawatir.

Berikut ini adalah beberapa hal-hal yang perlu diperhatikan saat survey sekolah untuk si kecil:

  • Memilih tipe sekolah

Di Indonesia ini ada beberapa jenis sekolah, yaitu sekolah negeri atau sekolah swasta. Sebelum memutuskan anak akan menempuh pendidikan di mana, baiknya Parents perlu diskusi terlebih dahulu tentang tipe sekolah apa yang baik untuk si kecil.

  • Perhatikan jarak sekolah dengan rumah

Tidak semua orang tua punya waktu luang untuk mengantar atau menjemput anak sekolah. Ada baiknya Parents perlu memerhatikan terlebih dahulu jarak sekolah yang diminati dengan rumah, apakah masih dekat atau justru kejauhan.

Jarak sekolah yang lebih dekat dengan rumah juga bisa menjadi antisipasi jitu bila terjadi sesuatu pada si kecil, misalnya mendadak sakit saat di sekolah dan harus buru-buru di jemput. Jika jarak sekolah harus jauh, pahami lebih dalam lagi konsekuensi yang mungkin akan dialami ya.

  • Tentukan budget khusus untuk sekolah anak

Penentuan budget khusus sekolah ini penting sekali lho, jangan sampai melebihi batas kemampuan orang tua murid supaya proses belajar si kecil di sekolah tetap aman. Alangkah baiknya bila biaya untuk sekolah si kecil sudah dipikirkan sejak ia masih dini.

Survey sekolah mana yang tepat sesuai budget orang tua juga akan membantu meringankan perekonomian keluarga. Sudahkah menemukan sekolah yang tepat?

  • Apakah sesuai dengan nilai-nilai dalam keluarga?

Nilai-nilai dalam keluarga ini penting, apalagi menentukan sekolah yang sejalan dengan hal tersebut. Misalnya, Parents lebih suka anak sekolah di sekolah Islam terpadu, maka lebih baik survey sekolah Islam Terpadu terbaik di daerah tersebut ya.

Bisa juga misalnya Parents lebih suka anak-anak bersekolah di lingkungan internasional, nah mulai bisa nih survey sekolah internasional ramah anak. Masih banyak lagi nilai-nilai dalam keluarga yang bisa disesuaikan untuk survey sekolah nanti, agar apa yang diajarkan kepada si kecil sejalan dengan yang diajarkan saat di rumah.

Daftar pertanyaan survey sekolah anak yang perlu dicatat


Memilih sekolah anak tidak bisa sembarangan, karena sekolah bisa diibaratkan sebagai lingkungan kedua terdekat bagi anak setelah lingkungan keluarga dan orang tua. Berikut ini ada beberapa daftar pertanyaan survey sekolah yang bisa Ibu ajukan:

1. Apakah sekolah punya fasilitas yang memadai dan sesuai harapan orang tua?

Survey sekolah anak seperti menentukan rumah kedua bagi buah hati tercinta. Sebelum memutuskan sekolah dimana, Ibu bisa mengajukan pertanyaan saat survey sekolah anak seperti apa saja fasilitas yang ada di sekolah tersebut.

Fasilitas yang dimaksud sebagian besar meliputi hal-hal seperti:

  • Ventilasi di ruang kelas, pengap atau tidak? Ber AC atau ada kipasnya?
  • Bagaimana kebersihan toilet anak?
  • Apakah ada kantin? Kira-kira harga jualnya berapa?
  • Ada ruang agama?
  • Apakah ada fasilitas yang campur dengan jenjang lain seperti SMP atau SMA?
  • Adakah jemputan dari sekolah?

Fasilitas tersebut mungkin belum seberapa, namun biasanya saat survey sekolah, pihak sekolah sudah punya daftar fasilitas yang disediakan untuk pengetahuan orang tua.

2. Berapa rasio siswa dan guru?


Melansir dari laman Great Schools, salah satu pertanyaan saat survey sekolah anak yang penting adalah mengetahui berapa jumlah guru dan siswanya, terutama dalam satu ruangan. Hal ini dilakukan agar Ibu memahami apakah sekolah ini efektif dan cocok untuk si kecil nantinya.

Beberapa anak ada yang perlu bimbingan khusus dalam belajar. Sehingga, mereka memerlukan ruangan belajar yang kondusif karena perlu konsentrasi penuh, misalnya yang tidak terlalu banyak anak.

3. Bagaimana proses pendaftaran selengkapnya dan berapa biayanya?

Saat mengajukan pertanyaan survey sekolah, Ibu sebaiknya mengetahui bagaimana proses pendaftaran selengkapnya. Ini termasuk menanyakan apakah ada perbedaan harga di setiap gelombang pendaftarannya.

Tak hanya itu saja, hal ini meliputi keseluruhan informasi biaya yang mungkin akan Parents keluarkan ketika memutuskan sekolah di tempat tersebut. Dapatkan informasi selengkapnya agar Parents dapat menyiapkan biaya yang dibutuhkan.

4. Bagaimana kurikulum dan materi yang akan diajarkan?

Meski ini ranah tenaga pendidik, namun Parents juga berhak mengetahuinya lho. Berikut ini beberapa jenis pertanyaan yang dapat membantu orang tua agar mengenali kurikulum dan materi saat survey sekolah anak nanti:

  • Buku-bukunya penerbit dari dalam negeri atau luar negeri?
  • Bahasa pengantar sekolah yang digunakan sehari-hari apa ya?
  • Apakah tenaga pengajarnya sudah bersertifikat?
  • Kurikulum yang dipakai apa ya?
  • Apakah menerima anak berkebutuhan khusus?

Jika sudah diketahui semuanya, Ayah dan Ibu bisa ada gambaran jelas bagaimana si kecil akan menghabiskan waktunya di sekolah nanti.

5. Apa filosofi atau visi sekolah yang dituju?


Terdengar sangat lazim ditanyakan? Namun, melansir dari laman Our Kids, hal ini penting sekali lho diajukan sebagai pertanyaan survey sekolah nanti. Apakah sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan pada keluarga.

Di Indonesia yang masih mengusung budaya timur, Parents perlu tahu apakah sekolah anak mengajarkan hal-hal yang tidak lazim bagi kebanyakan warga Indonesia, misalnya seperti jenis kelamin (gender netral). Umumnya jenis kelamin hanya ada dua, laki-laki dan perempuan saja, namun rupanya sekolah tersebut mengajarkan bahwa jenis kelamin tak hanya itu saja.

Hal ini harus diketahui orang tua murid sejak awal agar tidak kaget di tengah jalan, sehingga harus memindahkan si kecil ke sekolah lain bila nilai hidup yang diajarkan tidak sejalan seperti di rumah.

6. Bagaimana kegiatan belajar dan mengajar di sekolah?

Pertanyaan survey sekolah yang juga umumnya diutarakan adalah tentang kegiatan belajar mengajar di sekolah, seperti:

  • Jam masuk dan pulang sekolah, jam berapa?
  • Apakah ada ekskul? Kapan mulai dan selesainya?
  • Perlu membawa alat penunjang belajar tidak ya? Hp atau laptop misalnya
  • Proses antar jemput bagaimana? Atau harus ada akses khusus bagi orang lain selain orang tua?

Kegiatan belajar mengajar ini perlu juga diketahui orang tua, agar proses belajar lancar dan orang tua merasa aman meninggalkan anak-anak sementara saat di sekolah.

7. Hal lain menyangkut pergaulan


Saat ini bullying terhadap anak tengah marak beredar dan dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karenanya, Ibu bisa juga mengajukan pertanyaan saat survey sekolah anak nanti seperti:

  • Bagaimana memproses anak yang dibully di sekolah?
  • Apakah sekolah ramah anak berkebutuhan khusus?
  • Adakah pengetahuan tentang seks?
  • Apakah ada kebijakan tentang pesta sekolah, pesta ulang tahun murid, atau lainnya?
  • Bagaimana penilaian terhadap murid?

Survey sekolah anak bisa dilakukan jauh hari sebelum waktunya, agar persiapan Ayah dan Ibunya juga semakin matang untuk masa depan si kecil ya!

Editor: Aprilia