Keluarga

Kembali Kinclong! Cara Mencuci Baju Putih Yang Sudah Menguning

Kembali Kinclong! Cara Mencuci Baju Putih Yang Sudah Menguning

Setuju nggak sih, Bu, kalau pesona baju berwarna putih itu tidak terkalahkan? Warna putih dapat memancarkan kesan netral yang sempurna untuk dipadukan dengan berbagai warna lainnya. 

Namun, menjaga dan merawat baju berwarna putih bukanlah hal yang mudah. Perlu diketahui, bahwa langkah yang kurang tepat dalam perawatan baju putih dapat membuatnya menguning seiring berjalannya waktu.

Sehingga, cara mencuci baju putih agar baju kembali kinclong, haruslah benar. Lalu bagaimana cara mencuci baju putih agar tetap terlihat seperti baru? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Mengapa baju putih bisa berubah warna menjadi kekuningan?

https://lh7-us.googleusercontent.com/ef-Av6I7N1kVTrvxkDI1O-xBOLzTeK9mjnogp_BZoQO4SYQq9u2Eka0jZs-dxWQPt5UAU90U1FjOpjlfBo5S3A01A6fEHAAEOBnp-G1WcAu23fUPyBSZnX31vYKG1kJdjVZ3MM1ADE4OKOMPGmZcAO4

Sebelum membahas bagaimana cara mencuci baju putih, kita perlu pahami dulu nih, Bu, apa yang menyebabkan baju putih bisa berubah warna menjadi kusam, atau bahkan menjadi kekuningan. Dikutip dari situs Gentleman’s Gazette, perubahan warna pada pakaian berwarna putih dapat terjadi akibat minyak tubuh dan keringat yang menempel pada serat kain.

Di mana seiring berjalannya waktu dapat berubah menjadi noda. Fakta ini tidak mengherankan, mengingat perubahan warna pada pakaian putih seringkali terjadi di area yang rentan, seperti ketiak dan kerah (terutama bagian leher belakang).
 
Selain itu, penggunaan deodoran ternyata juga dapat menyebabkan baju menjadi kuning karena beberapa deodoran mengandung senyawa aluminium, yang dapat berinteraksi dengan keringat dan bakteri pada kulit. Proses ini menghasilkan residu, yang dapat menempel pada serat-serat kain. 

Nggak hanya itu, reaksi antara senyawa-senyawa dalam keringat dengan bahan kimia dalam deodoran tertentu juga dapat membentuk noda kuning pada pakaian, terutama pada area yang sering terpapar oleh deodoran, seperti ketiak

Lalu, bisakah baju berwarna putih ini kembali putih seperti warna aslinya? Tenang, banyak jalan menunju Roma ya Bu. Alias banyak juga cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan warna putih tersebut.

Cara mencuci baju putih agar tetap putih

https://lh7-us.googleusercontent.com/dL1owgS8HGhDWRf5Teh0P-wSdNZKad9ZPQ6cjmD0BXoZbYZfK_5TpgtAC75AdRDXK25T4WIfd_8Ue96tB9Zp65iTWDAQdkwtDzlHCl26isW6lF_lUxhzBDMPL1_UPUAYn7NvHBJ8eqkzyl5R1lUbt54

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara mencuci baju putih agar warna putihnya tetap terjaga dengan baik: 

  • Hindari mengisi mesin cuci terlalu penuh saat mencuci
  • Pisahkan antara baju putih dan baju berwarna ketika mencuci
  • Direkomendasikan untuk mencuci baju putih menggunakan air panas
  • Gunakan deterjen pencerah pakaian saat mencuci baju putih
  • Jemur baju putih langsung di bawah terik matahari.

Cara mencuci baju putih yang menguning

Cara mencuci baju agar tetap putih mungkin tidak terlalu sulit untuk diikuti, namun bagaimana cara mencuci baju yang sudah terlanjur menguning? Apakah baju putih yang sudah terlanjur menguning masih dapat kembali putih seperti sediakala?

Jawabannya adalah, masih ya Bu. Baju putih yang terlanjur menguning masih bisa menjadi putih seperti sediakala. Menurut situs The Spruce, berikut adalah beberapa cara mencuci baju putih yang menguning:

1. Soda kue 

https://lh7-us.googleusercontent.com/9ctfQTLJo6eCY8a8hjRoofw2igYyjIl4cH67qmEFyA7157gvrm-7P6kGIoCgof7uhiSA_TlbEYYejlKAHaNYrIGx5p8yA4bqicAMsCDIvBwz6d7dgUXxUTXqcL9ks9J5FmPhlOw69TMLVx8n7D9O4U4

Natrium bikarbonat atau lebih dikenal dengan soda kue, ternyata dapat menjadi salah satu cara mencuci baju putih yang menguning. Berikut adalah cara mencuci baju putih menggunakan soda kue:

  • Panaskan air hingga mendidih, lalu angkat
  • Masukkan satu cangkir soda kue
  • Tambahkan pakaian putih 
  • Rendam setidaknya selama satu jam atau semalaman
  • Cuci seperti biasa.

2. Bubuk asam sitrat

https://lh7-us.googleusercontent.com/jH1tCfB7Z5SJbfVPUjoFGMtAQ4FGqZHMELv2dvzdLyp5xDvk_4H-gf4Ffd9-jB34pmAPqvxpuw51xv2zmHfptxXTKiHvjZkdbGSOLJr8UDx7FHPkaCBm_CQ2XxT2yy3zPfc_i0QZrLIa74YRtlCCj54

Citric acid atau bubuk asam sitrat adalah, bahan selanjutnya yang dapat digunakan dalam cara mencuci baju putih yang menguning. Cara mencuci baju putih dengan asam sitrat, sama halnya dengan cara membersihkan baju putih menggunakan soda kue.

  • Campurkan 3 sendok makan bubuk asam sitrat dalam satu ember/wadah air panas
  • Masukkan baju putih dan rendam setidaknya selama empat jam atau semalaman
  • Cuci seperti biasa.

3. Detergen mengandung pemutih klorin

https://lh7-us.googleusercontent.com/ZDdL7Odo3sccc4cD503utJi_MWcc2koiQAEQh5taF5fO6zeaVE7a_fudIby4PeBOgDypRUTItMcn5tcYXzsK7zuWwUdImjNgJ8eOEux4bg-KL4TYY043I8oCkk6MqLPAov2dJhUJM7nPyuR59cJuYhQ

Kandungan natrium hipoklorit atau pemutih klorin, ternyata bisa digunakan sebagai cara mencuci baju putih yang menguning selanjutnya. Kandungan pemutih klorin ini tergolong cukup ampuh dalam mengatasi baju putih yang menguning. 

Bahan aktif ini dapat ditemukan pada produk pemutih yang dijual bebas di pasaran. Berikut adalah cara membersihkan baju putih menggunakan bahan aktif pemutih klorin:

  • Panaskan air yang akan digunakan untuk merendam baju
  • Tambahkan beberapa cairan pemutih klorin sesuai dengan petunjuk kemasan, lalu masukkan ke dalam air panas
  • Aduk agar larut/pastikan untuk tidak mengaduknya langsung menggunakan tangan, gunakanlah media seperti sendok atau gayung.
  • Tambahkan pakaian putih yang sudah menguning
  • Rendam selama 30 menit
  • Lepaskan pakaian dan tuangkan larutan ke saluran pembuangan
  • Cuci pakaian seperti biasa.

4. Bluing

https://lh7-us.googleusercontent.com/BTnmRdEzuv-Vx3QQ3Jar1_sBl8oOn-j0dH7YhGh-h7W2Ti-kTYyBSsFNEiwLzRuEouSc_kq-6pOPJroXDCZ9LjUk5DEdXD8qAodgoeIN3rBL3kxAiYHkE8ZBWTGQvtPbc521tASVUhUeCgQs3Ey7VIo

Bluing atau yang lebih dikenal dengan istilah blau menurut laman Remodelista, adalah termasuk salah satu penyeimbang pH dan biosida untuk mencegah penumpukan alga dan bakteri. Produk Bluing atau Blau meningkatkan kecerahan kain putih dengan menambahkan pigmen biru yang melawan warna kuning alami. 

Produk ini dijual bebas di pasaran dan tersedia dalam bentuk cair serta bubuk. Cara penggunaannya, bisa Ibu cek pada masing-masing label kemasan. 

5. Cahaya matahari

https://lh7-us.googleusercontent.com/45DawZf1EWfU9bK5qU8yi2iGoGbtcaMV68GD3_47vO9-lR2fOtOYdbVr_OCQFaKczaeO8JyyihX9QDUgJcDwvHLAMqAYsCnoadSIzNCI7J8aMmooGMu8khfdIWAxqlAbB1uTSMQNl5RlFgPcMKqF7n4

Sinar ultraviolet matahari ternyata bisa menjadi salah satu cara menghilangkan noda menguning pada baju putih. Setelah mencoba beberapa cara membersihkan baju putih di atas, baik itu menggunakan bubuk soda, asam sitrat, maupun blau, usahakan untuk menjemur baju langsung di bawah sinar matahari. 

Hal ini karena Sinar UV dapat memecah molekul-molekul besar pada noda dan menyebabkan oksidasi pada noda, sehingga noda kekuningan bisa menjadi lebih mudah dihilangkan.

Itu dia penjelasan bagaimana cara mencuci baju putih agar tetap putih, dan bagaimana cara mencuci baju putih yang menguning. Yuk, coba praktekkan di rumah!

Editor: Aprilia