Keluarga

Kulit Bayi Cenderung Sensitif, Ibu Nggak Boleh Asal Pilih Skincare Bayi!

Kulit Bayi Cenderung Sensitif, Ibu Nggak Boleh Asal Pilih Skincare Bayi!

Siapa bilang bayi baru lahir nggak butuh skincare? Faktanya, skincare bayi baru lahir sangat penting digunakan untuk menjaga agar kulit bayi tetap sehat, lho! Apalagi jika bayi punya kulit yang cenderung sensitif.

Penggunaan skincare bayi ini menjadi sangat penting digunakan setiap hari. Namun pemilihan skincare bayi nggak boleh sembarangan ya, Bu!

Kesalahan sedikit saja ternyata dapat menimbulkan masalah yang kompleks pada kulitnya. Apalagi kulit bayi masih dalam tahap perkembangan, sehingga penting memilih skincare bayi yang tepat sesuai dengan jenis kulit si kecil.

Memilih bahan skincare bayi juga menjadi hal yang penting dilakukan. Karena, skincare bayi baru lahir tidak boleh mengandung bahan kimia berbahaya layaknya sulfat, paraben, dan pewarna serta pewangi buatan yang dapat memicu iritasi pada kulitnya yang masih sensitif.

Yuk, ketahui hal lain yang perlu diperhatikan saat memilih skincare bayi. Supaya kulitnya selalu mendapatkan perlindungan yang tepat, sehingga kulit bayi tetap mendapat perlindungan dari produk skincare yang digunakan.

Pentingnya memerhatikan skincare bayi


Nggak semua produk skincare aman digunakan untuk bayi. Meskipun beberapa banyak yang mengklaim bahwa produknya bisa dipakai untuk bayi baru lahir hingga orang dewasa.

Memilih dan memerhatikan skincare bayi menjadi penting dilakukan. Jika melansir Baby Centre hal ini karena bayi memiliki kulit yang cenderung lebih tipis, dan lebih halus.

Sehingga ia sangat rentan mengalami banyak masalah kulit termasuk ruam hingga masalah lain seperti eczema atau alergi. Untuk itu, produk skincare bayi baru lahir yang hendak dipilih harus memiliki bahan yang ringan dan harus sesuai dengan keseimbangan alami kulit bayi.

Supaya lapisan pelindung kulit bayi tetap terjaga dengan baik. Apalagi semua bahan skincare bayi tidak boleh mengandung parfum tambahan, paraben serta alkohol yang umumnya ditemukan pada produk skincare orang dewasa.

Lantas, bagaimana orang tua bisa tahu apakah produk skincare tersebut cocok untuk kulit si kecil? Nah, hal utama yang harus diperhatikan adalah memeriksa bahan aktif yang terdapat pada label produk skincare bayi.

Setiap produk yang ditujukan untuk anak di bawah 3 tahun harus memiliki penilaian keamanan untuk kelompok usia tersebut. Akan tetapi hal lain yang bisa Ibu perhatikan adalah dengan mengenali berapa pH yang tepat untuk kulit si kecil.

Biasanya, skincare bayi yang tepat harus mengandung pH netral atau pH seimbang. Skala pH ini merupakan cara untuk mengukur seberapa asam atau basa suatu zat.

Ketika bayi lahir, pH kulitnya biasanya mendekati pH netral yakni sekitar 7,0. Namun, hal ini akan berubah dengan cepat alias menjadi lebih asam karena merupakan cara tubuh untuk membentuk garis pertahanan pertama terhadap racun.

Keasaman yang meningkat membantu membunuh mikroba, jadi nggak heran kalau bayi baru lahir dengan pH kulit yang lebih tinggi sering berakhir dengan ruam-ruam di beberapa bagian tubuhnya. Orang dewasa sejatinya memiliki pH kulit antara 4,5 dan 6, sementara pH ideal untuk bayi kurang lebih ada di skala 5,5 yang cenderung sedikit asam.

Sayangnya, sebagian besar produk skincare bayi baru lahir tidak memiliki tingkat pH yang tepat. Mereka mungkin hanya memiliki skala pH netral. Selama kulit bayi sehat dan tidak kering atau bersisik, produk pH netral seharusnya cukup aman digunakan.

Tips memilih skincare bayi baru lahir yang tepat


Karena bayi cenderung memiliki kulit yang sensitif, maka memilih skincare bayi yang tepat sangat penting dilakukan. Untuk mencegah munculnya beragam masalah pada kulitnya. Melansir WebMD berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih skincare bayi:

1. Baca label dengan teliti

Skincare bayi tidak boleh mengandung bahan-bahan berbahaya layaknya parfum tambahan, SLS dan parabean yang dapat memicu reaksi alergi yang justru dapat mengganggu kenyamanan bayi. Apabila si kecil tidak cocok dengan produk skincare bayi yang digunakan biasanya akan muncul keluhan seperti ruam merah, gatal-gatal, hingga iritasi kulit yang lebih serius.

2. Pilih produk sesuai dengan jenis kulit

Pastikan Ibu memilih skincare bayi yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya bayi dengan kulit sensitif, sebaiknya menggunakan produk yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Lakukan cara yang sama untuk jenis kulit lainnya.

3. Produk harus mengandung bahan-bahan alami

Skincare bayi yang tepat, harus mengandung bahan-bahan alami yang aman digunakan untuk kulit bayi yang sangat tipis dan sensitif. Beberapa bahan alami yang mayoritas dimiliki oleh produk skincare bayi adalah mengandung, minyak kelapa, minyak zaitun atau minyak almond.

Semua bahan alami ini selain aman untuk kulit bayi ternyata juga mengandung beragam vitamin seperti vitamin E, D, B dan K yang berfungsi merawat kesehatan dan kelembapan kulit bayi.

4. Perhatikan produk yang mengklaim hypoallergenic

Produk skincare bayi yang mengandung hypoallergenic sejatinya cukup rancu. Istilah ini berarti bahwa produk tersebut cenderung tidak menyebabkan reaksi alergi, tetapi itu tidak berarti bahwa produk tersebut bisa digunakan oleh si kecil ya Bu! Jadi lebih baik, perhatikan label produknya agar lebih pasti.

5. Teruji klinik dan terdaftar di BPOM

Semua produk skincare bayi dan orang dewasa harus masuk uji klinis dan terdaftar oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan alias BPOM. Hal ini diperlukan guna memastikan produk tidak mengandung bahan berbahaya, sehingga aman digunakan pada bayi. Produk juga harus terdaftar dalam BPOM untuk menjamin bahan baku sesuai standar dan tidak membahayakan kesehatan.

Rekomendasi skincare bayi yang aman

Nggak perlu khawatir kebingungan untuk memilih produk skincare bayi yang tepat ya Bu. Karena, saat ini telah hadir produk True to Baby yang dapat menjawab semua keresahan Ibu.

True to Baby adalah sister brand dari produk skincare dewasa True to Skin yang kualitasnya nggak perlu diragukan lagi. Nah, True to Baby sendiri merupakan produk skincare bayi yang diformulasikan khusus untuk bayi dan anak-anak.

Produk ini bahkan sangat aman digunakan untuk kulit anak yang sensitif, karena diformulasikan dengan bahan aktif alami seperti lavender oil, calendula, ginger, aloe vera dan nordic cotton. Uniknya, rekomendasi skincare bayi yang satu ini juga hadir dengan kemasan menarik dan colorful yang dapat membantu dan melatih kemampuan sensorik dan motorik si kecil.

Ada 3 produk unggulan dari True to Baby yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, diantaranya adalah:

1. True to Baby Lotion

True to Baby Lotion dapat membantu melembapkan dan menghaluskan kulit bayi. Kandungan caleduna, nordic cotton dan aloe veranya juga bisa meredakan iritasi pada kulit bayi yang kering. Teksturnya ringan dan tidak lengket hingga mudah menyerap di kulit.

2. True to Baby Calming Cream


True to Baby Calming Cream diformulasikan dengan ginger dan peppermint oil untuk memberikan kehangatan pada permukaan kulit bayi. Sehingga ia jadi lebih nyaman dan kualitas tidurnya lebih terjaga. Produk ini juga bisa digunakan untuk meredakan perut kembung pada bayi.

3. True to Baby Head to Toe Wash


Sabun dan shampoo 2in1 ini berfungsi menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut si kecil. Diformulasikan secara khusus sehingga tidak perih di mata. Bahan alami nordic cotton, lavender oil, aloe vera dan calendula bisa membantu menjaga kelembapan kulit kepala serta membantu menenangkan si kecil.

Ibu sudah pernah coba rekomendasi produk skincare bayi yang satu ini, belum? Semoga dengan hadirnya produk True to Baby ini bisa menjawab keresahan Ibu dalam memilih skincare yang tepat untuk si kecil ya.