Keluarga

Kulit Wajah Tampak Kering? Jangan-jangan Buibu Alami Dehidrasi Kulit. Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasinya!

Kulit Wajah Tampak Kering? Jangan-jangan Buibu Alami Dehidrasi Kulit. Yuk Cari Tahu Penyebab dan Cara Atasinya!

Masalah kulit wajah kering adalah salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh Buibu. Tidak hanya membuat Buibu merasa tidak nyaman, kondisi kulit wajah kering juga tak jarang membuat Buibu menjadi tidak percaya diri. 

Bagaimana tidak? Kondisi kulit Buibu bisa jadi kasar, tampak kusam, bersisik, bahkan mengelupas. Kondisi ini seringkali dianggap karena jenis kulit yang kering, tapi Buibu tahu ngga sih? Selain kering, kondisi seperti ini juga bisa jadi tanda kulit Buibu sedang mengalami dehidrasi, lohhh! 

Menurut Healthline, kulit dehidrasi merupakan kondisi saat kulit kekurangan asupan cairan. Akibatnya, kulit jadi tampak kering, gatal, tampak kusam, warna kulit tampak tidak rata dan garis-garis halus bisa semakin terlihat.

Sementara, kondisi kulit wajah kering adalah kondisi saat kulit karena kekurangan minyak alami dalam kulit. Kulit wajah kering merupakan salah satu tipe jenis kulit, yang mengarah pada bawaan sejak lahir atau genetik dan dapat berubah seiring bertambahnya usia, perubahan cuaca hingga musim. 

Perbedaan yang paling mencolok diantara kedua kondisi kulit ini adalah karena kulit dehidrasi ini berkaitan dengan kandung air pada kulit, maka kulit dehidrasi ini bisa dialami oleh siapa saja, baik yang memiliki jenis kulit normal, kering, berminyak, atau kombinasi sekalipun. 

Untuk mengetahui kondisi kulit dehidrasi, Buibu bisa lakukan tes sederhana di rumah dengan mencubit di sekitar area pipi, jika Buibu melihat kerutan, lalu kulit memerlukan waktu yang lama untuk kembali seperti semula, bisa jadi kulit Buibu mengalami dehidrasi. 

Namun tentu saja, tes ini tidak memberikan hasil mutlak. Untuk hasil yang lebih akurat, Buibu harus menemui dokter kulit atau ahli kecantikan untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. 

Jika, Buibu kedapatan memiliki kulit dehidrasi, Buibu tak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kulit dehidrasi. Lalu, bagaimana cara mengatasinya agar kulit menjadi lembap, sehat, bahkan glowing? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut! 

Penyebab Kulit Wajah Dehidrasi yang Paling Umum


Tahukah, Bu? Dilansir dari Medical News Today sebanyak 55-65% tubuh manusia adalah air. Setiap sel, jaringan, dan organ dalam tubuh manusia membutuhkan air agar dapat berfungsi dengan baik. 

Air sangat dibutuhkan untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari, jika Buibu mengeluarkan air dalam tubuh lebih banyak dari yang dikonsumsi, maka tubuh akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat mempengaruhi semua bagian tubuh termasuk kulit kita, nih Bu. 

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab kulit menjadi dehidrasi? 

1. Kurangnya Asupan Cairan bagi Tubuh

Ini menjadi penyebab utama kulit mengalami dehidrasi. Kurangnya asupan air membuat kulit tidak optimal menjaga kelembapannya, tidak hanya itu, fungsi proteksi pada kulit juga akan berkurang jika kadar air tidak mencukupi. 

2. Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan yang terlalu panas dan kering juga menjadi pemicu kulit dehidrasi. Mengapa begitu? Sebab, udara yang kering akan menarik uap dari manapun termasuk dari permukaan tubuh. Tidak hanya itu, suhu yang terlalu panas juga bisa bikin Buibu jadi sering berkeringat, sehingga jadi kekurangan cairan. 

3. Terlalu Sering Mandi dengan Air Hangat

Mandi air hangat atau cenderung panas terlalu sering juga bisa jadi penyebab kulit dehidrasi. Apalagi jika saat mencuci muka, Buibu terlalu kuat menggosok, karena gesekan berlebih pada kulit wajah dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

4. Kondisi Kesehatan 

Selain karena kebiasaan kurang konsumsi asupan cairan, kulit dehidrasi juga bisa disebabkan karena hilangnya cairan dalam tubuh dalam jumlah banyak. Kondisi ini bisa dipicu, misalnya saat Buibu sedang alami diare, muntah, dan demam. 

5. Produk Skincare yang Tidak Sesuai 

Penggunaan skincare memang dianjurkan untuk menjaga agar kulit tetap sehat dan ternutrisi. Namun, ada beberapa kandungan bahan tertentu yang justru mengiritasi kulit, sehingga terjadi kerusakan pada skin barrier yang membuat kulit tidak bisa menahan kandungan air didalamnya. 

Akibatnya, air pun mudah menguap dari kulit dan memicu dehidrasi. Untuk itu, penting untuk memilih dengan cermat kandungan skincare yang sesuai dengan kondisi kulit. 

Apa Saja Ciri-ciri Kulit Dehidrasi? 


Melansir Healthline berikut adalah beberapa tanda kulit dehidrasi yang perlu kita ketahui:

  • Gatal yang muncul secara konstan dan membuat aktivitas harian jadi terganggu
  • Kulit tampak kering, kusam, bahkan warna kulit tampak tidak rata
  • Lingkaran bawah mata yang lebih gelap, bahkan mata menjadi cekung
  • Adanya bayangan di sekitar wajah terutama di bawah mata dan sekitar hidung
  • Munculnya garis-garis halus dan kerutan di permukaan kulit 
  • Pada kasus yang parah, kulit dehidrasi bisa disertai pusing, mulut kering, bahkan  pingsan 

Cara Mengatasi Kulit Wajah Dehidrasi 

Karena tanda kulit dehidrasi terlihat sangat menyeramkan dan mengganggu aktivitas hingga penampilan, tentu saja kondisi ini harus segera diatasi. Kulit dehidrasi bisa diatasi dengan perubahan gaya hidup. Melansir Healthline berikut adalah cara mengatasi kulit dehidrasi yang benar:

1. Jaga Hidrasi Tubuh

Usahakan selalu penuhi hidrasi kulit dengan mencukupi kebutuhan air putih setiap hari.  Pastikan Buibu minum sebanyak 8 gelas atau 2 liter air putih tiap hari, ya!

Jangan lupa juga selalu makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah. Sayur dan buah mengandung berbagai macam vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap sehat dan terjaga kelembapannya. Cara merawat kulit dehidrasi ini wajib diterapkan setiap hari, ya Bu!

2. Ubah Kebiasaan Mandi atau Cuci Muka  


Untuk merawat kulit dehidrasi, sangat disarankan untuk mandi atau cuci muka dengan menggunakan air dengan suhu normal, bukan dengan air hangat atau panas. Penggunaan air panas akan membuat kulit Buibu kehilangan kelembapannya dan menjadi semakin dehidrasi.

3. Rutin Melembapkan Kulit dengan Skincare yang Mengandung Hyaluronic Acid

Kulit dehidrasi perlu dijaga kelembapannya, maka sangat disarankan Buibu rutin menggunakan pelembap. Namun, Buibu harus teliti dalam memilih produk perawatan yang dapat menghidrasi kulit Buibu. Jangan lupa cek kandungannya terlebih dahulu ya, Bu! 

Pastikan skincare yang Buibu gunakan mengandung Hyaluronic Acid (HA). Ini merupakan zat yang berfungsi menjaga kelembapan kulit, mengurangi kerutan, hingga memperbaiki kulit yang rusak. Dengan kandungan Hyaluronic Acid (HA), kulit tekstur dan skin barrier kulit akan terasa lebih halus, lembut, elastis, bahkan glowing

Nah, Buibu bisa temukan kandungan Hyaluronic Acid (HA) ini pada produk Hada Labo Gokujyun Premium Ultimate Moisturizing Lotion, lho! Produk ini mengandung 7 tipe Hyaluronic Acid (HA), yaitu Hyaluronic Acid, Improved HA, Nano HA, Crosslinked HA, Adhesive HA, HA Booster, Fermented HA yang berfungsi untuk:

  • Sebagai hydrating toner, yang dapat mengunci kelembapan di dalam kulit lebih lama untuk hidrasi yang lebih baik.   
  • Menjaga tekstur dan skin barrier kulit sehingga kulit terasa ekstra halus, lembut, elastis, dan glowing.
  • Produk ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit, dan sangat direkomendasikan untuk Buibu yang memiliki tipe kulit ekstra kering.
  • Tekstur ringan, sesuai pH kulit, no fragrance, no colorant, no alcohol cocok untuk kulit sensitif sekalipun.

Cara pakainya mudah sekali, nih Bu! Tinggal tuangkan Hada Labo Gokujyun Premium Ultimate Moisturizing Lotion  ke telapak tangan saja, kemudian tepuk-tepuk perlahan ke wajah agar menyerap. Buibu bisa gunakan Hada Labo Gokujyun Premium Ultimate Moisturizing Lotion sebagai perawatan rutin harian setiap pagi dan malam hari ya, Bu! 

Aman Digunakan Semua Tipe Kulit, Hada Labo Berikan Kelembapan Ekstra

Ada beragam pilihan produk untuk perawatan kulit dari Hada Labo yang bisa disesuaikan dengan tipe kulit yang Buibu miliki.  Hada Labo dibuat menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik dengan standar farmasi yang ketat, sehingga sangat aman digunakan. Yuk, simak apa saja varian produk dari Hada Labo yang akan memberikan kelembapan ekstra bagi kulit wajah Buibu! 

1. Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing

Bagi Ibu yang ingin memiliki kulit yang lebih lembut, elastis, dan terlihat glowing, coba deh produk yang satu ini.  Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing mengandung 3 tipe Hyaluronic Acid  (Hyaluronic Acid, Improved Hyaluronic Acid, Nano Sized Hyaluronic Acid) yang akan memberikan kelembapan pada kulit secara intensif dan lebih lama.

2. Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening

Tidak hanya akan melembapkan kulit kering Buibu, Hada Labo Shirojyun Ultimate Whitening juga dapat mencerahkan wajah, meratakan warna kulit dan memudarkan noda hitam pada wajah, seperti flek hitam dan bekas jerawat, lho Bu! 

Kandungan Hyaluronic Acid, Arbutin, dan Vitamin C  dapat membuat kulit Buibu jadi berseri dan tetap elastis. 

3. Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti-Aging 

Ingin kulit lembap dan tampak lebih muda? Nah Buibu bisa nih coba Hada Labo Gokujyun Alpha Ultimate Anti-Aging. Produk ini mengandung 3 bahan aktif anti – aging, seperti Retinol, Improved Hyaluronic Acid & Collagen yang akan bantu kulit tampak lebih muda, halus, dan bercahaya. 

Produk ini juga dapat mempertahankan kadar air dalam kulit dan menunda terbentuknya tanda – tanda penuaan .

4. Hada Labo Tamagohada Mild Peeling

Kalau Buibu ingin rutin mengeksfoliasi kulit, sepertinya Hada Labo Tamagohada Mild Peeling cocok nih, Bu! Dengan  kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) & Beta Hydroxy Acid (BHA) akan membantu mengeksfoliasi kulit Buibu dengan lembut dan memperbaiki tekstur kulit, sehingga kulit tampak lebih cerah, tidak kusam, dan halus. 

5. Hada Labo Shirojyun Premium Lotion 

Buibu yang ingin menyamarkan noda hitam dan mengembalikan cerah alami kulit, Hada Labo Shirojyun Premium Lotion bisa jadi pilihan. Sebab, produk ini berfungsi hydrating sekaligus whitening toner lho, Bu! Produk ini mengandung Tranexamic Acid, Vitamin C dan E sebagai premium whitening, serta mengandung nano-sized Hyaluronic Acid dan Hyaluronic Acid yang dapat memberikan intense hydration pada kulit Buibu. 

6. Hada Labo Perfect 3D Gel

Buibu ingin wajah cerah, lembap, tapi juga bisa mencegah penuaan dini? Nah, Hada Labo Perfect 3D Gel bisa jadi pilihan yang tepat, karena produk ini merupakan total solution complete gel untuk moisturizing, whitening, dan anti aging. Jadi satu produk untuk perawatan intensif. 

Mengapa bisa begitu? Karena Hada Labo Perfect 3D Gel mengandung 4 Tipe Hyaluronic Acid (Hyaluconic Acid, Improved HA, Nano HA, 3D HA) yang dapat mengunci kelembapan kulit secara intensif. Ga cuma itu, produk ini juga mengandung Arbutin, Vitamin c, dan Yuzu Extract untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam, serta Anti Aging Complex untuk mencegah tanda penuaan dini, nih Bu! 

Nah, gimana nih, Bu? Bingung deh rasanya mau pilih yang mana, tapi yang pasti harus disesuaikan dengan kebutuhan kulit Buibu yaaa. Buibu bisa mendapatkan produk Hada Labo di AEON, Watsons,drugstore, supermarket di kota Buibu & e-commerce rohto official seperti di blibli.com, shopee, dan tokopedia. 

Jadi, produk mana nih yang bikin Buibu tertarik untuk membelinya dalam waktu dekat? Untuk informasi produk lebih detail lagi, Buibu bisa kepoin Instagram @hadalaboid, ya! 

 

Editor: Dorothea Ayu