Keluarga

Kumpulan Doa Aqiqah Lengkap Untuk Bayi Baru Lahir, Yang Jadi Sunnah Rasul

Kumpulan Doa Aqiqah Lengkap Untuk Bayi Baru Lahir, Yang Jadi Sunnah Rasul

Melaksanakan segala hal dalam hidup, memang sebaiknya diawali dengan doa agar diperoleh keberkahan. Apalagi untuk hal yang jelas bagian dari perintah agama, seperti aqiqah.

Doa aqiqah dibaca untuk mengawali kegiatan aqiqah seperti niat awal, doa saat menyembelih kambing, hingga doa ketika mencukur rambut bayi yang di-aqiqah. Kita simak lebih lanjut, yuk apa saja doa aqiqah yang wajib dibaca ketika melakukan aqiqah.

Dasar perintah aturan dalam aqiqah


Melansir dari NU Online, aqiqah adalah sunnah Rasul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan, untuk menebus seorang anak. Karena sebenarnya seorang anak statusnya masih tergadaikan sampai mereka di-aqiqah.

Sesuai dengan sabda Nabi dalam hadis yang diriwayatkan Abu Dawud (1522), bunyinya:

“Seorang anak tergadaikan dengan (tebusan) aqiqah yang disembelih untuknya di hari yang ketujuh, dicukur rambut kepalanya dan diberi nama.”

Aqiqah sendiri juga dimaksudkan sebagai sebuah perayaan menyambut anggota keluarga baru sebagai bentuk syukur pada Allah. Ini dilakukan dengan cara berdoa bersama, berkumpul dan bersedekah dengan hewan yang disembelih dan jumlah rambut bayi. Kemudian dianjurkan juga memberikan nama yang indah serta berarti baik untuk bayi.

Dengan berkumpulnya keluarga dan banyak orang, selain tujuannya silaturahmi adalah juga untuk mengumumkan nama bayi ini dan mengharapkan keberkahan dari doa orang-orang yang datang. Aqiqah sendiri disarankan untuk dilakukan pada hari ketujuh. 

Melansir dari About Islam, bila tidak bisa dilakukan pada hari ketujuh, aqiqah bisa dilaksanakan pada hari keempat belas, ke-21 atau kapanpun yang memungkinkan. Tetapi tidak disarankan untuk terus sengaja ditunda-tunda.

Seorang bayi laki-laki memiliki nilai 2 hewan aqiqah, boleh domba atau kambing. Sedangkan seorang bayi perempuan memiliki nilai 1 hewan aqiqah.

Aturan dan syarat hewan aqiqah sama seperti hewan qurban, yaitu setidaknya berusia 6-12 bulan. Hewan juga harus dalam keadaan sehat dan tidak berpenyakit.

United Mission for Relief & Development (UMR) menyebutkan bahwa, hasil penyembelihan hewan aqiqah nantinya dibagi 3, yaitu:

  • 1/3 bagian untuk keluarga
  • 1/3 bagian untuk teman atau tetangga
  • 1/3 bagian lainnya untuk orang yang membutuhkan.

Dalam tasyakuran aqiqah setelah hewan disembelih, bayi akan didoakan dan dipotong rambutnya. Hasil cukur semua rambut bayi, kemudian dikumpulkan dan ditimbang dengan timbangan emas.

Karena jumlahnya yang sangat ringan, maka sebaiknya ditimbang dengan timbangan emas agar hasil yang didapatkan akurat. Bila sudah mendapatkan nilainya, maka gramasi ini kemudian dikonversikan dengan nilai emas pada hari itu. Jumlahnya dalam nilai mata uang disedekahkan bagi orang yang kurang mampu.

Doa aqiqah lengkap

Berikut doa aqiqah shahih yang dibacakan ketika proses aqiqah dari penyembelihan hewan, sampai saat walimatul aqiqah.

1. Niat

Niatkan terlebih dahulu untuk menyembelih hewan dan bersedekah dalam rangka aqiqah bayi. Niat ini bisa diucapkan dalam bahasa masing-masing, dan tidak ada patokan khusus bacaan yang harus dibacakan saat niat.

2. Doa aqiqah ketika menyembelih hewan


Bismillahi wallahu Akbar, Allahumma minka wa laka, Allahumma taqabbal minni, Hadzihi ‘aqiqatu….(sebutkan nama bayi yang diaqiqah).

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, Allah Maha Besar, Ya Allah, dari dan untuk-Mu. Ya Allah terimalah dari kami, inilah aqiqahnya….(sebutkan nama bayinya).

3. Doa aqiqah ketika mencukur bayi

Bismillahirrahmanirrahiim. Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin. Allahmumma nurus samawati wa nurusyi syamsyi wal qamari, Allahumma sirrullahi nurun nubuwwati Rasulullahi shallallahu ‘alaihi wasallam, walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, Ya Allah, cahaya langit, matahari dan rembulan. Ya Allah rahasia Allah, cahaya kenabian, Rasulullah SAW dan segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

4. Doa aqiqah meniup ubun-ubun bayi setelah dicukur

Allahumma inni u’idzuha bika wa dzurriyataha minasy syaithaanir rajiim.

Artinya:

Ya Allah sesungguhnya aku memohon perlindungan untuk dia dan keluarganya dari setan yang terkutuk.

5. Doa aqiqah saat walimatul aqiqah


Allahummafadzhu min syarril jinni wal insi wa ummish shibyani wa min jami’is sayyiati wal ishyani wahrishu bihadianatika wa kafalatika al-mahmudati wa bidawami ‘inayatika wa ri’ayatika an-nafidzati nuqaddimu biha ‘alal qiyami bima kalaftana min huquqi rububiyyatika al-karimati nadabtana ilaihi fima bainana wa baina khalqika min makarimil akhlaqi wa athyaba ma fadldlaltana minal arzaqi. Allahummaj’alna wa iyyahum min ahlil ‘ilmi wa ahlil khairi wa ahlil qur’ani wa la taj’alna wa iyyahum min ahlisy syarri wadl dloiri wadz dzolami wath thughyani.

Artinya:

Ya Allah, jagalah dia (bayi) dari kejelekan jin, manusia ummi shibyan, serta segala kejelekan dan maksiat. Jagalah dia dengan penjagaan dan tanggungan-Mu yang terpuji, dengan perawatan dan pelrindungan-Mu yang lestari. Dengan hal tersebut  aku mampu melaksanakan apa yang Kau bebankan padaku, dari hak-hak Ketuhanan yang mulia. Hiasi dia dengan apa yang ada diantara kami dan makhluk-Mu, yakni akhlak mulia dan anugerah yang paling indah. Ya Allah, jadikan kami dan mereka sebagai ahli ilmu, ahli kebaikan, dan ahli Al-Quran. Jangan Kau jadikan kami dan mereka sebagai ahli kejelekan, keburukan, aniaya dan tercela.

Itulah beragam doa aqiqah yang dibaca dalam rangkaian aqiqah bayi baru lahir. Semoga sekarang Parents jadi lebih mengetahuinya, ya.

Editor: Aprilia