Keluarga

Sederet Kelebihan Dan Fakta-Fakta Bayi Yang Lahir Bulan Desember

Sederet Kelebihan Dan Fakta-Fakta Bayi Yang Lahir Bulan Desember

Desember dianggap sebagai bulan yang paling dinanti. Kehadirannya yang berada paling bontot atau paling akhir, selalu dinanti dan menandakan akhir tahun.

Nggak heran, banyak orang yang merasa bulan Desember merupakan bulan yang spesial. Sehingga, ketika ada bayi yang lahir bulan Desember dianggap istimewa.

Selain kehadirannya yang dirayakan oleh seluruh lapisan masyarakat, di bulan Desember juga banyak hari libur karena termasuk holiday season. Jadi, ketika bayi lahir bulan Desember sudah pasti banyak yang penasaran dan ingin mengunjunginya.

Tahukah Ibu? Bayi yang lahir bulan Desember ternyata juga punya kepribadian yang tangguh, lho! Simak fakta lain mengenai sederet karakteristik bayi lahir bulan Desember, dalam ulasan berikut.

Kelebihan lain bayi yang lahir bulan Desember


  • Dominasi zodiak Sagittarius dan Capricorn

Bayi yang lahir bulan Desember zodiaknya apa, ya? Biar Ibu nggak penasaran, Ibumin akan bahas lengkap mengenai zodiak si kecil nih. Karena ternyata, sama seperti anak yang lahir di bulan-bulan lainnya, anak yang lahir bulan Desember juga memiliki satu dari dua zodiak yang mendominasi, lho!

Zodiak tersebut adalah Sagittarius dan Capricorn. Kalau mengutip dari Baby Chick bayi yang lahir bulan Desember awal hingga pertengahan (sekitar tanggal 21 Desember, masih masuk dalam zodiak Sagittarius.

Uniknya, bayi Sagittarius yang lahir bulan Desember biasanya sangat berapi-api alias bersemangat. Tapi, mereka sangat setia, mandiri, dan cerdas.

Kemandirian anak yang lahir bulan Desember dengan zodiak Sagittarius, bisa melakukan segala keinginannya sendiri dengan baik. Sayangnya, independensi mereka bisa saja menjerumuskan mereka dalam ‘api’.

Nah, apabila si kecil lahir bulan Desember setelah tanggal 21 Desember, mereka cenderung memiliki zodiak Capricorn. Zodiak Capricorn menjadi simbol seseorang yang membumi, jujur, tekun, tapi juga keras kepala.

Mereka akan serius dalam menyelesaikan tugas dan akan menjadi atlet hebat. Zodiak ini, bisa jadi keras kepala saat masih balita, tapi mereka akan selalu menemukan jalan untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

  • Lebih kalem dan tenang

Tentu saja, hal ini akan membuat para Ibu dari bayi yang lahir bulan Desember tersenyum. Karena katanya, para bayi yang lahir bulan Desember cenderung lebih tenang.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Atlantic menyebutkan bahwa, mereka yang lahir di musim dingin jauh lebih kecil kemungkinannya untuk mudah tersinggung, dibandingkan mereka yang lahir di waktu-waktu lain dalam setahun.

Anak-anak ini mungkin cenderung lebih tenang, kalem, sabar dan nggak mudah tersinggung. Artinya, Ibu mungkin memiliki anak yang bisa menyesuaikan diri secara alami dan cenderung mengikuti arus.

  • Kemungkinan kidal lebih besar, pada anak laki-laki

Dikutip dari USA Today anak laki-laki yang lahir bulan Desember, kebanyakan lebih cenderung kidal. Hal ini dibuktikan oleh penelitian para psikolog di Universitas Wina, yang menemukan lebih banyak anak laki-laki yang lahir pada bulan Oktober hingga Februari adalah anak kidal.

Penyebabnya masih diteliti. Namun, Ibu sebaiknya tetap berpikir positif ya! Sebab anak yang cenderung kidal jarang terjadi, sehingga menambah keistimewaan anak yang lahir bulan Desember, nih.

  • Morning person

Wah, menarik banget nih Bu. Katanya, anak yang lahir bulan Desember cenderung merupakan anak yang morning person, lho! Hal ini dibuktikan sendiri oleh penelitian, yang dilakukan oleh Sleep Research Society pada tahun 2009. 

Penelitian tersebut menunjukkan, anak-anak yang lahir bulan Desember lebih suka tidur lebih awal di malam hari, agar bisa bangun lebih cepat dibandingkan orang lain yang lahir di bulan berbeda. Hal ini berkorelasi dengan penelitian tahun 1999, yang mempelajari ritme sirkadian manusia dan memiliki kesimpulan serupa dengan orang-orang di bulan Desember yang bangun pagi-pagi sekali.

  • Tangguh dan penuh pesona

Si kecil yang lahir bulan Desember, ternyata merupakan sosok pribadi yang tangguh. Ia akan tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang penuh pesona, berkharisma dan disegani oleh orang lain.

Bahkan, yang lebih mencenangkan lagi, walau keras kepala, namun ketangguhannya membuatnya cukup ditakuti oleh orang lain saat dewasa. Jadi, nggak akan ada yang berani menembus ‘benteng’ si kecil nantinya.

  • Punya kualitas tidur yang baik, jadi nggak moody

Yup! Anak yang moody dan tantrum seringkali dikaitkan karena mereka kurang tidur, atau tidak bisa tidur pulas karena satu dan lain hal. Namun, beda halnya dengan anak yang lahir bulan Desember yang mendekati puncak musim dingin.

Mereka cenderung lebih gemar tidur tepat waktu, dan bangun sepagi mungkin. Hal ini bikin kualitas tidur mereka lebih baik, sehingga nggak gampang tantrum ataupun moody.

  • Katanya, berpotensi jadi dokter gigi saat dewasa!

Hal ini tentu ada penelitian khususnya nih Bu. Menurut penelitian dari British Journal of Family Magazine yang menunjukkan fakta bahwa, kebanyakan dokter gigi di Inggris cenderung lahir di bulan Desember.

Alasan mengapa hal ini terjadi memang belum sepenuhnya dipahami, namun teori ini berkaitan dengan vitamin D. Anak-anak yang lahir pada bulan Desember memiliki dosis vitamin D yang lebih besar, terutama pada masa kehamilan di mana sang Ibu cukup mendapatkan asupan vitamin D di musim panas.