Keluarga

Less Stress! Ini 8 Tips Mudik Bersama Bayi Agar Nyaman Dan Lancar

Less Stress! Ini 8 Tips Mudik Bersama Bayi Agar Nyaman Dan Lancar

Perjalanan yang melelahkan, nggak jarang bikin Ibu jadi super khawatir buat mudik bersama bayi. Tenang, ini merupakan hal yang wajar kok, Bu.

Bahkan hal ini mungkin dirasakan oleh kebanyakan Ibu baru. Apalagi, bayi yang biasa nyaman di rumah, mungkin belum terbiasa dengan perjalanan mudik yang rata-rata lebih lama. 

Sehingga tak jarang, ia mungkin jadi lebih rewel. Bikin Ibu jadi bingung bagaimana harus menenangkan. Terlebih saat lalu lintas sedang macet.

Duh, gimana ya supaya mudik dengan bayi tetap terasa nyaman untuk bayi dan orang tua? Yuk, simak dalam ulasan berikut.

Tips mudik aman bersama bayi

1. Sounding dari jauh-jauh hari


Untuk menghindari bayi merasa tidak nyaman selama perjalanan mudik, upayakan untuk sounding sejak jauh-jauh hari. Ibu bisa mulai sounding sejak 2 minggu sebelum memulai perjalanan mudik, ya.

Eits, tidak perlu khawatir bayi yang masih kecil nggak mengerti. Bayi justru sangat pintar dan bisa memahami informasi baru yang mereka terima, lho!

Tujuan sounding ini adalah untuk menyiapkan mental dan fisik bayi ketika perjalanan jauh. Ibu bisa mengatakan:

“Adik sayang, 2 minggu lagi kita mau pulang ke rumah Nenek. Perjalanannya nanti jauh, sekitar 6 jam. Kita nanti naik mobil sama Ayah. Kalau Adik capek duduk dan tidur di mobil, nanti kita berhenti buat main-main dulu, ya. Adik nanti mau bawa apa di perjalanan?”

Kalimat ini bisa Ibu sesuaikan dengan kondisi masing-masing saat perjalanan mudik. Ceritakan juga apa yang akan bayi lihat atau alami dalam perjalanan nanti.

Termasuk hal-hal yang mungkin membuatnya kurang nyaman. Ini akan memberi bayi kesiapan sebelum benar-benar berangkat mudik nantinya. Contohnya:

“Nanti di mobil Adik akan capek. Kalau capek, nggak papa ya nanti Ibu peluk, usap-usap dan nenen. Kita juga nanti nyanyi-nyanyi dan main bareng ya.”

Lakukan ini secara rutin sehingga bayi merasa siap dan lebih sedikit rewel. Mudik bersama bayi jadi less stress deh!

2. Tentukan waktu terbaik saat berangkat


Ibu dan Ayah bisa memilih waktu keberangkatan di jam tidur bayi. Ini akan sangat membantu dengan apapun moda transportasi yang digunakan.

Melansir dari Baby Can Travel setiap keluarga punya jam keberangkatan pilihan masing-masing, seperti sebelum masuk waktu tidur siang bayi atau sebelum tidur malam. Namun, berangkat di awal hari sebelum matahari terbit juga opsi yang baik. 

Ketika bayi sudah disiapkan, disusui atau diberi makan terlebih dahulu, bayi akan tidur kembali ketika perjalanan dimulai. Bayi masih pakai baju tidur? Nggak masalah, Bu. 

Buat bayi nyaman selama mudik bersama bayi dengan tetap memakaikannya baju tidur saat berangkat. Nantinya Ibu masih punya kesempatan untuk mengganti pakaian bayi, kok.

Cara ini bisa diterapkan ketika mudik bersama bayi menggunakan apapun moda transportasinya, ya. Jadi, tips mudik bersama bayi ini jelas bisa dicoba.

3. Istirahat sejenak dari duduk panjang


Perjalanan mudik yang panjang akan melelahkan untuk semua anggota keluarga. Bila Ibu dan Ayah memilih road trip, pastikan berhenti 1-2 jam sekali untuk mengistirahatkan bayi dari duduk atau tidur lama. 

Tapi jika bayi tidur lama sekali selama perjalanan, berhentilah ketika bayi sudah bangun. Jangan lupa untuk menggunakan car seat agar bayi tetap aman dan nyaman selama perjalanan.

Bila Ibu dan Ayah menggunakan kereta atau pesawat dengan perjalanan panjang, berdirilah di lorong sesekali agar bayi merasa lebih nyaman. Ibu bisa menggunakan gendongan dengan hipseat atau gendongan biasa.

4. Bawa amunisi selama mudik bersama bayi


Mudik dengan bayi nggak afdol kalau nggak ada amunisi kesukaan bayi. Aneka camilan, mainan atau buku kesukaan bayi bisa Ibu sediakan agar bayi tidak bosan selama perjalanan.

Bila perlu, buat rencana kegiatan selama di perjalanan untuk membantu bayi merasa nyaman. Ibu juga bisa bercerita atau menyanyi bersama bayi sepanjang perjalanan mudik.

Ceritakan apa saja yang Ibu dan bayi lihat dalam perjalanan. Tentang awan yang seputih kapas, langit yang biru menenangkan, atau hijaunya pepohonan.

Help Me Grown menyebutkan bahwa, berbicara pada bayi tentang apapun di sekitarnya akan membantu mengembangkan pola komunikasi dan kemampuan bahasa bayi. Ini juga akan memengaruhi kemampuan sosial dan emosinya, lho!

5. Pastikan kebutuhan bayi ada dalam jangkauan


Sepanjang perjalanan mudik bersama bayi, Ibu disarankan untuk menyiapkan semua kebutuhan bayi dalam jangkauan. Sediakan tisu basah dan kering, perlengkapan membuat susu, popok bersih dan baju ganti.

Bila anak butuh ganti baju atau ganti popok, Ibu bisa dengan mudah menjangkau barang-barang ini. Lebih aman jika meletakkan semuanya dalam 1 tas khusus yang mudah diakses.

Cemilan dan mainan bayi juga bisa Ibu letakkan di sini, ya. Kemas secukupnya dan sekiranya akan sangat diperlukan bayi dalam perjalanan.

6. Cukupi cairan tubuh bayi


Mudik bersama bayi bukan alasan bayi mengurangi frekuensi minumnya. Perjalanan panjang membuat seseorang rentan terserang dehidrasi ringan, termasuk juga bayi.

Melansir dari Healthline, ini karena frekuensi minum saat melakukan perjalanan lebih sedikit dibandingkan saat di rumah. Bila Ibu mudik menggunakan pesawat, ketinggian juga jadi faktor yang membuat bayi dan orang dewasa merasa haus.

Untuk itu, cukupi kebutuhan minum si kecil dengan tetap menyusui, menyediakan susu formula sesuai jadwal, dan memberinya air putih jika bayi sudah lebih besar. 

7. Sediakan obat-obatan bayi


Hal esensial lainnya dalam perlengkapan mudik bersama bayi adalah, obat-obatan untuk bayi. Sediakan obat, minyak atau balsam bayi untuk menyamankan bayi selama perjalanan dan selama dikota tujuan. 

8. Tetap ikut jadwal makan/minum susu harian bayi


Stick to the rules sama seperti di rumah, akan membantu bayi cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi selama di perjalanan dan kota tujuan. Jadwal makan, camilan, menyusu, atau minum susu formula sebaiknya tidak dibedakan dengan saat tidak melakukan perjalanan.

Bawalah MPASI secukupnya untuk perjalanan mudik dengan bayi, atau pastikan membawa peralatan MPASI sendiri jika ingin membeli makanan sepanjang perjalanan. Ini bertujuan agar bayi tetap bisa makan sesuai jadwalnya.

Mudik bersama bayi bisa nyaman dan menyenangkan dengan persiapan yang tepat. Apa nih perlengkapan mudik bersama bayi yang wajib ada selama perjalanan?

Editor: Aprilia