Rekomendasi

Rekomendasi Tipe dan Merk Car Seat Terbaik yang Wajib Ibu Tahu!

Rekomendasi Tipe dan Merk Car Seat Terbaik yang Wajib Ibu Tahu!

Car seat menjadi salah satu barang yang paling sering dimiliki oleh beberapa Ayah dan Ibu yang memiliki bayi dan sering bepergian menggunakan kendaraan roda empat. Meski bukan menjadi barang yang wajib dibeli, namun penggunaan car seat untuk bayi Ibu memiliki beberapa manfaat yang bisa dipertimbangkan. Bahkan di beberapa negara tertentu, menggunakan baby car seat diatur oleh lembaga hukum karena dianggap dapat menyelamatkan nyawa bayi saat terjadi kecelakaan mobil. 

Pentingnya Menggunakan Car Seat untuk Anak


Berikut ini ada beberapa alasan mengapa baby car seat menjadi barang yang penting bila Ibu ingin bepergian menggunakan mobil dan membawa si kecil:

  1. Baby Car Seat Membuat Si Kecil Lebih Aman


    Saat bepergian menggunakan mobil, biasanya si kecil akan dipangku karena ia belum mampu duduk sendiri, oleh karena itu, menggunakan baby car seat dapat menjadi solusi supaya si kecil dapat duduk sendiri dan tetap aman. Baby car seat juga telah terbukti menyelamatkan banyak anak dari kecelakaan saat mengendarai mobil.

  2. Car Seat Membantu Si Kecil Belajar Duduk Sendiri


    Kita tahu sekali ya Bu, beberapa anak balita tidak mau duduk dikursi saat bepergian di mobil. Dengan baby car seat, si kecil akan terbantu dan terbiasa untuk duduk dikursinya sendiri. Beritahu ia bahwa sangat berbahaya bila berdiri di kursi mobil.

  3. Mengajarkan Si Kecil untuk Lebih Disiplin di dalam Mobil


    Siapa yang putra atau putrinya suka bermain menjelajahi kursi-kursi saat berada di dalam mobil? Ini cukup membahayakan karena membuat kita tidak bisa fokus memperhatikan jalan saat menyetir dan lebih sering fokus kepada anak-anak. Baby car seat dapat membantu si kecil lebih disiplin saat berada di dalam mobil karena dia harus patuh dan duduk dengan tenang di kursinya.

  4. Baby Car Seat Membuat Si Kecil Lebih Nyaman


    Kursi mobil dan sabuk pengaman yang ada di dalamnya dirancang untuk orang dewasa dan agak sedikit tidak pas bila digunakan untuk balita bahkan bayi. Memakai baby car seat cukup membantu si kecil untuk duduk lebih nyaman dan lebih pas saat menggunakan sabuk pengaman. 

  5. Car Seat membuat Si Kecil lebih Menikmati Perjalanannya


    Baby car seat dirancang memiliki tinggi yang cukup untuk si kecil melihat ke luar jendela. Ini akan membuatnya lebih menikmati perjalanan sembari berada di dalam mobil. Meski tak semua anak dapat duduk dengan tenang dengan waktu yang lama, namun tetap saja menggunakan car seat dapat membantunya menikmati perjalanan lebih baik lagi.

Tipe Car Seat yang Wajib diketahui


Tidak semua car seat memiliki ukuran yang sama ya Bu. Karena harganya terbilang tidak murah, ada baiknya Ibu memilih car seat yang dapat digunakan dengan waktu yang lama atau dengan jenis tertentu sesuai kebutuhan. Dilansir dari laman Kids Health, berikut ini ada tipe-tipe car seat sebagai bahan pertimbangan:

  • Car Seat Khusus Bayi (Infant Only Car Seat)

    Car seat jenis ini khusus untuk bayi baru lahir hingga ia mencapai umur tertentu dengan kapasitas berat maksimal 9 – 16 kg saja. Untuk di atas berat maksimal yang disarankan, car seat ini tidak dapat digunakan karena biasanya sudah terlalu kekecilan untuk anak Ibu. Karena untuk bayi, car seat jenis ini dirancang sangat aman untuk melindungi bayi Ibu ditambah dengan bantalan yang lebih empuk. Cara pemasangan infant car seat berbeda dengan baby car seat pada umumnya, ia harus terpasang menghadap belakang karena kemungkinan meninggal saat terjadi kecelakaan lebih kecil.

    American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan agar bayi atau balita tetap menggunakan car seat dengan posisi menghadap belakang hingga mereka mencapai batas berat dan tinggi tertinggi yang disarankan oleh pembuat car seat (setiap merk produsen pembuat car seat biasanya sudah mempertimbangkan batas aman di setiap car seat yang diperjual-belikan). Pakar keamanan pembuat kursi mobil bayi juga telah melakukan berbagai pengujian untuk keamanan setiap bayi atau balita sesuai dengan ukuran tubuh anak, bukan usia. Karena bisa jadi anak usia 3 atau 4 tahun tetap harus menggunakan kursi mobil bayi dengan posisi menghadap belakang. 

    Infant baby car seat dirancang senyaman mungkin dan memiliki banyak fitur unggulan seperti dapat diangkat dan dibawa ke mana saja dengan mudah, dapat digunakan sebagai kursi untuk si kecil, dan dan juga dapat digunakan sebagai kursi goyang bila tidak digunakan di dalam mobil. Namun kursi mobil bayi jenis ini biasanya tidak dapat digunakan bila bayi Ibu sudah beranjak besar dan melewati ukuran yang ditetapkan. Selain itu, jangan terlalu lama membiarkan si kecil berada di kursi mobil bayi karena akan membuat gerakannya terbatas sehingga menghambat perkembangan sensorik dan motoriknya.

  • Convertible Kids Car Seat

    Car seat yang satu ini dapat digunakan sejak kecil hingga berat mencapai 18 kg untuk posisi menghadap ke belakang dan dapat mencapai 36 kg untuk posisi hadap depan tergantung merk dan modelnya. Kursi mobil bayi tipe convertible ini dapat digunakan dengan posisi depan atau belakang tergantung dengan usia dan ukuran anak Ibu. Jenis convertible car seat ini memiliki beberapa ciri khas seperti:

    • Cukup berat dan tidak portable (mudah dibawa kemana-mana seperti Infant Car Seat);

    • Tidak dapat digunakan diluar mobil (khusus untuk perjalanan menggunakan mobil saja);

    • Lebih ekonomis karena dapat digunakan dari kecil hingga dewasa (maksimal 36 kg);

    • Cocok digunakan bila bayi Ibu memiliki postur yang besar dan dirasa tidak cocok (sudah terlalu kebesaran) saat menggunakan Infant Car Seat; dan

    • Beberapa convertible car seat punya aksesoris seperti baki atau meja kecil yang terpasang di depannya, sebaiknya model ini dihindari atau Ibu bisa melepas baki tersebut supaya tidak membahayakan saat melakukan perjalanan.


  • Booster Seat Safety – Car Seat

    Booster Car Seat memiliki kegunaan yang sama dengan Infant Only Car Seat dan Convertible Kids Car Seat, yaitu membuat si kecil lebih aman ketika berada di dalam mobil. Yang membedakan hanyalah tentang sabuk pengaman yang digunakan oleh Booster Seat cenderung mirip dengan sabuk pengaman biasa seperti yang ada pada setiap mobil dengan dilengkapi panel keamanan ekstra saat booster seat ini terpasang di kursi mobil, sedangkan infant car seat dan convertible car seat menggunakan lima titik pengaman sebagai sabuknya. Booster seat sendiri tidak dapat digunakan untuk bayi dan balita karena ukuran kursi yang cukup besar dan didesain untuk anak dengan ukuran badan yang lebih besar juga.

Rekomendasi Merk Baby Car Seat yang Aman untuk Anak


Sedang berencana membeli car seat untuk si kecil? Ibupedia punya rekomendasi merk car seat yang aman dan nyaman digunakan untuk buah hati Ibu, dikutip melalui laman Motherly:

  1. Chicco Keyfit Infant Car Seat And Base

    Baby car seat merk Chicco ini dapat digunakan dari bayi dengan berat 2 kg hingga 14 kg. Bentuknya yang cukup simple dan terlihat nyaman untuk bayi Ibu ini juga dilengkapi dengan dudukan tambahan untuk bayi dengan ukuran yang lebih kecil. Pemasangan car seat Chicco ini terbilang cukup mudah dan pastikan Ibu mendengar bunyi klik saat pemasangan supaya car seat dapat digunakan dengan aman. Desain car seat Chicco ini dapat dibawa ke mana saja dengan pegangan yang nyaman. Harga baby car seat ini sekitar 2,8 juta rupiah.

    Dapatkan Chicco Keyfit Infant Car Seat And Base di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia 
    - Lazada 
    Blibli 

  2. Nuna Pipa Car Seat + Base

    Nuna Pipa Car Seat telah mendapatkan penghargaan pada tahun 2019 dan diklaim menjadi car seat yang tahan terhadap benturan di jalan. Car seat Nuna dirancang memiliki alas dan dasar yang dapat disesuaikan dan terbuat dari bahan yang kokoh untuk melindungi si kecil dari benturan. Bahan baby car seat Nuna juga terbuat dari bahan yang bebas kimia sehingga aman digunakan untuk buah hati Ibu. Berat car seat juga hanya 3,6 kg sehingga cukup ringan saat dijinjing ke mana saja. Harga car seat Nuna ini kisaran 4 jutaan. Meski terbilang mahal, namun dengan bahan yang nyaman dan aman untuk si kecil rasanya masih masuk akal kan, Bu?

    Dapatkan Nuna Pipa Car Seat + Base di e-commerce berikut ini:
    - Blibli 

  3. Combi Coccoro Convertible Car Seat

    Jika Ibu dan Ayah tidak menyukai bentuk car seat yang terlalu besar dan makan tempat banyak, maka merk Combi Coccoro ini bisa menjadi pilihan tepat. Berat car seat mencapai 7 kg, namun lebarnya hanya sekitar 40 cm saja dan sangat pas bila diletakkan di kursi mobil bagian belakang yang cukup untuk 3 orang. Car seat ini dapat digunakan hingga berat si kecil mencapai 19 kg dengan syarat bila anak Ibu masih memiliki berat 1,3 kg – 15 kg harus diposisikan menghadap belakang. Coccoro baby car seat memiliki indikator tali pengaman berwarna sejumlah lima titik dan dipastikan akan membuat si kecil aman saat duduk di car seat ini. Selain itu, baby car seat ini dirancang memiliki benturan samping dengan dinding dalam dan lapisan busa yang membantu menjauhkan si kecil dari benturan apapun. Harga baby car seat Coccoro sekitar 4 jutaan.

    Dapatkan Combi Coccoro Convertible Car Seat di e-commerce berikut ini:
    - Tokopedia
    Blibli 

  4. Graco Snugride Snuglock 35 Infant Car Seat

    Baby car seat Graco diklaim memiliki apa saja yang dibutuhkan Ibu dan juga buah hati tercinta seperti kenyamanan, kemudahan dalam pemasangan, dan juga keamanan yang cukup baik. Car seat Graco dapat digunakan untuk si kecil dengan berat badan mulai dari 1,8 kg hingga 16 kg dan cukup bagus bila digunakan untuk bayi prematur atau bayi yang memiliki postur tubuh mungil. Terdapat empat posisi sandaran yang dapat disesuaikan dan saat pemasangannya dapat dilakukan dengan tiga langkah mudah. Yang paling diunggulkan dari baby car seat Graco seri ini adalah teknologi Snuglock yang dapat membantu bayi Ibu terlindung dari benturan luar saat menghadap ke belakang. Kisaran harga baby car seat ini terbilang terjangkau dengan segala keunggulan yang ditawarkan, yaitu mencapai 2,1 juta rupiah.

  5. Graco 4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat

    Convertible car seat yang satu ini dirancang supaya dapat digunakan hingga si kecil besar dengan maksimal berat 54 kg. Car seat ini memiliki 4 desain dan dapat digunakan dengan 6 posisi serta dilengkapi dengan sandaran kepala dan tempat air minum di kedua sisinya. Bila Ibu mencari car seat yang dapat digunakan hingga ia dewasa, maka merk dan jenis ini terbilang tepat. Harga car seat ini dapat mencapai 2,8 juta rupiah.

    Dapatkan Graco4Ever 4-in-1 Convertible Car Seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    Blibli 

  6. Evenflo Triumph LX Convertible Car Seat

    Car seat Evenflo dapat digunakan untuk menghadap depan dan juga menghadap belakang serta dilengkapi sabuk pegaman lima titik yang dapat disesuikan dengan ukuran si kecil. bentu kursi mobil bayi merk ini sangat elegant dengan perpaduan warna yang bagus. Car seat ini dapat digunakan oleh si kecil dengan berat maksimum 29 kg. Harga baby car seat yang satu ini lebih terjangkau yaitu sekitar 1,6 jutaan saja.

  7. Safety 1st Grow and Go Spring 3-in-1 Convertible Car Seat

    Car seat yang dirancang dapat digunakan dari bayi hingga si kecil besar ini ternyata memiliki keunggulan mudah dibersihkan dan dicopot pada bagian bantalan kursinya. Selain itu ada tambahan desain tempat air minum di kedua sisinya yang pasti akan memudahkan si kecil untuk menaruh botol minum favoritnya. Kisaran harga car seat ini adalah 1,8 juta rupiah.

  8. Doona Infant Car Seat & Latch Base

    Mau cari car seat dengan fungsi ganda dan anti ribet? Doona Infant Car Seat ini cocok sekali Bu! Selain menjadi car seat, kursi ini dapat beralih fungsi menjadi stroller yang mudah didorong. Barang bawaan Ibu akan lebih hemat bila memilih car seat dengan jenis ini, apalagi bila Ibu habis melakukan operasi caesar dan belum diperbolehkan mengangkat beban berat, car seat ini pilihan yang jitu. Car seat Doona dapat digunakan untuk si kecil dengan berat 1,8 kg hingga 16 kg dan harga baby car seat ini dapat mencapai 7 juta rupiah.

    Dapatkan Doona Infant Car Seat di e-commerce berikut ini:
    - Shopee 
    - Tokopedia

Penulis: Novia Luciana
Editor: Dwi Ratih