Keluarga

Menyimpan Rahasia dari Pasangan, Benih dari Pengkhianatan

Menyimpan Rahasia dari Pasangan, Benih dari Pengkhianatan

Bolehkah menyimpan rahasia dari pasangan?

Adalah wajar bagi manusia untuk memiliki rahasia yang tidak ingin diketahui orang lain. Beberapa rahasia tergolong remeh seperti perihal kebiasaan yang memalukan.

Menyimpan beberapa rahasia dari pasangan adalah wajar menurut beberapa ahli hubungan. Namun berhati-hatilah, jangan sampai rahasia yang kamu simpan dari pasangan dapat membahayakan pernikahan.

Seperti yang dilansir dari Martha Stewart, untuk memahami apa pengaruh menyimpan rahasia dari pasangan terhadap hubungan, yang pertama dilakukan adalah mempertimbangkan kenapa kita tidak ingin memberitahu rahasia tersebut. 

“Orang yang menyimpan rahasia memiliki motif yang sama seperti mereka berbohong. Mereka berpikir bahwa kenyataan yang ada tidak akan diterima,” Ujar Claudia Six, Ph.D yang merupakan pakar sex serta pengarang buku Erotic Integrity

Menyimpan rahasia dari pasangan bisa saja merupakan kebohongan dan kelalaian. Orang merasa takut ditolak, disalahkan, atau bahkan dipermalukan. Itulah alasan kenapa mereka menyimpan rahasia dari pasangan. Saat kita tidak merasa nyaman terhadap sesuatu, biasanya kita tidak ingin orang lain tahu.

Menyimpan rahasia dari pasangan dan hak menjaga privasi

menyimpan-rahasia-dari-pasangan-benih-dari-pengkhianatan-1

Sebagai insan manusia, sebenarnya sah-sah saja untuk tidak berbagi segala hal dengan pasangan, termasuk menyimpan rahasia dari pasangan. Beberapa hal yang harus diingat dalam sebuah hubungan:

  • Kamu memiliki hak untuk menjaga privasi dalam berbagai hubungan, termasuk pada pasangan dan keluarga;
  • Dalam hubungan, kamu memiliki hak untuk menyimpan rahasia dari pasangan untuk menjaga beberapa hal dalam hidup untuk tidak diketahui oleh pasangan. Namun, alasan menyimpan rahasia dari pasangan ini harus jelas dan buka tipe rahasia yang berbahaya dalam sebuah hubungan; dan
  • Kamu memiliki hak untuk menghabiskan waktu untuk dirimu sendiri.

Menyimpan rahasia dapat berdampak buruk pada mental dan fisik

menyimpan-rahasia-dari-pasangan-benih-dari-pengkhianatan-2

Memiliki rahasia dalam sebuah hubungan adalah hal yang wajar. Namun, ternyata menyimpan rahasia dapat berdampak buruk pada mental dan fisik menurut penelitian yang dilansir oleh Fatherly

“Rahasia dapat menjadi masalah karena pikiran kita akan selalu berkutat pada rahasia yang kita simpan sehingga mempengaruhi kesejahteraan kita,” ujar Michael Slepian, Ph.D.

Efek menyimpan rahasia dari pasangan lainnya adalah membuat kamu menjadi tidak dapat dipercaya dalam menyimpan rahasia pasangan kamu yang pada nantinya akan berdampak pada rusaknya sebuah hubungan. 

Rahasia penting yang kurang bahagia juga memiliki efek negatif terhadap kesehatan dan menyebabkan perasaan malu dan berdosa lebih besar ketimbang memberi tahu rahasia tersebut kepada pasangan. 

Kenapa harus menyimpan rahasia? Padahal memberi tahu rahasia dapat membuat orang tersebut tidak selalu terfokus pada rahasia tersebut dan membuat rasa lega dan meningkatkan percaya diri dari si pemilik rahasia menurut studi yang dilakukan oleh University of Santa Barbara. 

Tapi ini hanya berlaku jika pasangan memberikan respon positif juga.

Jangan simpan rahasia ini terhadap pasangan

menyimpan-rahasia-dari-pasangan-benih-dari-pengkhianatan-3

Jika kamu memiliki rahasia yang seharusnya kamu beritahu pasangan tapi tidak yakin untuk melakukannya, lihat reaksi diri kamu saat menyimpan rahasia dari pasangan. 

Jika tekanan darahmu meningkat, kamu berkedip lebih cepat, napasmu menjadi lebih berat, atau lebih sering menghela napas, bisa jadi ini adalah tipe rahasia yang harus kamu ceritakan kepada pasangan.

Menyimpan rahasia karena kamu tidak ingin menghadapi konsekuensinya akan berdampak pada masalah yang akan timbul dalam hubunganmu. Menyimpan rahasia dari pasangan yang menyebabkan pasangan sulit dalam membuat keputusan adalah bentuk dari manipulasi berbahaya.

Jenis rahasia yang dapat membahayakan pernikahan seperti yang dilansir dari Very Well Mind meliputi:

  • Berselingkuh;
  • Masalah pekerjaan;
  • Menyembunyikan ketergantungan terhadap sesuatu;
  • Masalah hukum;
  • Perkara utang-piutang;
  • Berbohong soal bagaimana menghabiskan uang;
  • Tidak membayar tagihan;
  • Tidak memberi tahu tentang penyakit yang diderita; dan
  • Bertemu keluarga atau teman secara sembunyi-sembunyi.

Waktu yang buruk untuk berbagi rahasia

Kamu harus mengetahui kapan waktu yang tepat saat ingin memberitahu rahasia kepada pasangan. Waktu-waktu dibawah ini tidak cocok dijadikan waktu membicarakan hal penting termasuk rahasia.

  • Saat waktu tidur;
  • Saat perasaan hati kacau;
  • Saat dalam keadaan mabuk;
  • Saat salah satu atau keduanya dalam keadaan stres;
  • Saat salah satu atau keduanya dalam keadaan lelah atau sakit;
  • Saat kamu atau pasanganmu marah; dan
  • Saat pasangan baru saja menerima berita buruk.

Kejujuran dan kepercayaan adalah hal vital dalam kesuksesan pernikahan. Kamu harus mengetahui mana rahasia yang dapat diterima dan mana jenis rahasia yang akan merusak hubungan. 

Jika kamu menyimpan rahasia dari pasangan dan kemudian diketahui, pasangan kamu akan merasa terkhianati. Perasan terkhianati ini akan berkembang menjadi permasalahan untuk dapat saling percaya satu sama lain dalam suatu hubungan.

5 alasan kenapa menyimpan rahasia dapat merusak hubunganmu

menyimpan-rahasia-dari-pasangan-benih-dari-pengkhianatan-4

Ada beberapa rahasia yang dapat merusak hubungan jika disimpan sendiri dan tidak dikomunikasikan kepada pasangan.

  1. Menyimpan rahasia adalah ketidakjujuran. Kejujuran adalah segalanya. Ada beberapa kode moral yang menyatakan bahwa menyimpan rahasia sama dengan berbohong.
  2. Menyimpan rahasia besar dalam hubungan adalah bentuk kebohongan. Semakin lama waktu berlalu, semakin sulit menceritakan rahasia tersebut
  3. Berbohong adalah sumber dari ketidakpercayaan. Sekali seseorang berbohong, maka akan sulit mengembalikan kepercayaan
  4. Menyimpan rahasia dari pasangan adalah benih dari pengkhianatan.
  5. Hubungan dapat rusak akibat kebohongan. Pasangan akan semakin berjarak dan akan lebih sulit untuk saling terhubung secara emosional

Menyimpan rahasia dari pasangan adalah hal yang wajar, tapi pertimbangkan ya mana rahasia yang bisa disimpan dan mana yang tidak boleh.

Editor: Dwi Ratih