Keluarga

Nggak Cuma Mengakui Kesalahan, Ini 8 Tanda Suami Menyesal Telah Selingkuh!

Nggak Cuma Mengakui Kesalahan, Ini 8 Tanda Suami Menyesal Telah Selingkuh!

Perselingkuhan adalah hal yang rentan terjadi pada setiap hubungan yang tidak kokoh dan penuh konflik. Faktanya, hampir sekitar 40% pasangan yang telah menikah terkena masalah perselingkuhan dan dilakukan oleh wanita maupun pria.

Sebagian besar perselingkuhan terjadi, akibat adanya rasa frustrasi pada hubungan pernikahan tersebut. Melansir dari laman Very Well Mind, sebuah penelitian dilakukan terhadap 495 orang yang telah menikah. Tujuannya untuk mengungkapkan alasan seseorang selingkuh dari pasangannya.

Dari data tersebut disimpulkan bahwa, selain merasa marah atau frustrasi dengan pasangannya, seseorang selingkuh dikarenakan merasa memiliki harga diri yang rendah, tak ada lagi hasrat seksual, hingga rendahnya komitmen yang dibangun. Benarkah perselingkuhan hanya selingan semata?

Apa benar tanda suami menyesal telah selingkuh nyata adanya? Yuk mari kita ulas bersama.

Motivasi perselingkuhan dari sisi suami maupun istri menurut penelitian


Masih melansir melalui laman Very Well Mind data menunjukkan, persentase perselingkuhan sebagian besar dilakukan oleh suami, dan mereka seringnya mencari pelampiasan untuk nafsu seksual atau perhatian. Umumnya, pria mengekspresikan cinta mereka dengan hubungan fisik yang menyenangkan atau memuaskan.

Seks merupakan sesuatu yang penting dalam diri pria, jika suami merasa tidak puas dengan hubungan seksualnya. Karenanya, hal utama yang bikin suami selingkuh alasannya tak lain akibat masalah di ranjang.

Meskipun begitu, masih ada tanda suami menyesal telah selingkuh dari istrinya. Walaupun menurut Ibumin, hal ini sangat jarang terjadi. Namun, bukan berarti seseorang nggak bisa berubah dan menyesali perbuatannya, bukan?

Sementara itu, bagi wanita yang berselingkuh, umumnya ia merasa kosong secara emosional, merasa tidak lagi terkoneksi dengan pasangan, atau merasa sudah tak lagi dihargai oleh pasangannya. Tapi, tak menutup kemungkinan juga beberapa wanita merasa tidak puas juga dengan hubungan seksualnya.

Dalam sebuah penelitian terhadap suami maupun istri yang secara aktif terlibat perselingkuhan, mereka mengungkapkan bahwa, harapan terhadap kondisi hubungan seksual yang memuaskan dapat meningkat. Terlebih jika mereka merasa tidak puas atau cenderung tak memiliki lagi hasrat terhadap pasangannya.

Tanda suami menyesal telah selingkuh


Ibumin paham betul, perselingkuhan memang membuat kondisi psikologis wanita terganggu dan merasa tertekan. Meski ini menyakitkan, namun tanda suami menyesal telah selingkuh tetap masih ada. Berikut ini beberapa tanda yang dapat terlihat bila hal buruk itu terjadi:

1. Suami mau mengakui kesalahannya dan menyesal

Melansir dari laman Bonobology, tanda suami menyesal telah selingkuh adalah ia mau mengakui bahwa ia telah berkencan dengan wanita lain, meski sedang terikat hubungan pernikahan yang masih baik dengan Ibu. Tidaklah mudah bagi seorang laki-laki untuk mengakui, bahwa ia punya hubungan lain di luar komitmen pernikahan.

Terdengar klise dan amat menyebalkan ya, Bu? Tapi faktanya, tindakan ini adalah langkah besar dan sebuah tanda suami menyesal telah selingkuh dari Ibu. Tak mengapa bila diri Ibu merasa tidak percaya dengan ucapannya, ini adalah hal yang wajar.

2. Suami akan berusaha keras menuruti keinginan Ibu

Pada posisi Ibu diselingkuhi suami, Ibu punya kendali yang amat besar karena jika benar-benar menyesal, suami akan berusaha keras untuk mendapatkan kembali kepercayaan Ibu. Ini merupakan salah satu tanda suami menyesal telah selingkuh.

Orang yang bertaubat dan menyesal atas apa yang telah ia lakukan sebelumnya, akan berusaha memenuhi kebutuhan atau menebus kesalahannya. Suami telah merasa kehilangan, oleh karenanya ia akan berusaha keras untuk membuat Ibu tidak mengambil keputusan pisah sebagai konsekuensi terburuk.

3. Suami berusaha mengakhiri hubungan perselingkuhannya


Tanda suami menyesal telah selingkuh biasanya dimulai, dengan ia secara tegas mengakhiri hubungan perselingkuhannya dan kembali pada komitmen pernikahannya dengan Ibu. Hal ini dapat terlihat dari tindakan nyatanya, bukan hanya kata-kata semata.

Di Indonesia, beberapa kasus perselingkuhan yang masih bisa termaafkan oleh istri disertai dengan surat perjanjian di atas materai, dengan disaksikan oleh pihak keluarga hingga orang hukum untuk membuat efek jera pada suami. Hal ini dimaksudkan, agar suami tak lagi menyepelekan keberadaan istri dan mudah untuk berselingkuh kembali.

4. Suami bersedia untuk konsultasi dengan ahlinya

Di dunia ini, ada lembaga khusus yang berperan sebagai jembatan bagi pasangan suami istri yang memiliki hubungan rentan, yaitu konselor pernikahan. Jika suami bersedia untuk melakukan sesi konseling dengan konselor pernikahan bersama Ibu, maka ini bisa menjadi tada suami menyesal telah selingkuh dan ingin memperbaiki kehidupan rumah tangganya.

5. Suami akan lebih terbuka dan tampak tulus

Jika sebelumnya sikap suami sangat misterius karena ia sedang menutupi kesalahannya, maka berbeda dengan tanda suami menyesal telah selingkuh. Biasanya suami akan lebih terbuka dan tampak tulus kepada Ibu.

Semua hal bisa berubah, tak hanya menutupi perselingkuhan saja, namun penyesalan karena telah melakukan hal tersebut. Misalnya, tak ada lagi kata sandi pada telepon genggamnya, pulang tepat waktu, hingga selalu mengabari saat pergi kemana saja.

6. Suami mulai melibatkan istri pada setiap rencananya


Lazimnya, pasangan suami istri harus saling terlibat dalam setiap kegiatan yang ada. Bukan berarti mengekang, minimal istri tahu agenda apa yang suami lakukan setiap hari. 

Tanda suami menyesal telah selingkuh, bisa juga diketahui saat ia mulai memasukkan Ibu pada setiap sesi kehidupannya, misalnya acara kantor, bertemu kolega, atau acara-acara penting lainnya.

7. Suami sering menyalahkan diri sendiri

Bagi pria yang belum pernah selingkuh, biasanya perselingkuhan akan membuat hatinya tidak tenang dan pikirannya kacau. Melansir dari laman Marriage, tanda suami menyesal telah selingkuh meski belum mengutarakannya kepada Ibu adalah, ia terus menerus dihantui perasaan bersalah hingga ia membenci dirinya sendiri.

8. Mencoba memanipulasi keadaan

Tak semua tanda suami menyesal telah selingkuh baik untuk Ibu, ada juga kondisi yang membuat Ibu seperti terpojokkan dan seringnya dilakukan oleh pria yang salah namun tak ingin disalahkan.

Suami seperti ini umumnya akan mencoba memanipulasi atau membingungkan Ibu, agar tidak mengulik secara tuntas kesalahan yang pernah ia perbuat. Bahkan, bisa jadi ia menyudutkan Ibu dan membuat seolah-olah perselingkuhan yang ia lakukan akibat kesalahan Ibu karena tak bisa menjadi istri yang baik.

Walau ini merupakan tanda suami menyesal telah selingkuh, namun sikap ini jelas tidak baik buat hubungan pernikahan Ibu ke depannya. Cobalah untuk lebih terbuka dan mengkomunikasikan hal yang membuat hati Ibu terasa sakit.

Editor: Aprilia