Keluarga

5 Makanan Dan Minuman Pelancar Haid Alami Ini, Wajib Dicoba!

5 Makanan Dan Minuman Pelancar Haid Alami Ini, Wajib Dicoba!

Siklus menstruasi tiap wanita memang berbeda-beda. Ada yang haidnya lancar dan rutin setiap bulan, tapi ada pula yang tidak. Biasanya siklus menstruasi yang tidak teratur ini juga sering dialami wanita pasca melahirkan.

Apakah Ibu jadi salah satu yang sering mengalami siklus haid tidak lancar tiap bulannya? Selain berkonsultasi ke dokter, salah satu ikhtiar yang mungkin juga bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi aneka minuman pelancar haid alami. 

Minuman pelancar haid alami ini, terbukti cukup ampuh dalam mengatasi siklus haid yang tidak lancar, lho! Cara membuatnya juga mudah, bahkan bahan-bahannya sangat mudah ditemukan di pasaran. Yuk, intip gimana cara membuat minuman pelancar haid yang telat berikut ini.

Kenapa siklus haid tidak lancar?


Normalnya, tiap wanita akan mengalami periode menstruasi yang berlangsung selama 4-7 hari. Menstruasi tersebut juga akan terjadi setiap 28 hari, namun siklus yang normal biasanya berlangsung antara 21-35 hari.

Tapi yang terjadi, kebanyakan wanita justru mengalami siklus 29 hari. Ada banyak hal yang menyebabkan siklus haid tidak teratur, kalau mengutip dari Cleveland Clinic beberapa penyebab yang dicurigai adalah:

  • Perubahan hormon
  • Stres
  • Kondisi medis tertentu yang berkaitan dengan organ reproduksi; endometriosis, PCOS, kanker dan lainnya
  • Tanda menopause dini
  • Gaya hidup; konsumsi makanan berpengawet, tidak menjaga asupan makanan, obesitas/terlalu kurus, kurang olahraga dan lainnya
  • Masih aktif memberikan ASI Eksklusif
  • Mengonsumsi pil KB.

Adakah makanan dan minuman pelancar haid khusus yang dapat dikonsumsi?


Setelah berkonsultasi ke dokter, dan dinyatakan tidak memiliki masalah kesehatan tertentu, namun siklus haid masih tidak lancar, baiknya harus bagaimana ya? Tenang, Ibu bisa banget nih memanfaatkan aneka makanan dan minuman pelancar haid, yang terbukti cukup aman dikonsumsi.

Bahan-bahannya juga mudah ditemukan di pasaran, tapi pastikan sebelum mengonsumsi ya Ibu tidak memiliki riwayat alergi terhadap bahan-bahan tersebut ya! Berikut Ibumin spill, aneka makanan dan minuman pelancar haid yang bisa bantu melancarkan haid alami.

1. Makanan dan minuman yang tinggi vitamin D

Berdasarkan penelitian tahun 2015 mengungkapkan bahwa, wanita yang memiliki kadar vitamin D yang rendah di dalam tubuhnya, memiliki risiko lebih tinggi mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Vitamin D sangat penting perannya dalam mengatur siklus menstruasi tiap bulan, juga mencegah wanita mengalami PCOS.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin D yang dapat dimanfaatkan sebagai pelancar haid alami diantaranya adalah: 

  • Aneka ikan laut
  • Daging merah
  • Produk olahan susu
  • Telur
  • Minyak hati ikan kod.

Selain sumber makanan yang kaya akan vitamin D tersebut, pasaran sinar matahari di pagi hari juga tinggi akan kandungan vitamin D. Jadi, usahakan untuk menyerap manfaat tersebut dengan diimbangi aneka makanan pelancar haid alami di atas ya, Bu.

2. Buah nanas


Dahulu, buah nanas dikenal sebagai buah yang berbahaya bagi Ibu hamil karena dianggap bisa menjadi penyebab keguguran. Faktanya, buah nanas justru punya manfaat yang cukup penting sebagai makanan pelancar haid alami, lho!

Mengutip dari laman Healthline menurut beberapa penelitian belakangan, nanas justru jadi buah andalan tiap wanita untuk membantu mengatasi masalah menstruasi tiap bulannya. Nanas mengandung, enzim bromelain yang diklaim dapat membantu melembutkan lapisan Rahim yang mengatur jalannya menstruasi.

Enzim ini bersifat anti-inflamasi dan pereda nyeri yang efektif dalam mengurangi kemungkinan kram yang merupakan salah satu gejala PMS. Nanas bisa dikonsumsi sebagai buah potongan, atau dijadikan minuman segar layaknya jus atau infused water.

3. Apple cider vinegar (sari cuka apel)


Sari cuka apel murni, juga terbukti dapat dimanfaatkan menjadi minuman pelancar haid alami. Dikutip dari Medical News Today terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa sari cuka apel bisa membantu mengatur ovulasi pada penderita PCOS. 

Meski begitu, hingga saat ini penelitian tersebut masih terus berlanjut, agar bisa mendapatkan kesimpulan yang tepat. Tapi, kalau Ibu ingin mencoba mengonsumsinya, cara membuat minuman pelancar haid dari sari cuka apel sebenarnya juga cukup mudah.

Cara ya, cukup dengan mencampur 1 sendok makan sari cuka apel bersama dengan segelas air putih. Kemudian minum ramuan ini secara rutin tiap pagi hari, saat perut masih kosong.

4. Kunyit dan jahe


Duo bumbu dapur, yang termasuk dalam golongan umbi-umbian ini, sejak dahulu kalau sudah dipercaya menjadi minuman pelancar haid alami yang cukup efektif. Kunyit sendiri mengandung senyawa kurkumin yang merupakan pewarna alami, yang bersifat anti-inflamasi dan punya fungsi yang mirip dengan hormon estrogen yang efektif melancarkan menstruasi.

Bahkan, nggak hanya itu senyawa kuning di dalam kunyit ini juga bisa membantu memperbaiki suasana hati jelang PMS, lho! Cara membuat minuman pelancar haid alami dari kunyit cukup mudah.

Siapkan 2-3 iris potongan kunyit, rendam dalam segelas air hangat selama 10 menit hingga warna kuningnya muncul. Kemudian minum secara langsung, kalau suka bisa ditambahkan dengan 1 sendok madu.

Sama seperti kunyit, jahe juga menjadi tanaman herbal yang dapat mengurangi masalah menstruasi termasuk menstruasi tidak lancar. Cara membuat minuman pelancar haid alami dari jahe kurang lebih juga sama seperti membuat ramuan kunyit, yang Ibumin jelaskan sebelumnya. Hanya saja, jahe mungkin lebih fleksibel dicampur dengan aneka minuman lain seperti teh, kopi atau susu. 

5. Kayu manis


Kayu manis juga dipercaya menjadi salah satu rempah alami yang, berfungsi sebagai pelancar haid alami. Mengutip dari laman Tua Saude kayu manis terbukti efektif dalam meredakan gejala PMS berupa kram.

Rempah kayu manis juga bisa membantu melancarkan aliran darah haid. Namun, konsumsi kayu manis sebaiknya perlu dibatasi, terutama kayu manis yang sudah berbentuk minyak atsiri.

Karena dikhawatirkan justru bisa merangsang kontraksi rahim, yang menjadi penyebab utama keguguran pada wanita hamil. Jadi, pastikan sebelum mengonsumsi kayu manis, menstruasi tidak lancar yang Ibu alami bukan merupakan tanda kehamilan, ya!

Ubah lifestyle, nggak kalah penting!


Walaupun sudah mengonsumsi aneka makanan dan minuman pelancar haid di atas, tapi tidak didukung dengan lifestyle yang baik, maka semuanya akan percuma y, Bu. Saran Ibumin, pastikan semua hal tersebut juga tetap berjalan berdampingan.

Artinya, sangat penting untuk mengubah gaya hidup lebih sehat setiap harinya dengan mengonsumsi makanan sehat, menghindari makanan dengan pengawet tinggi, tetap bergerak dan berolahraga ringan tiap hari, serta menjaga berat badan tetap stabil. Kalau semua ini sudah berjalan beriringan, otomatis Ibu bisa terhindar dari stres yang juga jadi salah satu penyebab utama siklus haid tidak lancar.

Dengan siklus haid yang lancar tiap bulannya, otomatis aliran darah dalam tubuh kita juga jadi lebih lancar. Sehingga, Ibu tubuh menjadi lebih sehat. Ibu punya ramuan andalan lain sebagai rahasia pelancar haid alami? Coba spill ke Ibumin, yuk!