Keluarga

Pentingnya Pakai Sunscreen, Nggak Cuma Lindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UV!

Pentingnya Pakai Sunscreen, Nggak Cuma Lindungi Kulit Dari Bahaya Sinar UV!

Kita tahu bahwa paparan sinar Ultra Violet atau UV punya banyak dampak yang sangat berbahaya bagi kulit. Salah satunya adalah bisa menyebabkan kanker.

Bahkan sengatan matahari tersebut tak jarang bisa membuat kulit rentan terbakar (sunburn) hingga tampak kemerahan, kulit terkelupas dan sangat tidak nyaman. Untuk itu, diperlukan proteksi khusus untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Misalnya saja dengan menggunakan sunscreen. Pentingnya pakai sunscreen jelas tidak perlu diragukan lagi manfaatnya, sebab sunscreen dikenal sebagai produk perawatan kulit berbentuk lotion, spray, gel, foam, atau stick yang dapat digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UV.

Selain bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV, ternyata pentingnya memakai sunscreen juga bermanfaat untuk mencegah kulit mengalami penuaan dini, lho! Yuk, kita simak ada saja manfaat pakai sunscreen lainnya yang perlu Ibu ketahui dalam ulasan berikut.

Pentingnya pakai sunscreen untuk kulit

Meski tampak merupakan kegiatan yang sepele, namun pentingnya pakai sunscreen setiap hari punya manfaat yang nggak main-main, lho! Kita tahu bahwa kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang paling disegani oleh semua orang.

Nah, rutin menggunakan sunscreen setiap hari ternyata bisa melindungi kulit dari sengatan matahari yang berakibat kanker kulit. Melansir John Hopkins Medicine menurut Dr. Anna Lien-Lun Chien, M.D hal ini karena sunscreen mengandung SPF tinggi yang bermanfaat untuk memproteksi kulit.

SPF atau Sun Protection Factor merupakan sebuah zat yang memiliki fungsi sebagai tabir surya untuk menangkal paparan sinar UV penyebab radikal bebas dan penyakit kanker. Nah, sinar UVA dan UVB merupakan salah satu yang bisa menyebabkan masalah tersebut.

Namun, beberapa manfaat pakai sunscreen lainnya yang perlu kita ketahui antara lain adalah:

1. Mencegah sunburn

Sunburn adalah kondisi ketika kulit terbakar oleh sinar matahari. Efeknya membuat kulit terasa sangat panas seperti terbakar dan menyebabkan kulit menjadi merah, rasa gatal, terkelupas hingga terasa perih.

Sunburn bisa terjadi ketika kita berada di luar ruangan seharian dengan cuaca yang panas. Sunburn tak jarang sangat mengganggu kenyamanan hingga mengurangi rasa kepercayaan diri, akibat tampilan kulit yang tidak normal.

Karenanya, melansir WebMD inilah pentingnya pakai sunscreen yang dapat memproteksi kulit. Setidaknya gunakan sunscreen dengan SPF 30 saat hendak melakukan kegiatan di luar rumah. Jangan lupa gunakan sunscreen setidaknya 30 menit sebelum berkegiatan.

2. Sunscreen untuk mencegah penuaan dini

Penuaan dini adalah salah satu hal yang cukup ditakuti oleh banyak orang di dunia. Sebab, ketika kita mengalami penuaan dini maka akan ada banyak sekali masalah di kulit yang mungkin saja menghampiri, misalnya saja seperti kanker kulit.

Apalagi paparan UVA yang terlalu lama juga bisa menimbulkan garis halus alias kerutan di beberapa titik di wajah. Pentingnya pakai sunscreen setiap hari dapat mencegah penuaan dini yang memicu kanker kulit dan kerutan di wajah.

3. Mencegah bintik hitam atau dark spot

Selain kerutan, dark spot juga menjadi musuh utama yang bisa membuat penampilan jadi kurang cantik atau tampan. Untuk itu, pentingnya pakai sunscreen ternyata juga bisa membantu mengurangi masalah tersebut, lho!

Melansir Forbes kebanyakan sunscreen yang beredar saat ini sudah diformulasikan untuk mencegah dark spot dan juga dilengkapi formula anti aging. Penggunaan sunscreen sebaiknya juga tetap dilakukan setiap hari meskipun kamu hanya berkegiatan di dalam rumah saja, ya Bu!

Sebab, paparan sinar UVA bisa saja menembus dinding rumah kita meskipun kita tidak melakukan kegiatan di luar rumah. Jadi, jangan pernah skip menggunakan sunscreen setiap hari, ya!

4. Membantu melembapkan kulit

Meski fungsinya tidak sama dengan moisturizer, namun beberapa merk sunscreen kini juga sudah dilengkapi formula khusus yang dapat membantu melembapkan kulit kita, lho! Apalagi jika kamu memiliki tipe kulit kering dan sensitif.

5. Menjaga warna kulit tetap merata

Informasi mengenai pentingnya pakai sunscreen lainnya yang perlu Ibu ketahui selanjutnya adalah, bahwa sunscreen ternyata punya fungsi menjaga agar warna kulit kita tetap merata. Apalagi jika sunburn terjadi, efeknya akan ada beberapa spot di bagian tubuh kita yang warnanya berbeda.

Nah, fungsi sunscreen ini juga dapat meratakan warna kulit, mengatasi jerawat, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV penyebab kanker kulit.

Tips menggunakan sunscreen yang benar


Sunscreen akan menjadi efektif dan punya banyak manfaat untuk kulit apabila digunakan dengan cara yang tepat. Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan sunscreen yang benar:

  • Pilih sunscreen dengan SPF minimal 30 atau jika lebih baik pilih yang mengandung SPF 50 PA ++++ dengan tekstur ringan dan tidak lengket di kulit
  • Gunakan sunscreen sebanyak satu ruas jari telunjuk tiap satu kali pemakaian
  • Gunakan sunscreen sekitar 30 menit sebelum berkegiatan di luar
  • Reapply atau gunakan ulang tiap 3 jam sekali jika diperlukan
  • Gunakan sunscreen pada wajah secara merata, mulai dari seluruh wajah hingga area leher.

Sunscreen berbentuk gel bisa jadi pilihan


Ibu juga bisa memilih sunscreen wajah dengan jenis soothing gel yang sangat ringan saat diaplikasikan ke kulit. Seperti produk True To Skin dengan produk Sun Friends Soothing Sunscreen Gel.

Sun Friends merupakan produk sunscreen yang memiliki kandungan SPF 50 PA ++++ dengan tekstur ringan dan tidak lengket di kulit. Ultra protection 4x UV filter yang terkandung di dalamnya dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Sunscreen ini juga dilengkapi dengan bahan lain seperti Jeju Cica, Matcha dan Betaine. Nggak perlu khawatir, sunscreen ini sangat amat digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun.

Setelah mengetahui pentingnya pakai sunscreen, jadi nggak ada alasan lagi dong buat kamu skip menggunakan sunscreen setiap hari?