Keluarga

Punya Banyak Manfaat, Yuk Lakukan 10 Ide Me Time Berdua Pasangan Ini!

Punya Banyak Manfaat, Yuk Lakukan 10 Ide Me Time Berdua Pasangan Ini!

Me time berdua dengan pasangan seringkali menjadi hal yang kerap diabaikan. Padahal kegiatan me time bersama pasangan punya peran penting dalam menjaga hubungan pernikahan, lho!

Apalagi di tengah kesibukan Ibu dan Ayah setiap hari yang sangat melelahkan, bikin keduanya perlu me-recharge energi sekadar menghabiskan waktu berdua. Me time berdua sendiri, merupakan istilah untuk menggambarkan waktu khusus agar lebih fokus dengan kegiatan bersama pasangan, tanpa melibatkan orang lain, termasuk anak-anak.

Manfaat me time berdua dengan pasangan sendiri juga sedikit banyak bisa membuat hubungan dengan pasangan jadi makin kuat. Nah, kegiatan me time pun juga nggak harus selalu kencan dan pergi ke luar rumah secara formal kok Bu.

Ada banyak sekali kegiatan me time yang bisa dilakukan berdua, meski hanya di rumah. Tapi sebelumnya, simak terlebih dahulu yuk apa saja manfaat me time berdua yang perlu kita ketahui!

Manfaat me time berdua pasangan


Menghabiskan waktu bersama pasangan adalah hal yang sangat penting untuk membuat hubungan tumbuh dan berkembang menjadi lebih mendalam. Melansir Marriage me time sebenarnya mengacu pada waktu berkualitas mengacu yang diisi dengan momen-momen tertentu.

Nah, momen ini sedikit banyak punya nilai khusus yang dapat dilakukan untuk dihabiskan bersama orang-orang penting dalam hidup kita. Dalam sebuah buku karya Gary Chapman berjudul Five Love Language disebutkan bahwa, me time berdua pasangan adalah bahasa cinta yang berlandaskan nilai tentang kebersamaan.

Ini adalah bagian dari ungkapan rasa cinta dan kasih sayang yang dituangkan melalui perhatian yang tidak terbagi. Manfaat me time berdua dengan pasangan pun ada banyak, diantaranya adalah:

  • Membantu melepas stress
  • Menjaga gairah dengan pasangan tetap hidup
  • Menguatkan komunikasi dengan pasangan
  • Membuat memori indah yang tidak terlupakan
  • Membantu memerangi depresi
  • Membantu menyeimbangkan antara kebutuhan dan keinginan antar pasangan
  • Meningkatkan self asteem
  • Membangun kedekatan yang lebih eksklusif dengan pasangan
  • Meningkatkan keintiman
  • Menunjukkan seberapa kuat komitmen dengan pasangan
  • Memperkuat hubungan yang romantis
  • Membangun rasa kepercayaan
  • Membangun kepuasan pasangan
  • Membantu menjaga hubungan pernikahan tetap harmonis hingga akhir hayat.

Ide kegiatan me time berdua dengan pasangan


Me time berdua dengan pasangan nggak harus dilakukan dengan cara berhubungan intim kok, Bu. Ada banyak sekali kegiatan me time sama suami yang bisa dilakukan, bahkan nggak harus selalu melakukan romantic dinner di luar rumah.

Melansir My Sweet Home Life berikut ini adalah ide me time berdua pasangan yang bisa kamu lakukan:

1. Merencanakan waktu berlibur bersama

Membuat jadwal dan mencari tiket berlibur bersama juga bisa jadi bagian dari me time berdua pasangan, lho! Kegiatan ini juga dianggap cukup menyenangkan, dan sedikit banyak bikin Ibu dan Ayah jadi lebih klop dalam membuat suatu keputusan bersama.

2. Rileks seharian di kamar

Me time berdua pasangan terkadang nggak perlu pergi ke tempat mewah kok, Bu. Cukup habiskan waktu berdua di kamar seharian saat anak dititipkan ke Kakek-Neneknya, sambil bergantian membuat sarapan atau makan siang yang dinikmati berdua di kamar.

3. Nonton konser bersama

Nah, kegiatan me time berdua ini juga sangat cocok bagi kamu yang punya hobi dan kegemaran musik yang sama. Hal ini juga bisa jadi ajang nostalgia zaman pacaran dulu, lho! Mengenang hal manis saat masih pacaran, sedikit banyak jadi bikin hubungan makin rekat dan hati jadi berbunga-bunga.

4.  Pergi ke supermarket berdua

Momen berbelanja terkadang juga bisa jadi waktu me time berdua yang paling banyak dilakukan oleh pasangan di seluruh penjuru dunia, lho! Dengan kegiatan ini, kita jadi lebih tahu jenis makanan apa yang paling digemari oleh pasangan kita. Selain itu, kegiatan ini juga bikin kamu jadi bisa berdiskusi dalam memanfaatkan harga diskon yang ada.

5. Buat ritual khusus

Misalnya saja berolahraga bersama dan pergi membeli sarapan untuk anak-anak di rumah. Ritual khusus ini bisa kamu lakukan setiap di akhir minggu, saat anak-anak libur sekolah.

6. Lakukan kegiatan yang disukai pasangan

Semisal Ibu nggak suka dengan hobi Ayah, setidaknya cobalah untuk melakukan kegiatan yang disukai olehnya sesekali. Nggak ada salahnya untuk coba mendalami hobi pasangan, lho!

Kamu juga bisa tawarkan kegiatan yang sama di sesi me time berdua selanjutnya. Termasuk melakukan kegiatan yang jadi favorit kamu, salah satunya menemani berbelanja.

7. Nonton bioskop bersama

Ini merupakan kegiatan me time berdua pasangan yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan pasangan di Indonesia. Tapi, nggak ada salahnya ide me time bareng suami ini kamu lakukan, lho! Apalagi kalau memiliki genre film favorit yang sama-sama disukai.

8. Ngobrol apa saja sambil ngemil

Kalau mau sedikit effort, kamu juga bisa memasak dan membuat camilan bersama pasangan sebagai bagian dari me time berdua. Setelah camilan jadi, kamu bisa menghabiskannya bersama sambil ngobrol berbagai macam topik menarik yang bisa dibahas bersama.

9. Saling memijat

Menjelang jam tidur, ketimbang sibuk dengan smartphone masing-masing. Nggak ada salahnya untuk ajak pasangan membuat kegiatan pijat-memijat secara bergantian, lho!

Apalagi melansir Mayo Clinic pijatan dapat membantu merileksasi tubuh, pikiran dan meredakan stress. Bonusnya, setelah tubuh rileks siapa tahu dari sekadar memijit bisa berujung melakukan hubungan intim yang makin bikin hubungan tambah kuat. Wah, patut di coba nih.

10. Makan mie instant sepiring berdua

Menjelang tengah malam, saat anak-anak sudah tidur, Ibumin sering sekali minta suami untuk menemani masak mie instant di dapur. Nantinya mie tersebut bisa kami nikmati berdua sambil ngobrol dan membicarakan kegiatan yang menarik seharian ini. Selain Ibumin, siapa lagi nih yang suka mengajak suami melalukan kegiatan yang bikin perut kenyang ini?