Keluarga

Rekomendasi Cooking Class Untuk Anak Yang Seru Di Jakarta

Rekomendasi Cooking Class Untuk Anak Yang Seru Di Jakarta

Salah satu cara belajar yang menyenangkan adalah, dengan mengikuti cooking class untuk anak. Aktivitas memasak rupanya bukan hal yang sulit untuk anak.

Bahkan, manfaat cooking class untuk anak nggak main-main, lho! Dengan adanya cooking class untuk anak, diharapkan mereka bisa mampu mengembangkan kemampuan motoriknya.

Serta belajar tentang practical life skill dengan konsep yang menyenangkan. Nah, berikut ini adalah rekomendasi cooking class di Jakarta yang bisa jadi pilihan untuk Parents. Dicatat, ya!

Manfaat cooking class untuk anak


Ada beberapa manfaat cooking class untuk anak yang didapat secara alami saat proses memasak, tapi sering tidak disadari orang tua. Melansir dari Kids Health manfaat anak memasak adalah:

  • Membangun kemampuan dasar. Ini tercermin dari aktivitas menghitung berapa banyak bahan yang harus dimasukkan, mengukur bahan, dan mengamati waktu memasak. Membaca resep dan mengikuti instruksi, juga merupakan bagian dari kemampuan dasar literasi yang mengembangkan aspek bahasa dan kemampuan mengikuti instruksi.
  • Mengajak anak menjelajah rasa. Bukan hal baru kalau kebanyakan anak pemilih soal makanan. Dengan ikut cooking class untuk anak, mereka juga bisa merasakan hasil masakannya sendiri dan mengenal rasa baru yang mungkin sebelumnya belum pernah mereka rasakan.
  • Mengaktifkan indera. Saat mengikuti cooking class untuk anak, mereka akan merasakan beragam tekstur bahan makanan. Mulai dari halusnya tepung, licinnya ikan, atau kasarnya kacang-kacangan. Anak juga menyaksikan sendiri perubahan warna bahan makanan mentah ke matang atau perubahan ukuran adonan sebelum dan sesudah didiamkan. Mereka juga belajar suara baru dari mesin pengaduk atau blender, dan mencium ragam aroma yang banyak jenisnya.
  • Meningkatkan kepercayaan diri anak. Dengan sesuatu yang anak kerjakan sendiri dan berhasil mereka nikmati sendiri, ini akan menaikkan kepercayaan diri anak. Fondasi ini akan membantu anak tidak ragu dalam mencoba hal baru di kehidupannya kelak.

Bagaimana memilih cooking class untuk anak


Dalam memilih cooking class untuk anak, Ibu bisa mempertimbangkan pilihan menu yang akan dipelajari anak. Pastikan juga alat-alat yang digunakan saat cooking class aman.

Sebaiknya anak juga perlu didampingi oleh tenaga professional. Tujuannya, untuk menghindari insiden di dapur dan anak-anak tetap happy sepanjang proses belajar.

Sesuaikan kebutuhan Ibu dan anak sebelum mengambil kelas. Apakah ingin mengikuti kelas yang sekali hadir atau kelas dengan pertemuan rutin.

Pilihan menu juga bisa Ibu pertimbangkan. Beberapa jenis cooking class hanya menyediakan 1 jenis menu andalan, namun tak sedikit juga lembaga yang menawarkan berbagai jenis menu untuk anak pelajari.

Cooking class untuk anak di Jakarta

Untuk Ibu dan anak-anak yang berada di Ibukota, beberapa pilihan cooking class untuk anak di Jakarta ini, bisa dijadikan referensi untuk mengisi waktu luang atau untuk mengasah bakat memasak anak.

1. Koki Kecilku

Photo source: kokikecilku.com

Cooking class untuk anak yang satu ini merupakan kelas masak anak dengan 2 jenis kelas, yaitu kunjungan sekali datang atau kunjungan rutin seminggu sekali. Koki kecilku juga menyediakan kelas kursus untuk anak berkebutuhan khusus, lho!

Mengingat dengan memasak anak-anak bisa mengasah kemampuan motorik, bahasa, dan kordinasi tubuh dengan baik. Nggak heran kalau kelas memasak, juga cocok sebagai bentuk stimulasi anak berkebutuhan khusus.

Cooking class untuk anak di Koki Kecilku ini, dibagi berdasarkan usia dengan ragam menu sehat yang variatif. Peralatan masak yang digunakan, juga aman untuk anak dan diawasi oleh tenaga pengajar yang ahli di bidangnya.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 350.000 – Rp 2.975.000 untuk beragam kelas yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Lokasi cooking class ini ada di Mall BSD AEON Woodlands Jakarta Alam Sutera, Gading Serpong.

2. ABC Cooking Studio

Photo Source: abc-cooking.co.id

ABC Cooking Studio ini merupakan kursus memasak untuk semua usia. Mereka juga menyediakan Kids Course, yang dirancang untuk mengajak anak belajar tentang makanan dan sains dalam satu proses yang sama.

Menu yang ditawarkan di kelas terbagi sesuai bulannya. Misalnya, untuk bulan Januari dan Juli ada menu Panda Bun dan Healthy Cheese Banana Parfait.

Sedangkan untuk bulan April dan October ada menu Pumpkin Croquette, dan Halloween Set Meal. Cooking class untuk anak ini ditujukan untuk usia 4-8 tahun.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 772.000 per 12 pertemuan dan Rp 832.000 per 6 pertemuan. Studio masak mereka tersebar di 3 lokasi:

  • Senayan City Mall  LG Unit L-100 E
  • Central Park Mall LG Unit L-232
  • PIK Avenue Mall – 1st floor Unit B18.

3. Kelas Koki Cilik (Kekoci)

Photo soure: @kekoci

Cooking class untuk anak yang satu ini merupakan kelas memasak regular, dengan 1 kali pertemuan saja untuk anak usia 3-6 tahun. Serta, kelas 1 kali pertemuan atau 4 kali pertemuan untuk anak usia 6-10 tahun.

Menu yang ditawarkan berbeda setiap kelasnya. Bila ingin mengikuti cooking class ini, Ibu bisa mengunjungi instagram @kekoci untuk mendapatkan update kelas yang akan diselenggarakan.

Biaya mengikuti cooking class untuk anak ini adalah Rp 300.000/pertemuan (3-6 tahun), Rp 250.000/pertemuan (6-10 tahun) dan Rp 800.000/4 pertemuan (6-10 tahun). Lokasi kelas juga menyesuaikan dengan info terbaru di akun instagram Kekoci, ya.

4. Pizza Maker Junior dari Pizza Hut Indonesia

Photo soure: @pizzahut.indonesia

Sudah tak asing dengan Pizza Hut, ya. Restoran pizza waralaba ini menghadirkan cooking class untuk anak yang bisa dilakukan di semua outlet Pizza Hut di Jakarta, dan kota besar lainnya.

Cooking class untuk anak bersama Pizza Hut ini terbilang murah dan terjangkau bagi banyak kalangan. Anak-anak akan belajar membuat pizza, menghias pizza, mewarnai bersama sambil menunggu pizza matang, lalu bisa membawa pizzanya pulang ke rumah. 

Dengan Rp 50.000 saja anak-anak sudah bisa menikmati pengalaman membuat pizza. Kelas ini juga bisa diikuti secara kolektif, lho. Seru sekali, bukan? Mana di antara cooking class ini yang akan Ibu dan anak ikuti?

Editor: Aprilia