Keluarga

Segar, Kaya Manfaat! 8 Pilihan Buah Untuk Buka Puasa Dan Sahur

Segar, Kaya Manfaat! 8 Pilihan Buah Untuk Buka Puasa Dan Sahur

Setelah seharian berpuasa, kita tentu menginginkan menu buka puasa yang menyegarkan dahaga. Begitupun saat sahur, supaya lebih bertenaga saat puasa, kita perlu mengonsumsi buah-buahan yang bikin kita tetap berenergi sepanjang hari.

Nyatanya, nggak semua buah cocok dikonsumsi saat berbuka dan sahur ya, Bu. Terutama buah-buahan yang memiliki rasa asam atau kecut.

Sehingga, dalam memilih buah untuk buka puasa dan sahur, memang nggak boleh sembarangan. Salah memilih buah, bisa menyebabkan masalah pada pasangan pencernaan yang dapat mengganggu ibadah yang dijalankan.

Ibumin punya beberapa rekomendasi buah untuk buka puasa dan sahur yang bisa jadi pilihan, nih. Yuk, siap-siap dibelanjakan stoknya!

Pilihan buah untuk buka puasa dan sahur untuk keluarga

1. Kurma


Siapa sih yang nggak kenal dengan buah kaya manfaat yang satu ini? Yes! Kurma menjadi salah satu buah untuk buka puasa dan sahur, paling favorit saat Ramadhan tiba.

Dikutip dari Daily Sabah kurma sangat baik dikonsumsi saat berbuka. Alasannya, setelah perut kosong seharian, tubuh butuh asupan karbohidrat tinggi dari makanan manis.

Kurma sendiri memiliki rasa yang manis dan legit. Sehingga, mengonsumsi kurma saat buka puasa, dapat membantu mengembalikan gula darah kita kembali normal.

Kalau di rumah Ibumin, kurma menjadi buah yang wajib ada saat berbuka dan sahur. Biasanya Ibumin mengonsumsi dalam jumlah ganjil, 1, 3 atau 5.

Apalagi, menurut sunnah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, kita disarankan mengonsumsi kurma dalam jumlah ganjil. Hal ini bertujuan agar, kurma bisa berubah menjadi karbohidrat yang baik bagi tubuh. Mengingat kandungan gula dalam kurma juga cukup tinggi.

2. Pisang


Pisang menjadi jenis buah untuk sahur yang selalu jadi andalan Ibumin, kalau nggak sempat memotong buah lain untuk keluarga. Ternyata, pisang juga bisa jadi buah untuk buka puasa dan sahur yang kaya manfaat, lho!

Melansir Healthifyme pisang dapat membantu tubuh lebih bertenaga saat puasa. Sebab, buah ini mengandung karbohidrat dan kalium yang dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Nggak hanya itu, buah yang tumbuh di iklim tropis ini, juga bermanfaat memberikan energi dan mengurangi rasa lapar saat berpuasa. Hebatnya lagi, ketika disantap sebagai buah untuk berbuka, buah ini juga bisa membantu menjaga kita dalam menghindari makan berlebihan.

Karena, makan satu buat pisang sudah bikin perut terasa kenyang. Pisang juga tergolong buah yang murah meriah dan mudah ditemukan, lho!

3. Semangka


Nah, buah yang banyak sekali kandungan airnya ini favoritnya si kecil banget, nih! Rasanya yang manis, dan paling nikmat disantap selagi dingin, bikin dahaga auto langsung hilang deh!

Yup! Semangka jadi salah satu buah untuk buka puasa dan sahur yang bisa jadi pilihan. Buah ini mengandung elektrolit dengan air yang banyak, sehingga otomatis bisa membantu menghidrasi tubuh setelah seharian puasa.

Nggak hanya itu, semangka juga mengandung zat antioksidan yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Di Indonesia sendiri, semangka terdiri dari dua warna yakni kuning dan merah.

Tapi, menurut Ibumin, semangka merah yang paling juara! Rasa manisnya, cocok banget dibikin sebagai campuran es buah. Srrllp…yummy!

4. Alpukat


Siapa nih yang paling suka bikin alpukat kocok dicampur es batu dan kental manis? Apalagi, kalau ditambah sirup coco pandan atau mocca, bikin Ibumin ngiler, deh!

Siapa sangka, si hijau ini ternyata menjadi salah satu buah untuk buka puasa dan sahur yang juga punya banyak manfaat. Alpukat terkenal karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang cukup tinggi.

Sehingga sering jadi buah favorit bagi mereka yang sedang diet. Dikutip dari Greatist sebuah penelitian tahun 2017 menunjukkan bahwa, lemak tak jenuh dapat membantu menjaga tubuh tetap kenyang.

Bahkan, lemak tak jenuh ini berfungsi membuat sinyal ke otak dan lambung agar lebih lama merasa kenyang. Alpukat, juga bisa jadi alternatif jenis buah untuk sahur yang bisa kamu coba. Tinggal di tambahkan roti, olesan keju, madu dan taburi dengan granola. Dijamin kenyang seharian, deh!

5. Buah-buahan kering


Aprikot dan kismis, menjadi salah satu buah-buahan kering yang bisa jadi alternatif buah untuk buka puasa dan sahur. Dikutip dari Times of India buah-buahan kering sangat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Sama seperti kurma, buah-buahan ini juga mengandung vitamin E yang tinggi. Sehingga bisa membantu melawan bakteri, dengan demikian dapat menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap aktif.

Nah, biasanya buah untuk sahur ini sering Ibumin jadikan pencuci mulut setelah santap sahur. Ya, hitung-hitung sambil menunggu azdan Subuh tiba ya, Bu.

6. Pepaya


Mengalami sembelit selama puasa Ramadhan? Ibu mungkin butuh asupan buah untuk berbuka dan sahur yang tepat, seperti misalnya pepaya.

Buah pepaya, sangat baik dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Bikin perut terasa lebih nyaman jadi pelepas dahaga saat berbuka.

Apalagi kalau dikonsumsi dingin, wah rasanya segar banget deh, Bu! Buah pepaya juga punya kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi, serta zat antioksidan yang berfungsi meningkatkan imun tubuh dan melancarkan pencernaan.

Supaya nggak bosan, saat penyajiannya Ibu bisa menaburkan sedikit gula dan perasan jeruk nipis. Tapi, saran Ibumin pilih buah pepaya yang sudah benar-benar matang, agar campuran dari gula, jeruk nipis, dan pepaya yang manis jadi terasa lebih enak.

7. Aneka buah berry


Siapa bilang buah berry nggak boleh dikonsumsi saat sahur dan berbuka? Nyatanya, aneka buah berry layaknya strawberry, blueberry, raspberry dan sejenisnya justru jadi buah yang baik untuk buka puasa, lho!

Kandungan vitamin C di buah untuk buka puasa dan sahur ini, dapat menjaga kesehatan tubuh dan fungsi sistem imun. Bahkan, kandungan zat antioksidannya juga bisa membantu menurunkan risiko sejumlah penyakit.

8. Melon


Sama seperti semangka, melon juga jadi salah satu buah untuk sahur yang jadi andalan Ibumin di rumah, nih. Selain sangat mudah di dapat, melon menjadi buah untuk buka puasa dan sahur yang paling banyak diolah menjadi es buah.

Kandungan air yang cukup banyak pada buah ini, bisa membantu mencegah dehidrasi saat puasa. Melon juga mengandung vitamin A dan C yang sangat penting untuk tubuh.

Itu tadi 8 jenis buah untuk sahur dan berbuka yang bisa jadi pilihan buat keluarga di rumah. Jadi, mana yang jadi favoritmu?