Kehamilan

9 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Yuk Nikmati!

9 Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil, Yuk Nikmati!

Manfaat alpukat untuk ibu hamil sangat besar, terutama karena kandungan asam folatnya yang tinggi. Ibu hamil yang mengonsumsi buah alpukat akan membantu mencukupi kebutuhan asam folat yang alami selain vitamin prenatal yang diberikan oleh dokter. 

Alpukat juga mengandung lemak baik yang sehat untuk tubuh Ibu serta bayi yang sedang dikandung. Melansir dari laman Healthline, manfaat alpukat untuk Ibu hamil dinilai punya andil yang besar juga untuk memelihara kesehatan pencernaan Ibu hamil karena buah yang satu ini juga mengandung serat. 

Efek samping buah alpukat untuk ibu hamil juga tidak ada bila dikonsumsi secara alami tanpa tambahan gula apapun atau campuran apapun. Buah yang satu ini cukup sehat dikonsumsi setiap harinya dengan kadar yang cukup. 

Lalu apalagi ya manfaat lain dari buah alpukat untuk mendukung kehamilan Ibu kali ini? Simak selengkapnya!

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil

Segudang manfaat buah alpukat akan Ibu dapatkan meski hanya mengoonsumsi satu buah saja per harinya. Buah yang pekat dan memiliki tekstur creamy ini juga mudah sekali dibuat sebagai olahan alpukat untuk ibu hamil bila tak suka dimana begitu saja. 

Selain cara mengolah alpukat untuk ibu hamil cukup mudah, manfaat alpukat untuk ibu hamil juga cukup banyak, seperti berikut ini, dilansir dari berbagai sumber:

1. Alpukat Mengandung Lemak Sehat yang Bergizi

Manfaat alpukat untuk ibu hamil salah satunya adalah dapat memenuhi kebutuhan lemak sehat yang bergizi setiap harinya. Melansir dari laman Avocaderia, lemak sangat penting perannya untuk kehamilan setiap Ibu. 

Sementara itu, kalori tambahan juga dibutuhkan untuk pertumbuhan janin, oleh karenanya, lemak sehat dari buah alpukat dinilai sangat penting untuk menambah kalori dalam tubuh ibu hamil. Lemak yang terkandung dalam alpukat merupakan jenis lemak sehat atau lemak tak jenuh tunggal. 

Lemak ini akan membantu meningkatkan asupan kebutuhan lemak tanpa memberi efek samping buah alpukat untuk ibu hamil. Alpukat juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 yang bagus untuk pertumbuhan si kecil di dalam kandungan. 

Selain itu, lemak sehat ini bermanfaat juga untuk memelihara kesehatan jantung, mengatur kadar gula darah, dan membuat Ibu merasa tetap kenyang. Kandungan lemak tak jenuh tunggal yang tinggi pada buah alpukat yang dikonsumsi selama kehamilan juga akan meningkatkan kualitas tidur Ibu hamil sehingga terhindar dari insomnia.

2. Alpukat Kaya akan Serat dan Bagus untuk Pencernaan

Buah yang kaya akan serat dapat menjadi salah satu manfaat alpukat untuk ibu hamil selanjutnya. Serat sangat penting untuk tubuh manusia terutama saat hamil karena akan membuat pergerakan usus lebih sehat. Membuat olahan alpukat untuk ibu hamil juga dapat membantu mengurangi risiko diabetes gestasional dan preeklamsia. Kurangnya serat saat kehamilan juga sering sekali membuat ibu hamil susah buang air besar sehingga membuat perut terasa tidak nyaman.

3. Alpukat Menjadi Solusi Morning Sickness


Kehamilan erat kaitannya dengan kondisi morning sickness dan hampir dirasakan oleh siapapun dengan level yang berbeda. Beberapa ibu mengakui tidak mengalami morning sickness parah atau hanya terjadi di trimester awal, namun ada juga Ibu yang harus mengalaminya di sepanjang masa kehamilan. 

Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang sering kali dilewatkan adalah kemampuan buah yang satu ini untuk membantu mengurangi morning sickness saat kehamilan. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung vitamin C dan vitamin B6 yang berfungsi untuk meringankan gejala mual di pagi hari serta membantu tubuh untuk menyerap lebih banyak vitamin yang masuk ke tubuh melalui bahan makanan lainnya. 

Jangan ragu untuk memilih alpukat sebagai pilihan sarapan Ibu karena efek samping buah alpukat untuk ibu hamil hampir tidak ada ketika dikonsumsi dengan cukup.

4. Mengandung Antioksidan Tinggi

Cara mengolah alpukat untuk ibu hamil cukup beragam, dari mulai diblender halus, dimakan begitu saja, atau dibuat jus yang enak dan tetap lezat. Buah ini sering kali menjadi salah satu buah pilihan tak hanya untuk MPASI si kecil saja, namun manfaat alpukat untuk ibu hamil juga cukup banyak, salah satu alasannya karena buah ini punya kandungan antioksidan yang tinggi. 

Melansir dari laman Avocaderia, antioksidan merupakan senyawa yang diperlukan untuk melindungi tubuh manusia dari kerusakan sel. Selain antioksidan, alpukat juga mengandung karotenoid lutein yaitu senyawa yang larut dalam lemak dan dapat diserap lebih efisien pada buah alpukat ketimbang sayur atau buah lainnya. 

Lutein juga bermanfaat untuk perkembangan mata dan fungsi otak janin. Saat menyusui, antioksidan juga ditemukan pada kandungan ASI yang manfaatnya sama untuk perkembangan bayi lebih baik. Jenis antioksidan lain yang terkandung pada alpukat adalah zeaxathantin, beta karoten, dan vitamin C.

5. Alpukat dapat  Mencegah Anemia dan Menjaga Tekanan Darah

Ibu hamil sangat rentan kekurangan zat besi sehingga dapat menimbulkan anemia. Alpukat mengandung zat besi yang tinggi dan cukup untuk memenuhi kadar zat besi yang sehat selama kehamilan Ibu. Sementara itu, manfaat alpukat untuk ibu hamil lainnya adalah kemampuannya menjaga tingkat tekanan darah yang sehat. 

Hal ini dikarenakan alpukat mengandung magnesium dan potassium yang merupakan nutrisi penting untuk mengatur tingkat tekanan darah seseorang. Alpukat juga kaya akan kalium sehingga bisa juga untuk mengurangi risiko hipertensi gestasional.

6. Membantu Meredakan Kram Kaki


Bila biasanya olahan alpukat untuk ibu hamil hanya berupa jus segar saja dengan sedikit tambahan madu, sekarang Ibu bisa menambahkan buah alpukat sebagai isian roti tawar Ibu untuk sarapan lho! 

Cara mengolah alpukat untuk ibu hamil yang lebih variatif ini diharapkan mampu menggugah selera Ibu hamil yang biasanya tidak nafsu makan karena merasa mual. 

Lebih lanjut, selain mudah diolah, alpukat juga dapat membantu meredam kram kaki yang biasa menghampiri Ibu hamil karena kandungan potassium, kalium, dan kalsium yang justru lebih tinggi dibandingkan buah pisang.

7. Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Manfaat alpukat untuk ibu hamil juga akan terasa oleh janin karena alpukat mampu meningkatkan perkembangan otak janin juga. Janin yang ada dalam kandungan membutuhkan lemak untuk nutrisi otak. 

Satu cangkir alpukat yang mengandung 22mg kolin adalah takaran yang pas untuk perkembangan otak dan saraf janin. Untuk manfaat yang lebih maksimal, olahan alpukat untuk ibu hamil yang tepat adalah tanpa menambahkan pemanis atau perasa tambahan. 

Cara mengolah alpukat untuk ibu hamil yang lebih alami ini juga dinilai lebih sehat dan lebih aman untuk bayi dan ibunya.

8. Makanan Diet yang Jitu


Manfaat alpukat untuk ibu hamil bisa juga dirasakan bagi mereka yang harus menjalani beberapa diet. Tak hanya orang biasa saja yang membutuhkan diet, ibu hamil yang dinyatakan dokter memiliki janin yang cukup besar biasanya disarankan untuk mengatur pola makan. 

Salah satu sumber makanan yang sehat dan membuat kenyang lebih lama adalah mengonsumsi buah alpukat. Hindari menambahkan gula atau susu kental manis sebagai cara mengolah alpukat untuk ibu hamil karena dinilai bukan pola makan atau diet yang sehat. 

Olahan alpukat untuk ibu hamil yang sehat juga dapat membantu mencegah risiko kenaikan berat badan berlebih nantinya.

9. Mengurangi Risiko Diabetes Gestasional

Kalau cara mengolah alpukat untuk ibu hamil sudah benar, maka kemungkinan tubuh mengalami kenaikan berat badan berlebih atau kadar gula yang tinggi juga cukup kecil. 

Kandungan serat pada alpukat juga turut andil dalam mengurangi risiko diabetes gestasional. Manfaat alpukat untuk ibu hamil yang satu ini sangat membantu bagi mereka yang khawatir terhadap risiko diabetes selama masa kehamilan.

Efek Samping Buah Alpukat untuk Ibu Hamil Jika Berlebihan

Meskipun dikatakan efek samping buah alpukat untuk ibu hamil tidak ada karena kandungan dan manfaatnya yang cukup banyak, namun beberapa infolainnya menuturkan bahwa bila dikonsumsi secara berlebihan maka efeknya tetap tidak baik untuk tubuh. 

Melansir dari laman Hello Sehat, berikut ini merupakan efek samping buah alpukat untuk ibu hamil jika dikonsumsi dengan kadar berlebih:

1. Hati-Hati Berat Badan Bertambah


Memang alpukat adalah buah yang kaya serat dan lemak sehat yang mengenyangkan, namun perlu diingat bahwa buah ini harus dikonsumsi dengan takaran yang pas tanpa tambahan pemanis apapun. 

Satu buah alpukat dengan ukuran sedang rata-rata beratnya 30 gram dan total kalori yang dikonsumsi adalah 322 kalori. Takaran ini sudah cukup untuk dikonsumsi harian, bukan dalam hitungan jam ya.

2. Waspada Defisiensi Nutrisi

Meskipun manfaat alpukat untuk ibu hamil sangat banyak, namun tetap saja ibu hamil diwajibkan mengonsumsi makanan lainnya supaya nutrisi untuk tubuh tercukupi. 

Alih-alih lebih sehat karena terus menerus mengonsumsi alpukat, justru efek samping buah alpukat untuk ibu hamil menjadi buruk karena tak ada asupan makanan lain sebagai sumber gizi lainnya. 

Imbangi mengonsumsi alpukat dengan makanan lain seperti karbohidrat, protein, kalsium, hingga sejumlah vitamin agar nutrisi pada tubuh tetap seimbang.

3. Dapat Menurunkan Produksi ASI

Sebenarnya alpukat memiliki kandungan antioksidan yang dapat membantu melancarkan ASI, namun bila dikonsumsi secara berlebihan dapat menurunkan produksi ASI ketika hamil atau saat sedang menyusui lho Bu. 

Mengonsumsi alpukat berlebihan dapat merusak kelenjar susu sehingga produksi ASI bisa menurun. Saat menyusui, terlalu banyak asupan alpukat juga menjadi salah satu penyebab kemungkinan si kecil susah buang air besar.

4. Bisa Merusak Hati


Efek samping buah alpukat untuk ibu hamil yang cukup membahayakan adalah bisa merusak hati bila dikonsumsi berlebihan. Terutama bila Ibu merupakan penggemar minyak alpukat, hindari mengonsumsi minyak ini karena akan membahayakan kesehatan organ hati Ibu. 

Kabarnya, alpukat Meksiko tak baik dikonsumsi karena mengandung estragole dan anethole yang memiliki reaksi karsinogenik.

5. Menurunkan Kolesterol yang Jahat dan Baik

Alpukat memang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, tapi kalau terlalu banyak justru kolesterol baik seperti HDL juga akan ikut turun lho. Alpukat memiliki kandungan Beta-Sitosterol yang dapat menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh ketika jumlahnya kelebihan. 

Tapi akan ikut menyerap kolesterol baik bila dirasa kolesterol jahat sudah diserap semuanya. Ada baiknya mengonsumsi alpukat dengan kadar yang cukup-cukup saja ya Bu supaya manfaat alpukat untuk ibu hamil lebih terasa.

 

Editor: Atalya