Keluarga

Selain Mainan, 8 Ide Kado Natal Anak Ini Bisa Jadi Pilihan, Lho!

Selain Mainan, 8 Ide Kado Natal Anak Ini Bisa Jadi Pilihan, Lho!

Bertukar kado di hari Natal merupakan tradisi turun temurun yang masih dilanjutkan hingga sekarang. Tradisi bertukar kado saat Natal, konon juga sudah ada sejak zaman Romawi kuno, lho!

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan baik dengan seseorang. Tukar kado saat Natal juga jadi simbol perhatian terhadap orang terkasih.

Tapi yang jadi masalah, terkadang kita pun bingung ingin memberikan kado Natal apa untuk orang tersayang, termasuk si kecil. Apalagi sekali-kali ingin rasanya memberikan kado Natal anak sebuah barang yang lebih berguna, jadi nggak melulu harus mainan.

Nah, kira-kira apa saja ya ide kado Natal anak yang cukup bermanfaat dan bisa jadi pilihan kado Natal tahun ini? Yuk, simak ulasannya dalam artikel berikut ini.  

Ide kado Natal anak yang bermanfaat

1. Alat tulis


Walau terkesan menjadi kado Natal anak yang biasa saja, namun ternyata ide kado Natal anak berupa alat tulis punya banyak manfaat bagi mereka. Terutama bagi anak yang sudah masuk usia sekolah.

Kebanyakan dari mereka pasti menggunakan alat tulis berupa pensil warna, krayon dan cat air untuk mendukung perkembangan akademisnya di sekolah. Sehingga, ide kado Natal anak berupa alat tulis dirasa cukup bermanfaat bagi si kecil.

2. Buku 


Buku bisa menjadi kado Natal anak yang cukup istimewa dan sangat bermanfaat. Kado Natal anak yang satu ini bahkan bisa diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun, lho!

Apalagi jika melansir Cleveland Clinic meski bayi dan balita belum bisa membaca buku, nyatanya ketika orang tua membacakan buku cerita untuk anak dapat membantu melatih kosakata baru, serta meningkatkan ketrampilan sosial dan emosi. Membaca buku untuk anak juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan otak anak.

Namun, penting diingat jika hendak memilih buku sebagai kado Natal anak, ada baiknya pilih buku yang sesuai dengan usia anak ya, Bu! Agar si kecil bisa mendapatkan stimulasi yang tepat saat membaca buku, atau sekadar melihat-lihat gambar yang ada dalam buku tersebut.

3. Piyama bernuansa Natal


Ide kado Natal untuk anak yang juga sangat bermanfaat adalah piyama bernuansa Natal. Ada banyak sekali beragam merk piyama berkualitas yang di jual di pasaran, yang kini mengeluarkan series festive bertema Natal.

Bahkan piyama bernuansa Natal ini bisa kamu sesuaikan dengan budget. Tapi, jangan lupa tetap perhatikan bahan yang ditawarkan ya.

Kado Natal anak berupa piyama bernuansa Natal disarankan berbahan dasar katun yang menyerap keringat. Hal ini bertujuan agar anak tetap nyaman menggunakannya.

4. Alat musik


Kado Natal anak yang juga seringkali jadi pilihan selain mainan adalah, memberikan kado berupa alat musik. Tapi, nggak perlu bingung karena saat ini ada banyak sekali pilihan alat musik yang praktis dan bisa digunakan oleh anak.

Misalnya alat musik piano portable yang bisa dilipat kecil. Ide kado Natal anak ini cocok bagi mereka yang terlihat punya minat dalam bermain musik.

Piano portable ini bisa memungkinkan mereka bisa memencet tombol piano dengan baik. Sebab, biasanya piano portable terdiri dari berbagai tuts piano yang berwarna-warni. Sehingga membuat si kecil lebih mudah mengingat tangga nada.

5. LCD Drawing Pad


Photo source: Tokopedia

LCD Drawing Pad adalah salah satu ide kado Natal yang dijamin sangat bermanfaat bagi si kecil. Sebab, LCD Drawing Pad memungkinkan si kecil bebas berkarya dengan menggambar dan menulis tanpa meninggalkan bekas noda di baju.

LCD Drawing Pad juga bermanfaat membantu anak belajar menghitung dan menulis. Dengan alat ini, anak bisa bebas berkreasi mengembangkan kemampuannya hanya dengan menekan satu tombol saja untuk menghapus gambar. Harganya pun murah, ada yang di jual mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribu saja.

6. Skuter mini atau sepeda


Photo source: Tokopedia

Skuter mini atau sepeda bisa jadi ide kado Natal anak yang bisa jadi pilihan, jika kamu punya budget lebih. Kendaraan mainan anak ini, bisa jadi alternatif aktivitas fisik yang menyenangkan sekaligus melatih keseimbangan anak.

Skuter mini atau sepeda bisa kamu berikan pada anak yang sudah bisa berjalan lancar atau di atas usia tahun. Selain dapat meningkatkan konsentrasi anak, mainan skuter mini atau sepeda ini juga bermanfaat untuk melatih keseimbangan anak.

7. Perlengkapan bekal dan botol minum


Ide kado Natal anak selanjutnya yang sangat bermanfaat adalah dengan memberikan perlengkapan bekal dan botol minum yang menarik. Ada berbagai macam merk terkenal yang menjual aneka paket lunch box lengkap tersebut.

Satu set alat bekal plus tempat minum ini juga sangat berguna untuk anak di usia sekolah. Namun, tetap sesuaikan perlengkapan bekal dan botol minum sesuai kebutuhan anak ya, Bu.

Pada anak usia TK biasanya tidak memerlukan perlengkapan bekal dengan ukuran yang terlalu besar. Sebab, mereka hanya bersekolah tidak lebih dari 2 jam/hari. Sehingga kemungkinan hanya membawa bekal snack saja.

8. Jas hujan


Di bulan Desember seperti saat ini memang lebih sering hujan menjelang sore hari di sebagian wilayah Indonesia. Nah, nggak ada salahnya memberikan kado Natal anak berupa jas hujan dengan motif menarik, lho!

Jas hujan ini sangat bermanfaat bagi anak yang gemar berkegiatan di luar rumah. Terutama jika sering diantar berkegiatan oleh orang tuanya menggunakan sepeda motor.

Jas hujan ini bisa membantu melindungi tubuh si kecil dari air hujan. Sehingga anak jadi lebih aman berkendara bersama orang tuanya.

Sedikit tips, pilihlah jas hujan dengan motif menarik yang terbuat dari bahan berkualitas, anti air dan   tidak mudah berjamur saat dikeringkan. Jika perlu, kamu juga bisa menambahkan boots sebagai kado tambahan yang mendampingi jas hujan ya, Bu!