Keluarga

Studi Tahun 2013: Liburan Bersama Pasangan Bikin Hubungan Makin Kuat!

Studi Tahun 2013: Liburan Bersama Pasangan Bikin Hubungan Makin Kuat!

Liburan bersama pasangan punya dampak yang baik di dalam sebuah hubungan pernikahan. Seperti yang diungkapkan oleh Nikita Willy yang baru merasakan nikmatnya menjadi seorang istri sekaligus Ibu, baginya liburan berdua suami bukanlah hal yang egois.

Melansir dari laman Instagram istri dari Indra Priawan yang baru-baru ini memposting foto liburan sama suami, ia mengungkapkan bahwa liburan bersama pasangan nyatanya bukan sebuah aksi mementingkan diri sendiri. Melainkan momen tersebut mampu menciptakan lebih banyak energi lagi, yang nantinya akan digunakan untuk mengasuh buah hati tercinta.

Menarik sekali bukan? Tapi ini ada benarnya lho, Bu! Ketika kita liburan bersama pasangan, hati menjadi lebih bahagia dan aura wajah lebih terpancar. Sehingga otomatis, dapat menciptakan momen membersamai anak dengan penuh cinta dan kasih sayang.

Liburan bersama pasangan bagus untuk menguatkan pernikahan


Melansir dari laman Bride, sebuah studi pada tahun 2013 yang dilakukan oleh U.S Travel Association dan menemukan fakta bahwa, liburan bersama pasangan dapat memperkuat hubungan antara keduanya. Bahkan, bisa memicu percikan romansa, hingga mengarah pada hubungan yang lebih sehat.

Masih melansir dari laman Bride, Elizabeth Overstreet, seorang ahli strategi hubungan dan cinta di Raleigh, Carolina Utara, sekaligus penulis buku “Love You and He Will Too: The Smart Woman’s Roadmap for Happy, Healthy Relationships”, mengungkapkan bahwa, liburan berdua suami berarti mereka akan merencanakan sebuah perjalanan yang mengharuskan keduanya menghabiskan waktu bersama, belajar banyak hal, dan menikmati pengalaman baru yang menyegarkan.

Dalam sebuah hubungan pernikahan, hubungan bisa berjalan sangat lamban dan monoton sehingga akan menimbulkan kebosanan diantara keduanya. Kebosanan ini rentan sekali menimbulkan pertikaian meski pada hal yang sangat kecil sekalipun.

Sebuah perjalanan liburan sama suami meski dengan rentang waktu yang singkat, nyatanya mampu membuat hubungan pernikahan bersemi kembali layaknya pasangan kekasih terdahulu. Tak hanya itu saja, liburan berdua suami akan memperkokoh fondasi yang terbentuk antara suami dan istri.

Manfaat liburan bersama pasangan yang harus diketahui


Liburan bersama pasangan nyatanya sudah terbukti manfaatnya, melalui sejumlah survei yang dilakukan oleh para ahli. Selain manfaat di atas, melansir dari laman Your Tango, berikut ini merupakan manfaat lain liburan berdua suami yang akan membuat Ibu makin mantap merencanakan liburan bersama:

1. Mengurangi risiko penyakit jantung pada suami

Liburan bersama pasangan punya manfaat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung suami. Hal ini dibuktikan oleh sebuah studi yang dilakukan oleh State University of New York, di mana saat itu mereka meneliti pria paruh baya yang sering mengambil liburan tahunan, terbukti memiliki risiko kematian yang lebih rendah, terutama yang berkaitan dengan jantung koroner.

2. Mengurangi tingkat stres saat bekerja

Bagi pasangan suami istri yang sibuk bekerja, menghadapi rutinitas harian memang akan menimbulkan rasa penat dan jenuh. Oleh karenanya, liburan bersama pasangan dapat membantu mengurangi tingkat stres saat berada di tempat kerja.

Liburan berdua suami bisa dilakukan saat akhir pekan tiba, atau mengambil cuti khusus supaya liburan bisa dilakukan lebih lama.

3. Membangkitkan kembali tingkat keintiman pasangan

Tak dipungkiri, kejenuhan dalam sebuah hubungan dapat menurunkan tangkat keintiman bersama pasangan. Tanpa disadari, hal ini juga kerap membuat hubungan Ayah dan Ibu menjadi lebih renggang dari biasanya.

Saat liburan sama suami, Ibu bisa membangkitkan kembali keintiman yang sempat memudar itu. Rencanakan segera bersama pasangan yuk!

4. Membuat hati semakin bahagia


Menentukan rencana liburan bersama pasangan bukan hal yang egois, hal ini justru dapat menularkan energi positif pada anak-anak dan orang sekitar. Manfaat liburan berdua suami yang paling bisa dirasakan adalah, dapat meningkatkan rasa bahagia dalam diri masing-masing pasangan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan melalui Journal of Applied Research tentang kualitas hidup menunjukkan fakta bahwa ,kebahagiaan akan dengan mudah meningkat meski Ayah atau Ibu masih menyusun rencana liburan. Tentu saja jika benar diwujudkan, kebahagiaannya akan semakin berlipat bukan?

5. Meningkatkan kesehatan mental pada wanita

Liburan bersama pasangan, juga terbukti mampu membantu meningkatkan kesehatan mental pada wanita. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Wisconsin Medical Journal, wanita yang sering berlibur cenderung terbebas dari rasa tegang, depresi, hingga lelah.

Pada wanita yang aktif bekerja, liburan akan membantu meningkatkan kualitas hidup hingga kinerja kerja saat di kantor.

6. Meningkatkan kepuasan hubungan pernikahan

Liburan berdua suami, rupanya dapat membantu meningkatkan kepuasan hubungan pernikahan juga lho, Bu! Justru pasangan yang jarang sekali melewati masa liburan berdua, diketahui sering mengalami dampak negatif yang kerap kali ditunjukkan pada pasangannya hingga anak-anaknya.

Misalnya, Ibu menjadi lebih galak pada anak-anak, atau Ayah yang sering kali bertikai pada masalah kecil yang seharusnya bisa dibicarakan baik-baik.

7. Mempererat hubungan dengan keluarga

Pasangan yang memutuskan liburan berdua saja, juga terbukti dapat menjaga hubungan baik dengan anggota keluarga lainnya. Tak hanya itu, liburan bersama pasangan dapat menciptakan memori manis yang akan diingat sepanjang waktu.

Hal-hal yang harus dihindari saat liburan bersama pasangan


Liburan berdua suami emang tampaknya akan seru ya, Bu? Akan tetapi, Ibu perlu waspada juga pada hal-hal yang mungkin akan terjadi. Melansir dari laman Cosmopolitan, berikut adalah saran terbaik untuk rencana liburan sama suami:

  • Tentukan tujuan liburan atas kesepakatan bersama

Liburan bersama pasangan berarti pergi bersama ke tempat yang sudah direncanakan berdua. Menentukan ke mana akan pergi ,pasti akan menimbulkan perdebatan antara Ayah dan Ibu.

Kecuali jika keduanya punya selera yang sama. Hindari pertengkaran, dan mulailah mencari jalan tengah ke mana Ayah dan Ibu akan pergi nantinya ya.

  • Pikirkan budget liburan bersama

Liburan bersama pasangan juga membutuhkan dana khusus. Diskusikan kembali yuk, soal dana yang akan dipakai untuk liburan kali ini, jangan sampai menjadi polemik yang memicu pertengkaran.

Ibu atau Ayah bisa memilih tempat liburan yang ramah di kantong, atau menabung bersama untuk tempat liburan impian berdua.

  • Rencanakan ke mana si kecil akan dititipkan

Liburan berdua suami berarti ada anak-anak yang harus dipikirkan, supaya tetap aman terkendali sampai Ayah dan Ibu kembali bersama mereka. Pastikan Ibu mendiskusikan hal ini, tentukan anak-anak mau dititipkan pada siapa, budget khusus selama orang tua pergi, hingga memberi pengertian pada anak-anak (bila usia mereka sudah bisa diberi tahu tentang sesuatu).

Editor: Aprilia