Keluarga

Mudah Membuat Surat Izin Sakit, Intip Panduan Dan Contohnya

Mudah Membuat Surat Izin Sakit, Intip Panduan Dan Contohnya

Kondisi badan sedang tidak fit, ada baiknya untuk mengistirahatkan badan sementara waktu. Bagi pelajar, mahasiswa dan karyawan tentu memerlukan surat izin sakit bila sedang sakit dan tidak memungkinkan untuk masuk sekolah, kuliah atau kerja.

Surat izin sakit harusnya berbentuk seperti apa ya? Benarkah hanya Dokter yang berwenang mengeluarkan surat izin sakit?

Penggunaan surat izin sakit


Setiap perusahaan, instansi, lembaga atau sekolah memiliki peraturan masing-masing terkait surat izin sakit. Ada yang mewajibkan surat izin sakit langsung, jika merasa tidak sanggup bekerja di hari yang sama.

Tapi ada juga yang baru meminta surat izin sakit resmi dari dokter, bila memerlukan waktu istirahat 3 hari atau lebih. Untuk surat izin sakit pelajar biasanya bisa ditulis oleh orang tua jika hanya 1-2 hari istirahat. 

Kalau lebih, tentu sebaiknya melampirkan surat izin sakit dari dokter, ya Bu. Untuk abdi negara, melansir dari Badan Kepegawaian Negara, Pengawai Negeri Sipil memiliki hak cuti sakit dengan melampirkan surat izin sakit terstruktur. 

Bila sakit 2-14 hari disertai dengan surat izin sakit yang divalidasi oleh Dokter. Begitu pula jika masa sakit sangat lama lebih dari 14 hari. Diperlukan pengesahan Dokter dan surat izin sakit yang berlegalitas dokter.

Sedangkan pekerja swasta atau buruh memiliki peraturan terhadap cuti izin sakit yang diatur dalam Undang-Undang No, 13 Tahun 2003. Kalau garis besarnya kurang lebih begini:

  • Pekerja perempuan yang sedang mengalami haid di hari pertama dan kedua berhak mendapatkan cuti sakit. Untuk tipe cuti sakit seperti ini, hanya dibutuhkan surat izin sakit dari masing-masing karyawan pada divisi humas perusahaan.
  • Pekerja yang sakit punya kesempatan cuti sakit sampai 12 bulan lamanya, apalagi jika sakitnya serius dan dalam jangka waktu yang panjang. Mereka ini tetap dibayar dan tidak bisa diputus kerjasamanya dengan syarat tertentu. Jenis cuti sakit seperti ini diwajibkan menggunakan surat izin sakit dari dokter, ya. Utamanya jika sakitnya panjang dan lama, sebaiknya surat izin sakit dikeluarkan Dokter Pemerintah.

Bagaimana dengan anak sekolah yang izin sakit? Pada dasarnya kurang lebih sama, ya. Untuk sakit ringan yang tidak memerlukan penangan Dokter lebih lanjut, surat izin sakit bisa dibuat oleh orang tua masing-masing.

Sedangkan bila sakit berlanjut, pemeriksaa oleh Dokter penting dilakukan. Di momen ini biasanya Dokter juga memberikan surat izin sakit sebagai bukti sah bahwa anak membutuhkan istirahat lebih lama.

Panduan menulis surat izin sakit


Kalau Ibu sedang membutuhkan surat izin sakit yang dibuat sendiri, berikut panduan menulis surat yang benar, ya:

  1. Letakkan tempat dan tanggal penulisan surat di baris paling awal. Biasanya berada di pojok kiri atas kertas.
  2. Tuliskan tujuan surat akan dikirimkan. Pastikan jelas untuk orang yang bersangkutan dengan izin tidak masuk di perusahaan atau sekolah, ya. Tuliskan nama dan alamatnya. Menurut Panduan Umum Ejaan Bahasa Indonesia, tidak perlu memberikan titik pada alamat atau nama orang yang dituju pada surat.
  3. Di bawahnya, tuliskan salam pembuka. Salamnya bebas asalkan tetap sopan dan formal.
  4. Tuliskan isi suratnya. Beri detail soal siapa yang sakit dan tulis alasan tidak masuk karena sakit. Bila perlu, tuliskan berapa lama waktu yang diperlukan untuk izin sakit ini. Tambahkan juga kalau surat keterang dokter akan menyusul jika sakit lebih dari 2 hari.
  5. Bagian akhir, ditutup dengan salam penutup. Gunakan kalimat yang formal juga, ya.
  6. Paling bawah dan letakkan di sisi kanan bawah surat, tanda tangan dan nama terang penulis suratnya.

Mudah, bukan? Yuk, sekarang intip contoh surat izin sakit yang bisa Ibu pergunakan.

Contoh surat izin sakit

1. Surat izin sakit untuk anak sekolah


Tangerang, 13 Desember 2023

Yth. Ibu Wali Kelas 1B

SDN Panca Kembang

Tangerang

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama              : Vindy Calista

Hubungan      : Ibu kandung

Nama murid   : Angela Reynaldi

Kelas               : 1B

mengajukan permohonan izin tidak masuk sekolah karena anak saya Angela Reynaldi sedang sakit demam. Mohon kiranya dapat memberikan izin untuk tidak masuk sekolah dari tanggal 13 -14 Desember 2023.

Apabila kondisi Angela membaik, Angela akan segera masuk kembali. Namun bila hingga tanggal 14 Desember kondisinya belum membaik, maka surat izin dokter akan saya kirimkan hari berikutnya.

Demikian surat izin ini saya tulis. Terima kasih atas waktu dan perhatiannya.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Vindy Calista

2. Surat izin sakit untuk mahasiswa


Surabaya, 14 Desember 2023

Yth. Ibu Alula Sagita

Dosen Mata Kuliah Semantics

Prodi Linguistic, Jurusan S1 Sastra Inggris

Fakultas Bahasa dan Seni

Universitas Negeri Surabaya

di

Universitas Negeri Surabaya

 

Selamat pagi Ibu,

Bersama datangnya surat ini, saya:

Nama              : Safana Dalila

NIM                 : 230504265

Prodi               : Linguistic

Jurusan           : S1 Sastra Inggris

Menyampaikan bahwa saya tidak dapat hadir pada perkuliahan hari ini, khususnya pada mata kuliah Semantics, karena sedang sakit flu berat.

Mohon kiranya Ibu memberikan izin dan tenggat waktu lebih untuk tugas yang mungkin ada hari ini agar dikumpulkan menyusul.

Atas izinnya saya sampaikan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Safana Dalila

 

3. Surat izin sakit untuk pekerja


Cisarua, 15 Desember 2023

Yth. Human Resources Department

PT. Karya Gemilang

Jl. Angin Kumbara 342-345

Cisarua, Bogor

 

Dengan hormat,

Saya yang bertanda di bawah ini:

Nama              : Panji Satyalaksana

Jabatan           : Staff Operasional Gudang II

Mengajukan izin tidak masuk bekerja tanggal 15-16 Desember 2023 karena sakit. Adapun bila sakit belum membaik sampai batas waktu tersebut, surat keterangan sakit dari dokter akan dikirimkan menyusul.

Terkait pekerjaan saya yang harus diselesaikan tanggal 15-16 Desember 2023 akan saya selesaikan ketika masuk kembali. Untuk pekerjaan yang bersifat urgensi, sementara waktu dilimpahkan pada Staf operasional lainnya.

Atas izin dan perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(tanda tangan)

Panji Setyalaksana

 

Ternyata tidak sulit membuat surat izin sakit sendiri bila kondisi tubuh sedang kurang sehat. Pastikan surat ini dibuat dengan keadaan yang sebenar-benarnya dan tidak dimanipulasi belaka, ya, Bu.

Editor: Aprilia