Keluarga

Tak Harus Ucapkan "Selamat”, Ini 23 Ucapan Untuk Ibu Hamil Bermakna Baik

Tak Harus Ucapkan "Selamat”, Ini 23 Ucapan Untuk Ibu Hamil Bermakna Baik

Orang yang Ibu kenal sedang menyambut kabar bahagia kehamilannya. Wah, waktunya untuk memberi ucapan untuk Ibu hamil, nih.

Eits, tapi tunggu dulu, ternyata nggak semua ucapan untuk Ibu hamil itu harus dalam bentuk kata “selamat”, lho! Bahkan, nggak jarang ada orang yang belum siap menghadapi kehamilannya saat ini dan justru merasa terganggu kalau diberikan ucapan selamat.

Yuk, simak alternatif ucapan untuk Ibu hamil lainnya yang bisa kamu pilih berikut ini.

Kehamilan bisa jadi berita menyenangkan atau mengejutkan


Untuk seorang Ibu, kehamilan bisa jadi sebuah penantian panjang, namun bisa juga jadi hal yang nggak mereka inginkan sekarang. Entah itu karena memang berniat menunda punya momongan atau tidak mengharapkan kehamilan berikutnya. 

Keisha Wells, seorang Konselor Profeional Bersertifikat, yang juga seorang spesialis kesehatan mental paska melahirkan di Columbus, Georgia, menjelaskan melalui Parents bahwa untuk banyak orang menjadi orang tua itu, bukan perjalanan yang mulus atau sekadar dongeng yang berakhir indah.

Perjalanan ini berliku, banyak hambatan, dan melibatkan macam-macam emosi termasuk harapan, rasa takut, kesedihan, kemarahan, malu serta semangat yang membara. Tidak semua emosi ini positif.

Belum lagi, pada Ibu yang memiliki keterbatasan fisik. Fakta dari sebuah penelitian di tahun 2015 berjudul “How Did That Happen?” Public Responses To Women With Mobility Disability During Pregnancy mengungkap bahwa, seorang Ibu dengan keterbatasan fisik dan sedang hamil justru mendapat ucapan menyakitkan dan penuh rasa penasaran dari orang lain. Seolah beranggapan bahwa wanita dengan keterbatasan fisik tidak bisa hamil dan tidak punya hasrat seksual.

Di satu sisi kehamilannya menyenangkan, tapi bisa saja Ibu-Ibu ini merasa takut dihujat. Bahkan, takut dilirik dengan sinis, khawatir jadi bahan tontonan, sehingga tidak semua kehamilan memberikan rona keceriaan pada Ibu.

Untuk itu, ketika berdiri sebagai orang lain yang ingin memberikan ucapan untuk Ibu hamil, pastikan dulu apa yang tengah dirasakan oleh Ibu hamil tersebut. Apalagi, saat ini ada beberapa pilihan ucapan untuk Ibu hamil yang tidak menyertakan kata “selamat”, namun tetap bisa menunjukkan perhatian kita terhadap apa yang tengah dijalani sang Ibu. 

Lalu, apa saja ya ucapan untuk Ibu hamil yang bisa kita berikan untuk kenalan yang sedang mengandung?

Variasi ucapan untuk Ibu hamil


  1. Wow, kamu lagi ngalamin perubahan besar di hidupmu. Semangat terus, ya!
  2. Hamil mungkin nggak bisa diprediksi, ya. Pasti banyak yang harus kamu siapin dan perhatiin. Kalau butuh bantuanku, bilang aja, ya. Aku siap bantuin
  3. Wow, kamu hamil. Kabarin ya kalau butuh buku, link jurnal atau artikel tentang kehamilan. Aku ada beberapa referensi. Biar hati makin adem sampai lahiran nanti
  4. Semoga lancar ya kehamilanmu. Sehat terus Ibu dan bayinya. Jangan sungkan ngehubungin aku kalau butuh apa-apa, ya
  5. Wah, berita besar kamu hamil. Gimana perasaanmu? Kamu butuh sesuatu?
  6. Wow, sekarang lagi pengen apa? Aku bisa bantu apa?
  7. Ikut senang lihatnya. Gimana perasaanmu, sekarang? WA-ku aktif terus ya kalau kamu butuh aku.

Ucapan doa untuk Ibu hamil dalam Islam


Nah, kalau sudah yakin kalau Ibu yang sedang hamil bahagia dengan kehamilannya, Ibu bisa nih coba variasi ucapan untuk Ibu hamil dalam bentuk doa Islami.

  1. Masya Allah, selamat ya  untuk kehamilanmu. Semoga Allah selalu melindungi kamu dan bayimu.
  2. Selamat ya. Semoga Allah memberikan kemudahan selama kehamilanmu dan lancar saat lahiran.
  3. Alhamdulillah, kamu hamil. Semoga selalu diberkahi Allah, dilimpahkan banyak rezeki untukmu dan janinmu, sehat selamat sampai lahir nanti.
  4. Selamat, ya. Ya Allah, jagalah anak dalam kandungan Ibu ini, sehatkan anak ini karena sesungguhnya Engkau adalah yang Maha Menyehatkan, taka da kesehatan kecuali kesehatan dari-Mu, kesehatan yang tak terganggu penyakit.
  5. Masya Allah, selamat ya. Ya Allah, bentuklah anak dalam kandungan ini dengan rupa dan akhlak yang baik, lalu teguhkan iman dan Islamnya untukMu.
  6. Aku doakan, semoga kehamilanmu ini senantiasa diberkahi Allah, selamat Ibu dan anak dalam kandungan. Lahir dalam keadaan sehat, sempurna, tidak kurang suatu apapun dan diberkahi Nabi Muhammad SAW.

Ucapan untuk Ibu hamil dalam bahasa Inggris


  1. Congratulations for your pregnancy! Oh I am so excited to know this.
  2. Yeay! Hoping you can cope with it smoothly.
  3. Congrats, dear. Have a wonderful pregnancy journey with your baby.
  4. I know it! You are pregnant! Wow! You are amazing Mom.
  5. I am happy to hear the news. Be healthy, dear little bundle of joy.
  6. Pregnancy may not be always easy. But I believe you’ll be a great mother.
  7. It’s a new baby! Congratulation to both of you. Have a blessed pregnancy journey.
  8. Wishing you and your baby all the best during this pregnancy until delivery time.
  9. Wishing you a safe and easy delivery, Great Mom! See you, a little bundle of joy
  10. Hopefully the baby is growing healthy on your womb. Take care of you and your baby, dear. Wishing you a happy pregnancy.

Ucapan untuk Ibu hamil ini, sangat bermakna karena memiliki nilai dukungan psikologis yang dinanti setiap Ibu hamil. Karena kehamilan memang tidak mudah, dan tidak semua Ibu hamil siap dengan kehamilannya, maka bijaklah dalam memberikan ucapan untuk Ibu hamil, agar yang menerimanya tidak tersinggung atau merasa sedih.

Editor: Aprilia