Keluarga

Tak Muluk-Muluk, Ini 10 Tips Membuat Istri Bahagia

Tak Muluk-Muluk, Ini 10 Tips Membuat Istri Bahagia

Menemukan cara membuat istri bahagia lewat hal kecil digadang-gadang bisa membuat rumah tangga lebih langgeng. Istri yang diibaratkan seperti jantung dan nafas dalam rumah tangga, akan menghidupkan suasana positif bila ia senang.

Tak hanya itu, istri dan Ibu yang bahagia membesarkan anak-anak yang bahagia pula. Nah, dengan manfaat seperti ini, para suami tentu ingin tahu apa saja yang bikin istri bahagia. Simak tipsnya berikut ini.

Tips membuat istri bahagia

1. Dengarkan istri


Langkah pertama bikin istri senang sebenarnya mudah. Cukup dengan menjadi pendengar yang baik. Selelah apapun suami saat pulang bekerja, sempatkan mendengarkan curhatan istri.

Bayangkan saja, istri yang di rumah sebagian besar waktunya bertemu dengan anak kecil, jarang bertemu orang dewasa, tentu butuh teman ngobrol seusianya. Siapa lagi yang ditunggu kalau bukan suaminya.

Istri yang pergi bekerja juga punya keluh kesahnya sendiri. Mereka juga ingin didengar dan mencurahkan isi otak dan hatinya. 

Sebuah penelitian di tahun 1997 yang berjudul Language-associated cortical regions are proportionally larger in the female brain menjawab alasan mengapa istri lebih suka berbicara dan ingin celotehnya didengar. Ini karena area otak yang mengontrol kemampuan berbahasa seseorang ditemukan lebih besar pada otak wanita daripada pria. 

Sehingga membuat wanita memiliki kemampuan superior dalam hal bahasa. Artinya, berbicara dan bercerita merupakan kebutuhan seorang wanita. Posisikanlah diri sebagai pendengar yang baik untuk membuat istri bahagia. 

Letakkan gawai, fokus pada istri, dengarkan dan beri masukan tanpa menghakimi. Tidak harus langsung memberikan solusi, kok. Terkadang istri hanya ingin didengarkan saja. Suami boleh lho membumbui dengan beberapa kalimat. Agar tercipta diskusi yang menarik antara keduanya.

2. Beri sentuhan


Memberi sentuhan pada istri membuat istri merasa memiliki seorang yang menjaganya. Ia merasa aman, dicintai seutuhanya dan sentuhan akan membuat istri bahagia.

Pelukan sepulang atau sebelum berangkat kerja, sentuhan kecil di hidung, usapan lembut di kepala, atau usapan di punggung, menyamankan istri dan membuat istri bahagia. Sentuhan-sentuhan ini yang disukai istri dari suaminya. 

3. Ambil bagian dalam kerja sama tim


Rumah tangga adalah sebuah teamwork. Semua hal dalam rumah tangga bisa dilakukan bersama sebagai sebuah tim. Dari urusan ekonomi sampai urusan pekerjaan rumah, semua bisa dibagi bersama.

Contoh mudahnya, bila suami istri sama-sama bekerja. Gaji suami untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga termasuk pembayaran sandang dan papan, gaji istri bisa dialokasikan untuk kebutuhan anak. Kemudian ketika sudah di rumah, istri yang memasak, suami yang menuci piring. Suami yang menyapu, istri yang mengepel lantai.

Urusan merawat anak juga dikerjakan bersama. Saat suami turut ambil bagian dalam merawat anak, istri sangat senang dan jadi makin cinta sama suami. Jadi bisa membuat istri bahagia, bukan?

4. Selalu libatkan istri


Setelah menikah semua urusan masing-masing jadi urusan bersama. Dalam kesempatan yang memungkinkan, libatkan istri dalam urusan suami. 

Ajak ke kegiatan yang banyak melibatkan teman, kenalkan istri dengan bangga, libatkan juga dalam percakapan. Hal seperti ini membuat istri bahagia karena keberadaannya di mata suami penting.

5. Beri reward untuk istri


Membuat istri bahagia bisa diwujudkan dalam bentuk hadiah untuk istri. Tak melulu barang, hadiah untuk istri dapat berupa liburan ke tempat wisata, staycation, memberinya waktu untuk jalan-jalan sendiri atau bersama teman (suami yang bertugas menjaga anak), atau ajak kencan rutin.

Kegiatan-kegiatan seperti ini bisa dijadwalkan setiap minggu, setiap dua minggu atau setiap bulan, untuk mengisi tangki cinta istri agar istri bisa mencurahkan cinta yang penuh untuk anak-anak dan suami. 

6. Dukung istri melakukan apa yang ia suka


Bentuk dukungan terhadap istri bisa beragam macamnya. Misalnya istri ingin lanjut kuliah atau ingin memulai bisnis. Fasilitasi bila perlu. Tak hanya membuat istri bahagia, istri juga akan merasanilai dirinya sama berharganya dengan suaminya.

7. Tunjukkan cinta untuknya


Tidak bisa dipungkiri bahwa istri menyukai bentuk cinta yang terlihat. Biasanya, selepas satu tahun pernikahan, percik cinta mulai memadam. Suami yang biasanya rutin menunjukkan cinta, kini mulai biasa saja.

Ternyata, melansir dari penjelasan ilmiah dalam The Daily Gazette, laman berita Harvard, kadar hormon serotonin pada pasangan yang jatuh cinta lalu menikah, mulai kembali normal setelah satu tahun. Diiringi juga dengan meningkatnya hormon oksitosin yang membuat cinta lebih ‘matang’.

Nah, dari sinilah cara menunjukkan cinta pasangan yang menikah untuk membuat istri bahagia tentu berbeda. Cara menunjukkan cinta pada istri dapat berupa rutin melakukan pillow talk, membisikkan I love you, serta menciumnya saat bangun tidur, sebelum tidur atau sebelum pergi ke kantor. 

8. Menerima istri apa adanya


Menerima perubahan istri selama menikah juga merupakan cara membuat istri bahagia. Istri merasa diterima apa adanya terutama bila terjadi perubahan pada fisiknya setelah menikah dan memiliki anak.

Sifat-sifat yang tidak suami ketahui sebelum menikah juga akan tampak setelah pernikahan. Namun, melansir dari Universitas California, bahwa pernikahan adalah satu paket yang tidak bisa kita tawar apa isinya. Kita mendapat seluruh paketnya dan harus menerimanya, termasuk perubahan-perubahan sifat atau kondisi pasangan. 

9. Ucapkan terima kasih


Apapun yang telah dilakukan, ucapkan terima kasih untuk membuat istri bahagia. Termasuk untuk kehadirannya dalam hidup suami, kesetiaannya, pengorbanannya, bahkan ingatlah selalu untuk mengucap terima kasih setelah berhubungan seksual. Tak hanya senang, istri merasa jauh lebih dihargai.

10. Bersikap jujur dan terbuka


Dalam sebuah hubungan, kejujuran adalah yang utama. Tentunya istri menyukai suami yang terbuka dan bersikap jujur. Jujur dan terbuka membuat pasangan merasa keberadaannya dihargai dan dirinya selalu dilibatkan dalam segala hal.

Cara-cara membuat istri bahagia ini bisa para suami coba. Apalagi jika saat ini sedang berjuang untuk memahami istri. Sertakan juga komunikasi, karena kunci langgengnya hubungan ada pada komunikasi yang baik.

Editor: Aprilia