Keluarga

Panutan Buat Sang Adik, Apa Saja Sih Tanggung Jawab Kakak?

Panutan Buat Sang Adik, Apa Saja Sih Tanggung Jawab Kakak?

Tiap anggota keluarga di rumah tentu memiliki tugas dan tanggung jawabnya sendiri. Tak terkecuali tugas dan tanggung jawab Kakak di rumah.

Katanya sih, seorang Kakak bertugas menjaga sang Adik dan harus menjadi panutan buat Adik-Adiknya kelak. Tapi ternyata, tugas dan tanggung jawab kakak nggak hanya itu saja, lho!

Sang kakak sedikit banyak juga harus membantu sang Adik untuk mengerjakan tugas sekolah, serta menjadi contoh yang baik dalam menghormati orang tua dan menaati aturan dalam keluarga. Namun nyatanya, nggak semua Kakak tahu akan tugasnya.

Sehingga, orang tua wajib memberikan pengertian mengenai apa tanggung jawab Kakak secara lebih jelas. Yuk, kita ulas bersama!

Apa saja sih tanggung jawab Kakak di rumah?


Kedekatan antara seorang Kakak dan Adik memang nggak bisa dipisahkan oleh apapun. Walau terkadang ada saja konflik antar keduanya, seperti rebutan mainan dan berselisih paham, nyatanya masing-masih dari mereka tetap memiliki tanggung jawab sebagai Kakak maupun Adik.

Kali ini, Ibumin mau membahas mengenai apa saja sih tanggung jawab Kakak di rumah buat Adik-Adiknya dan kira-kira berikut adalah beberapa rangkaian tanggung jawab Kakak:

1. Menjadi contoh, mengajarkan empati


Kalau mengacu pada studi yang dilakukan oleh Child Development secara khusus membuktikan bahwa, seorang Adik terbukti mengamati semua hal yang dilakukan oleh Kakaknya. Hal ini juga memengaruhi ketika seorang Adik memiliki Kakak yang punya empati tinggi.

Kemungkinan besar sang Adik juga bisa mencontohkan apa yang dilakukan sang Kakak, dengan menjadi sosok yang punya empati tinggi. Sehingga, pada intinya dalam studi ini secara garis besar menjelaskan bahwa, tanggung jawab Kakak adalah memberikan pengaruh positif pada Adiknya.

2. Membantu Adik belajar bersosialisasi dengan lingkungannya


Tanggung jawab Kakak selanjutnya adalah, membantu Adik belajar bersosialisasi dengan lingkungannya. Tanpa sadar, ketika sang Kakak mengajak Adik bermain, otomatis Adik akan belajar aneka keterampilan yang dapat membantu mereka bersosialisasi dan menyelesaikan konfliknya sendiri.

Jadi jangan heran, kalau Ibu mungkin sering menemukan adegan menggemaskan yang menunjukkan seorang Kakak yang mengajari Adik yang lebih kecil dalam bertindak di sekitar teman. Hal ini juga kadang bikin si Adik hanya ingin didampingi sang Kakak ketika bermain dengan orang baru.

Pokoknya kemanapun hendak pergi, maunya sama Kakak. Karena Kakak adalah panutan buat sang Adik. Gemas banget ya Bu!

3. Mencegah Adik melakukan kenakalan


Tugas dan tanggung jawab Kakak selanjutnya adalah, mencegah agar Adik tidak melakukan kenakalan. Hal ini membuat seorang Kakak mungkin lebih dituntut untuk melakukan tindakan positif, demi mencegah Adik melakukan kenakalan yang dikhawatirkan.

Apalagi, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Marriage and The Family sosok seorang Adik kurang lebih juga merupakan seorang peniru. Dalam studi ini dikatakan pula bahwa, seorang Adik yang melihat ke sang Kakak terlibat dalam kenakalan maka mereka juga cenderung mengadopsi perilaku seperti ini.

Jadi, tanggung jawab Kakak dalam hal ini adalah memberikan pengertian mengenai tindakan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan Adiknya. Nah, Buibu jangan heran ya kalau ada adegan seorang Kakak yang begitu posesif terhadap sang Adik.

Karena hal ini semata-mata demi mengemban tugas dan tanggung jawab Kakak, dalam menjaga keselamatan Adik-Adiknya. Terutama dalam hal pergaulan.

4. Mengajari Adik dalam bidang akademik


Tahukah Ibu? Ternyata tugas mengajari Adik merupakan sebuah tanggung jawab Kakak, lho! Terutama dalam bidang akademik, kalau kiranya masih belum paham, barulah orang tua bisa turun tangan.

Dikutip dari Times of India tanggung jawab Kakak adalah, memotivasi sang Adik untuk bisa berhasil dan berprestasi. Kembali lagi, ketika sang Adik melihat Kakaknya rajin belajar, maka otomatis ia pun juga akan meniru.

5. Menjaga Adik ketika orang tua sedang bekerja


Konsepnya bukan berarti pengasuhannya full dilakukan oleh sang Kakak ya Bu. Apalagi kalau jarak usianya cukup berdekatan. Pasti butuh pengasuh lain yang mengawasi.

Tapi pada intinya, kita tetap harus mengajarkan tanggung jawab Kakak dalam menjaga Adiknya. Termasuk menjaga dan mengawasi Adik ketika kedua orang tuanya sedang sibuk bekerja.

6. Selalu siap dimintai bantuan


Hubungan persaudaraan antara Kakak dan Adik dengan usia yang lebih dewasa, biasanya akan jauh lebih dekat. Hal ini membuat tanggung jawab Kakak mungkin sedikit berkurang.

Karena sang Adik sudah makin tahu bagaimana caranya untuk menata hidup menjadi sosok yang lebih baik. Tapi yang pasti, seorang Kakak tetap punya tanggung jawab dan harus siap sedia kapanpun tiap kali sang Adik butuh bantuan.

7. Kalau Adik berbuat salah, Kakak wajib membimbing


Yup! Tugas dan tanggung jawab Kakak selanjutnya adalah membimbing sang Adik jika ia berbuat salah. Karena terkadang, nasihat dari Kakak mungkin lebih mudah didengar oleh sang Adik ketimbang orang tuanya sendiri.

Adik mungkin juga lebih nyaman jika harus menjadikan sang Kakak sebagai teman untuk berbagi cerita. Sehingga ketika Adik berbuat salah, tanggung jawab Kakak adalah menyadarkan mereka, memberikan hukuman yang mendidik, dan membimbingnya kembali ke jalan yang benar.

8. Membantu Adik menyelesaikan masalah


Nggak semua masalah bisa diselesaikan sendiri tanpa bantuan orang lain. Hal inilah yang membuat tanggung jawab Kakak juga jadi bertambah, terhadap Adiknya.

Apalagi biasanya, seorang Kakak jauh lebih mengerti apa yang dirasakan sang Adik ketimbang orang tuanya sendiri. Sehingga, Kakak mungkin bisa berperan membantu Adik menyelesaikan masalahnya secara lebih baik.