Keluarga

7 Tips Gemukin Badan agar Tubuh Sehat

7 Tips Gemukin Badan agar Tubuh Sehat

Meski sebagian besar Ibu mencari tahu soal bagaimana cara menguruskan badan, ternyata banyak juga lho yang berjuang mencari tips gemukin badan. Ibu termasuk salah satunya?

Tidak hanya memiliki tubuh gemuk, ternyata memiliki tubuh terlalu kurus sering kali berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Ada beberapa tips gemukin badan secara alami yang dapat Ibu lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal.

Ternyata, kekurangan berat badan sama bahayanya dengan kelebihan berat badan. Tubuh yang terlalu kurus dikategorikan sebagai kurang gizi. Tidak hanya perkara soal berat badan di timbangan, banyak bahaya kesehatan yang mengintai seperti anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan.

Oleh karena itu, jika Ibu memiliki berat badan kurang, makan Ibu disarankan menambah berat badan agar mencapai berat badan ideal. Simak tips gemukin badan secara alami ini!

Cara menggemukkan badan dengan cara sehat

Ibu dapat menambah berat badan dengan hanya memperbaiki pola hidup saja. Pola hidup itu meliputi asupan makanan, gaya hidup, manajemen stres, berolahraga, dan menjaga kualitas dan kuantitas tidur. Berikut tips gemukin badan secara alami yang dapat Ibu lakukan:

1. Lebih sering mengkonsumsi makanan

Jika Ibu terlalu kurus karena memiliki berat badan yang tidak ideal, tips gemukin badan pertama adalah ibu dianjurkan untuk lebih sering mengkonsumsi makanan. Ini bertujuan untuk menambah asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh guna meningkatkan berat badan. Jika Ibu tidak dapat mengkonsumsi makanan langsung dari porsi banyak, Ibu dapat mencoba makan dalam porsi lebih sedikit namun lebih sering. Misalnya dapat dengan meningkatkan frekuensi makanan dari 3 kali menjadi 5 hingga 6 kali dalam sehari.

2. Memilih makanan yang akan dikonsumsi

Tidak hanya menambah asupan kalori, Ibu juga harus cermat dalam memilih makanan seperti apa yang akan dikonsumsi jangan sampai mengkonsumsi makanan tidak berfaedah kurang bergizi seperti tinggi gula dan jenis karbohidrat sederhana. Tips gemukin badan berikutna adalah selektif dalam memilih jenis makanan. Pastikan makanan tersebut banyak mengandung nutrisi yang dapat mendukung peningkatan berat badan serta mencukupi kebutuhan makronutrien (protein, lemak, karbohidrat kompleks) dan mikronutrien (vitamin dan mineral).

Makanan tinggi protein dapat meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Karbohidrat dan lemak pada makanan berfungsi untuk menambah jaringan lemak serta mencukupi kebutuhan energi.

Protein dan lemak dapat ditemui dari daging, ikan, kacang-kacangan, telur serta tahu dan tempe. Untuk mencukupi mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral, Ibu dapat mengkonsumsi dari aneka buah dan sayuran.

3. Mengkonsumsi makanan berlemak baik

Cara menggemukkan badan lainnya adalah mengkonsumsi makanan berlemak baik atau lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-6. Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah dan aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.

4. Mengkonsumsi susu

Mengkonsumsi susu adalah salah satu cara menggemukkan badan yang dapat Ibu pertimbangkan. Susu dan produk olahannya seperti keju dan yoghurt merupakan sumber lemak, protein dan kalori yang baik. Tidak hanya itu, susu juga mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Utamakan mengkonsumsi susu sapi murni daripada mengkonsumsi susu penggemuk badan. Untuk menggemukkan badan, Ibu dapat minum 1 atau 2 gelas per hari.

5. Berolahraga secara rutin

TIps gemukin badan berikutnya adalah berolahraga secara rutin. Jangan salah, olahraga bukan hanya untuk mengurangi berat badan saja, tapi untuk semua orang, termasuk jika Ibu ingin menambah berat badan. Dengan berolahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, otot akan terlatih dan berat badan akan meningkat. Tidak hanya itu, olahraga dapat memperbaiki metabolisme tubuh serta meningkatkan nafsu makan. Asupan kalori pun lebih tercukupi.

6. Beristirahat yang cukup

Banyak yang menganggap remeh soal tidur, padahal kualitas dan kuantitas tidur yang cukup itu merupakan salah satu piramida kesehatan. Beristirahat yang cukup adalah tips gemukin badan yang krusial. Tidur berfungsi memperbaiki jaringan tubuh serta menjaga metabolisme agar tetap baik. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 6 sampai 8 jam. Kurang tidur dapat menyebabkan metabolisme kacau sehingga tubuh tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Selain itu, jaringan tubuh rusak yang harusnya diperbaiki juga tidak dapat dilakukan.

7. Tidak merokok

 

Sebuah penelitian mencatat bahwa orang yang sering merokok lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau malah berat badan kurang. Kebiasaan ini dianggap sebagai kebiasaan yang kurang sehat oleh semua faham kesehatan. Banyak penyakit yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok seperti tingginya risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, menghentikan kebiasaan merokok adalah langkah awal untuk hidup sehat dan bonusnya tubuh anda bisa kembali menjadi ideal. Tips gemukin badan ini cukup ampuh.

Selain mengikuti 7 tips gemukin badan di atas, pastikan ibu membatasi atau bahkan menghindari konsumsi makanan cepat saji dan makanan tinggi proses. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut tidak sehat dan rendah kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Proses menggemukkan badan bukan lah proses  yang instan. Ibu harus bersabar karena butuh waktu untuk menggemukkan badan secara alami.

Jika Ibu sudah melakukan tips gemukin badan di atas namun belum kunjung berhasil, Ibu dapat berkonsultasi dengan dokter gizi untuk mendapatkan arahan yang tepat.

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih