Keluarga

Tips Rumah: 6 Cara Membersihkan Stiker Di Permukaan Barang, Mudah Banget!

Tips Rumah: 6 Cara Membersihkan Stiker Di Permukaan Barang, Mudah Banget!

Namanya punya anak kecil, terkadang bikin beberapa barang dan sudut-sudut rumah penuh dengan tempelan stiker. Salah satu benda yang paling sering jadi sasaran empuk si kecil di rumah Ibumin adalah di pintu kulkas.

Terkadang isi stikernya juga beragam, mulai dari stiker dari sisa kupon belanja, hingga stiker dengan bentuk gambar yang menonjol. Apapun jenis stikernya, yang jelas kalau sudah menempel cukup lama, jadi lebih sulit untuk dikelupas atau dihilangkan.

Sehingga, rasanya penting sekali bagi Ibu untuk mengetahui cara membersihkan stiker yang benar di berbagai permukaan. Mulai dari kaca hingga dinding rumah.

Berikut adalah cara membersihkan stiker yang bisa Ibu lakukan di rumah, tanpa perlu digosok menggunakan tenaga!

Mudah banget! Ini cara membersihkan stiker di rumah

1. Cara membersihkan stiker di kaca

Cara membersihkan stiker di kaca, terkadang memang sedikit sulit dihilangkan. Biasanya Ibumin perlu menggunakan kuku atau benda tajam seperti silet, untuk membantu menghilangkannya.

Terutama jika stikernya sudah menempel lama, sehingga membuat stiker sudah lebih menempel dan sulit dihilangkan. Namun, jika dikutip dari Homes and Garden ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk membantu membersihkan stiker di kaca, seperti:

  • Menggunakan minyak kayu putih: Oleskan pada stiker yang menempel di kaca, diamkan 5 menit. Lepas stiker, bersihkan sisa lem stiker dengan sponge dan sabun pencuci piring
  • Menggunakan sponge yang direndam air sabun panas: Tempelkan sponge di atas stiker, biarkan air meresap. Diamkan selama 5 menit, lepaskan stiker dan bersihkan residu yang tersisa dengan lap mikrofiber yang di dibasahi sedikit air sabun
  • Menggunakan cuka putih: Cuka dapat digunakan sebagai cara menghilangkan stiker di kaca sebagai pengganti pelarut yang lebih kuat dibanding aseton dan alkohol. Caranya, rendam bola kapas dengan cuka putih dan biarkan hingga meresap ke stiker. Kemudian kikis stiker perlahan dan bersihkan dengan kain basah.

2. Cara membersihkan stiker dinding


Terkadang, untuk membersihkan stiker di dinding Ibu perlu sedikit effort. Tujuannya, supaya nggak ada cat tembok yang terkelupas, dan bikin dinding jadi rusak.

Sebenarnya cara membersihkan stiker dinding mudah saja, kok Bu. Cukup panaskan stiker dengan hair dryer, selama beberapa menit. Voila! Stiker bisa terkelupas dengan mudah tanpa perlu merusak cat dinding.

3.  Cara membersihkan stiker di wadah kaca


Ibumin juga seringkali memanfaatkan wadah kaca sebagai tempat sambal ataupun wadah bumbu halus. Namun, terkadang bekas stiker yang menempel di wadah kaca terlihat cukup mengganggu.

Sehingga, Ibumin jadi gemas ingin membersihkan stiker di wadah kaca. Ternyata cara membersihkan stiker di wadah kaca cukup mudah dilakukan, cukup rendam area berstiker dengan air hangat dengan sabun cuci piring, kurang lebih selama 5 menit.

Kemudian gosok dengan jari, atau bersihkan dengan sponge atau sikat gigi bekas. Teknik ini juga bisa digunakan sebagai cara membersihkan stiker di wadah plastik.

4. Cara membersihkan stiker di pintu kayu


Cara membersihkan stiker di pintu kayu, sejatinya juga cukup mudah. Mengutip dari The Spurce sebenarnya ada 3 cara yang bisa dilakukan, sebagai cara membersihkan stiker pada permukaan kayu:

  • Menggunakan aseton atau alkohol: Rendam ujung kain mikrofiber ke dalam larutan aseton atau alkohol. Kemudian gosok perlahan di permukaan stiker, diamkan selama 2 menit. Lalu, lepaskan stiker, jika terdapat sisa residu, Ibu bisa bersihkan menggunakan kain lap yang direndam dengan sabun cuci piring
  • Menggunakan hair dryer: Panaskan stiker dengan hair dryer, kemudian lepas stiker menggunakan scraper atau bekas kartu ATM. Bersihkan residu yang menempel di permukaan, dengan metode yang sama seperti menggunakan aseton atau alkohol.

5. Cara membersihkan stiker di kaca mobil


Cara membersihkan stiker di kaca mobil, sebenarnya juga bisa menggunakan hair dryer ya Bu. Laman The Times of India mengungkapkan, Ibu bisa memanaskan stiker menggunakan hair dryer untuk bantu melembutkan lem pada stiker.

Kemudian, perlahan lepaskan stiker yang menempel. Ibu juga bisa menggunakan scrapper untuk mengangkat salah satu sudutnya secara perlahan.

Lepas stiker secara bertahap, berikan sedikit tekanan yang stabil dan gerakkan perlahan, agar stiker tidak robek. Jika masih ada sisa lem lengket pada kaca, basahi dengan kain atau handuk dengan alkohol atau air sabun.

Hindari penggunaan bahan abrasif yang keras atau alat tajam yang dapat menggores kaca. Selain itu, Ibu juga bisa menggunakan es batu dan menempelkannya pada stiker agar daya rekat stiker bisa melunak, lakukan proses pelepasan stiker dengan metode yang sama.

6. Cara membersihkan stiker di kulkas


Sebenarnya cara membersihkan stiker di kulkas, kurang lebih hampir mirip dengan cara membersihkan stiker di kaca. Kalau Ibumin, biasanya menggunakan baby oil, minyak kelapa ataupun minyak kayu putih, untuk memudahkan proses pelepasan lem.

Kemudian, oles salah satu jenis minyak tersebut secara merata di permukaan stiker. Tunggu 2-5 menit, lalu lepaskan stiker secara perlahan. Bersihkan kembali sisa lem yang menempel, dengan lap basah yang direndam sedikit air sabun pencuci piring.

Semoga beragam cara membersihkan stiker yang Ibumin share ini, bisa membantu Ibu dalam membersihkan perabotan di rumah secara lebih maksimal ya! Dan yang perlu diingat lagi, sebaiknya hindari menggunakan benda tajam alih-alih demi melepas lem stiker lebih mudah. Karena, benda tajam hanya bisa membuat permukaan menjadi rusak dan tergores.