Keluarga

Wajib Dicatat! 6 Tips Penting Sebelum Membeli Mobil Akhir Tahun

Wajib Dicatat! 6 Tips Penting Sebelum Membeli Mobil Akhir Tahun

Akhir tahun, menjadi momen yang cukup dinanti oleh beberapa orang. Pada momen ini, terkadang Parents juga mendapatkan bonus akhir tahun dari perusahaan tempat bekerja.

Alhasil, muncul keinginan untuk mengganti sebuah barang lama menjadi barang baru. Misalnya saja seperti membeli mobil baru, namun mengingat harga mobil juga nggak murah, Parents tetap perlu memperhatikan beberapa tips membeli mobil akhir tahun yang tepat.

Tujuannya supaya nggak zonk, akibat keinginan semata dan berdampak jadi menyesal di kemudian hari. Untuk memudahkan Parents, saat membeli mobil akhir tahun, yuk perhatikan tips berikut ini terlebih dahulu!

Tips sebelum membeli mobil akhir tahun


1. Siapkan budget

Yup! Kalau mau membeli mobil akhir tahun, tentunya kita harus sudah menyiapkan budget ya Bu. Ini jadi salah satu hal penting yang nggak boleh dilewatkan.

Dikutip dari Money saat ini, harga mobil bekas telah meningkat lebih cepat dalam beberapa tahun terakhir dibandingkan kendaraan baru. Hal ini, bikin Parents mungkin akan membayar jauh lebih sedikit jika membeli mobil bekas.

Jadi, selain menyiapkan budget, tentukan juga apakah kira-kira Parents akan membeli mobil akhir tahun dalam kondisi bekas atau baru.  Jangan lupa, pertimbangkan pula jenis kendaraannya, terutama jika Parents sudah lama tidak membeli mobil karena pasar telah berubah secara signifikan.

Bisa juga membuat simulasi angsuran dalam hitungan kasar, sebagai acuan sebelum membeli mobil dengan cicilan bulanan. Biasanya, harga membeli mobil akhir tahun dengan cicilan justru mendapat banyak promo atau discount ketimbang membeli tunai.

2. Cek fitur-fitur yang diinginkan


Salah satu tips membeli mobil akhir tahun yang nggak boleh dilewatkan adalah, menentukan fitur-fitur apa yang sebenarnya Parents inginkan. Kalau Ibumin, biasanya akan rajin datang ke beberapa showroom atau pameran otomotif tertentu yang menampilkan beragam pilihan mobil dalam satu pameran.

Setelahnya, Ibumin akan mencatat kira-kira fitur apa yang sebenarnya Ibumin inginkan saat membeli mobil akhir tahun impian. Kemudian, kerucutkan merek-merek mobil yang sesuai dari 5-1 jenis.

Kalau ada kesempatan, jangan lupa lakukan test drive agar Parents makin yakin memilih mobil impian tersebut. Perlu diingat, semakin lengkap fitur-fitur yang ditampilkan, biasanya semakin mahal harga mobilnya.

Nah, di sinilah pentingnya Parents menyiapkan budget sejak awal. Supaya nantinya juga bisa membandingkan beragam tawaran harga menarik dari tiap dealer atau pameran.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan


Dikutip dari Detik Oto dalam membeli mobil akhir tahun, juga harus memerhatikan kebutuhan. Apalagi, saat ini sudah banyak tersedia mobil-mobil jenis hybrid ataupun mobil listrik yang dapat mengakomodir sesuai kebutuhan Parents.

Belakangan ini, yang sedang lahir di pasaran dan cukup memiliki banyak fitur yang banyak jadi pilihan mobil akhir tahun adalah jenis city car. Di mana bentuknya cenderung kecil dan kompak.

Namun, mobil jenis ini punya kelebihan khusus dan dirancang untuk melewati medan perkotaan yang cenderung macet. Mobil jenis city car konon juga lebih hemat bensin, lho!

Kalau punya budget lebih, tersedia pula mobil jenis city car lain dengan jenis elektrik. Nggak perlu khawatir, saat ini charging station untuk mobil listrik juga sudah tersedia di mana-mana kok, Parents.

4. Wajib pilih skema cicilan yang tepat


Dikutip dari NPR seorang ahli finansial dari NerdWallet, Phillip Reed mengatakan, beberapa tahun belakangan, banyak dealer lebih menonjolkan menawarkan dengan iming-iming pembayaran bulanan yang lebih murah dibanding total harga mobil secara keseluruhan. Untuk itu, Parents perlu lebih teliti dalam menanyakan harga mobil.

Jangan tergoda hanya karena pilihan skema cicilan yang rendah/bulannya. Apalagi, saat ini menurut Reed beberapa dealer menawarkan jangka waktu cicilan lebih dari 6 tahun.

Menurut Reed, ini justru sangat berbahaya. Singkatnya, pinjaman 6-7 tahun berarti pembayaran bulanan lebih rendah dibandingkan pinjaman 5 tahun. Tapi itu juga membuat Parents jadi perlu membayar lebih banyak uang sebagai bunga.

Apalagi, seperti kebanyakan cicilan, bunganya cenderung akan dibayar di muka. Sehingga memaksa Parents untuk membayar bunga lebih banyak dibandingkan dengan pokok cicilan di tahun-tahun pertama. Sayangnya, banyak orang nggak menyadari akan hal ini.

5. Cari tahu model mobil di tahun depan


Nah, tips membeli mobil akhir tahun yang satu ini jarang sekali disadari oleh orang-orang. Padahal, mencari tahu rencana model mobil yang akan keluar tahun depan sangat penting dilakukan.

Apalagi, tiap tahun pabrik-pabrik mobil cenderung akan mengeluarkan beragam model baru dengan tambahan fitur. Dengan mengetahui model yang akan datang, setidaknya bisa dijadikan sebuah pertimbangan.

Agar nantinya rombakan terjadi nggak terlalu jauh berbeda dengan tahun depan. Setelahnya bandingkan fitur-fiturnya dengan merek mobil lain, yang mungkin setipe tapi memiliki harga yang nggak jauh berbeda dan masih sesuai budget.

6. Pastikan kondisi keuangan benar-benar sehat


Nggak ada salahnya mempertimbangkan ulang mengenai budget yang akan dikeluarkan. Pastikan pula kondisi keuangan memang dalam keadaan sehat.

Jangan paksakan apabila kondisi keuangan sedang pas-pasan ya Parents. Apalagi, kalau keinginan ini diiringi dengan nafsu semata.

Pada intinya, membeli mobil akhir tahun memang seringkali menjadi incaran orang. Sebab, di musim ini ada banyak dealer maupun showroom yang menawarkan berbagai diskon dengan harga yang bervariasi.

Biasanya, hal ini dibarengi dengan dealer atau showroom yang akan menghabiskan stok mobil lama yang menumpuk. Serta menggantikan apalagi ada mobil keluaran terbaru.