Kesehatan

5 Fakta Tentang Susu Beruang Yang Banyak Dicari Orang

5 Fakta Tentang Susu Beruang Yang Banyak Dicari Orang

Seiring dengan meningkatnya jumlah kasus Covid 19 yang semakin tinggi, masyarakat mulai melakukan berbagai cara untuk menangkal virus ini. Selain melalui obat dan vitamin, belakangan ini masyarakat juga mengonsumsi susu beruang.

Hal ini membuat susu dari produk Nestle tersebut menjadi langka di pasaran. Sebab, masyarakat menganggap susu ini dapat mengobati Covid 19 dan penyakit lain yang sedang mereka derita.

Bahkan yang terbaru ada video yang memperlihatkan banyak orang memperebutkan susu beruang ini di dalam supermarket besar. Sehingga menyebabkan mereka menjadi panic buying dan membuat susu beruang menjadi langka di pasaran.

Nah, biar nggak salah menduga dan jadi panic buying lebih baik kita simak dulu yuk fun fact tentang susu beruang dengan merk dagang Bear Brand yang sedang naik daun berikut ini.

Fun fact panic buying susu beruang


1. Sejarah susu beruang Bear Brand

Susu beruang diperkenalkan ke pasar pada tahun 1898 di Swiss, saat itu susu beruang terkenal dengan nama Barenmarke. Kemudian pada tahun 1930-an, susu ini masuk dan diperkenalkan di Indonesia dan diambil alih oleh produsen Nestle.

2. Susu beruang diiklaim sebagai susu untuk menyembuhkan penyakit

Dikutip dari akun Twitter seorang agensi iklan lokal bernama Pribadi P dengan akun @pipis  masyarakat pada zaman dahulu bisa mendapatkan susu beruang di toko obat-obatan China.

Hal ini dikarenakan susu beruang hanya dijual di toko-toko China. Sehingga secara turun temurun, susu beruang dipercaya sebagai obat untuk memulihkan stamina dan menetralisir racun dalam tubuh. Hal ini yang kemudian menyebabkan susu beruang jadi diperebutkan di pasaran.

3. Gambarnya beruang tapi iklannya naga

Masih dikatakan oleh akun tersebut saat proses pembuatan iklan susu beruang dahulu agensi tempatnya bekerja menyarankan agar ada unsur China dalam membuat iklan susu beruang. Mereka menyarankan untuk menggunakan naga yang melambangkan makhluk legenda China.

Naga dipercaya turun-temurun dianggap memiliki darah yang berkhasiat bagi kesehatan manusia. Sejalan dengan susu beruang yang banyak di jual di toko China yang dipercaya turun-temurun karena khasiatnya.

4. Terbuat dari susu sapi murni dan bukan dari susu seekor beruang

Mengutip laman Nestle.co.id susu beruang merupakan susu yang diambil dari 100% susu sapi murni. Berbeda dengan susu lainnya, susu beruang memiliki proses pembuatan menggunakan tahap sterilisasi yang jauh lebih baik dibandingkan susu sapi lain. Walau namanya adalah susu beruang, namun susu ini bukan berasal dari seekor beruang ya Bu.

5. Mengandung banyak vitamin dan mineral

Dikutip dari Dr Health Benefits susu beruang banyak mengandung protein, vitamin, dan lemak yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh dan kesehatan. Susu beruang mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, mineral, dan kalori. Tapi tak berarti susu lain juga tidak memiliki kandungan vitamin ini ya Bu.

Apakah susu beruang bisa obati Covid 19? 

Nah, sebelum semakin menjadi panic buying berlebihan faktanya menurut Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban membantah susu beruang bisa menyembuhkan covid-19. Dikutip dari akun Instagram miliknya @profesorzubairi  ia hanya bisa geleng-geleng kepala ketika melihat video maraknya orang yang membeli susu beruang terlalu banyak.

Prof. Beri mengatakan, kandungan dalam susu disebut tidak bisa membunuh virus Covid 19 dalam tubuh. Ia juga menjelaskan apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini untuk terlindung dari pandemi tidak hanya konsumsi susu. Dibutuhkan konsumsi sayuran, daging, telur, buah, karbohidrat, vitamin, serta mineral yang didapatkan dengan makan makanan bergizi seimbang.

Prof. Beri pun mengimbau agar masyarakat mau mematuhi protokol kesehatan dengan tak lagi berkerumun demi mengambil berkaleng-kaleng susu beruang. Menurutnya susu sapi merk apapun memiliki kandungan dan manfaat yang sama sehingga tidak harus mengonsumsi susu beruang.

Makanan kaya akan kalsium selain susu

Sumber kalsium tidak hanya bisa di dapatkan dari susu. Melansir Healthline ternyata ada beberapa sumber makanan lain yang memiliki kalsium yang sama setara dengan segelas susu murni diantaranya adalah sebagai berikut

  • Yoghurt: Produk berbahan dasar susu yang satu ini juga mengandung banyak kalsium karena juga terbuat dari bahan dasar susu sapi murni.
  • Sayuran hijau: brokoli, sawi hijau, bayam, pokcoy dan lainnya. Usahakan konsumsi sayuran hijau setiap hari untuk membantu melancarkan pencernaan.
  • Aneka ikan laut: ikan sarden dan ikan salmon. Ke dua ikan ini memiliki kandungan omega 3 yang tinggi dan baik untuk perkembangan otak. Namun ikan sarden dalam hal ini bukanlan jenis ikan yang ada di dalam kaleng ya Bu. Sebaiknya usahakan membeli ikan sarden yang masih segar yang banyak di jual di supermarket maupun pasar tradisional.
  • Kacang-kacangan: almond, kedelai, kenari dan lainnya.
  • Tahu dan tempe.
  • Biji wijen, chia seeds, dan ragam jenis flakes seed lainnya.
  • Buah-buahan; pisang, jeruk, apel, aprikot, kismis dan lainnya.

Semua makanan ini banyak tersedia di pasaran ya Bu. Sehingga kalau nggak suka susu murni maupun susu beruang, makanan-makanan ini mungkin bisa menjadi salah satu alternatifnya.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih
Featured image sourcce: gitacinta.com