Kesehatan

5 Manfaat Clover Honey Untuk Kesehatan Keluarga

5 Manfaat Clover Honey Untuk Kesehatan Keluarga

Madu merupakan bahan alami yang sejak zaman Nabi dianggap sebagai obat dari segala obat. Bahkan manfaat madu tertulis pada salah satu surat dalam Al-Quran.

Sehingga, madu seringkali dimanfaatkan oleh manusia untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk Covid-19. Ada berbagai jenis madu yang terdapat di alam, salah satunya adalah clover honey.

Ibu, pernah pasti pernah mendengar clover honey kan? Nah, madu yang dijual secara konvensional maupun online ini diklaim sebagai madu yang paling sehat dan enak.

Namun, sebenarnya, apa sih yang di maksud dengan clover honey? Apa saja manfaat clover honey? Supaya lebih jelas yuk kita simak ulasan berikut ini.

Manfaat clover honey untuk tubuh


Dilansir dari Healthline clover honey merupakan jenis madu yang berasal dari tanaman semanggi atau clover plants. Karena diambil dari sari bunga tanaman semanggi, warna clover honey berbeda dari jenis madu biasanya.

Jika kebanyakan madu memiliki warna cokelat, clover honey memiliki warna kuning terang. Madu semanggi juga memiliki sedikit aroma wangi khas tanaman dan rasa manis yang lezat.

Dibandingkan dengan madu Manuka, harganya tergolong lebih murah dan tersedia lebih luas. Rasanya yang unik ini membuat clover honey lebih banyak disukai banyak orang terutama anak-anak. Bahkan clover honey juga dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan sehat.

Apalagi clover honey menyimpan segudang komponen bergizi. Dalam artikel yang di lansir dari Healthline, satu sendok makan (21 gram) clover honey mengandung:

  • Kalori: sekitar 60-64 kalori;
  • Protein: 0 gram;
  • Lemak: 0 gram; dan
  • Karbohidrat: 17 gram.

Clover honey juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk zat besi, magnesium, kalium, dan seng. Ditambah kandungan senyawa antioksidan, jadi tak heran jika madu viral ini menjadi madu yang sangat diincar di masa pandemi.

Lalu apa saja sih manfaat clover honey untuk tubuh? Melansir Organic Facts berikut adalah 5 manfaat clover honey yang bisa menjadi booster imun untuk keluarga di rumah.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam clover honey dapat meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

2. Mencegah beragam penyakit kronis

Zat antioksidan dan polifenol yang terdapat di dalam clover honey juga bermanfaat mencegah penyakit kronis serta mencegah stres oksidatif dan efek negatif dari radikal bebas. Bahkan mencegah efek buruk yang mungkin bisa di alami jika sudah terlanjur memiliki penyakit kronis seperti jantung, kanker dan lainnya. Manfaat clover honey untuk asam lambung sendiri juga bisa mengurangi gas yang ada di dalam usus dan membantu melancarkan pencernaan.

3. Meredakan flu dan batuk

Di cuaca yang sedang tidak menentu seperti sekarang ini membuat banyak orang mudah terkena flu dan batuk termasuk anak-anak. Clover honey adalah jenis madu yang tepat di minum oleh anak-anak. Selain sebagai antivirus manfaat clover honey untuk anak lainnya adalah bisa meredakan gejala flu dan batuk. Cukup konsumsi 1-2 sendok makan dalam sehari atau bisa di oles pada roti saat sarapan pagi.

4. Baik untuk kesehatan jantung

Clover honey adalah madu ajaib yang sangat baik untuk kesehatan jantung, mencegah risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan juga kanker jenis tertentu. Zat potasium yang ada di dalam clover honey juga bisa menetralkan tekanan darah tinggi dan meringankan gejala stroke.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Ragam vitamin dan mineral yang terdapat apda clover honey dapat menguatkan tulang dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Clover honey memiliki kandungan antibakteri, antiradang, dan antioksidan yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri jahat.

Siapa saja yang boleh konsumsi clover honey?


Setelah mengetahui beragam manfaat clover honey, lalu siapa saja sih yang boleh mengonsumsi madu ‘ajaib’ ini? Dilansir dari Baby Center madu sangat aman bila konsumsi oleh Ibu hamil dan anak-anak. Namun perlu dicatat bahwa clover honey dan mau lainnya tidak boleh dikonsumsi anak-anak usia di bahwa 1 tahun ya Bu!

Nah, selain memiliki manfaat yang sudah di sebutkan tadi ternyata nutrisi yang ada pada clover honey juga bisa bermanfaat pada orang dengan kondisi berikut ini lho:

1. Manfaat clover honey untuk anak-anak

Dapat meningkatkan sistem imun, menambah nafsu makan, mengurangi gejala flu batuk, panas dalam serta dapat meningkatkan mood anak yang kurang bersemangat saat belajar.

Cara konsumsi: Ibu bisa langsung memberikan 1-2 sendok, seduh dengan air hangat atau sebagai olesan pada roti untuk menjadi camilan sore/sarapan paginya.

2. Manfaat clover honey untuk program hamil

Clover honey bisa meningkatkan sistem imun yang otomatis jika tubuh sudah kuat juga bisa merangsang produksi hormon seksual dan meningkatkan kualitas sperma. Clover honey juga bisa meningkatkan kesuburan pada wanita, mengatasi PMS, infertilitas, impotensi, dan menopause.

3. Manfaat clover honey untuk Ibu hamil

Kandungan nutrisi pada clover honey bisa bermanfaat untuk ibu hamil, antara lain meningkatkan sistem imun, melancarkan saluran cerna, mengatur tekanan darah yang dapat menjadi penyebab preeklamsia dan kaya akan antioksidan. Clover honey juga bermanfaat bagi Ibu setelah melahirkan, dapat membantu mempercepat proses penyembuhan baik melalui proses persalinan normal maupun caesar.

Penulis: Aprilia Ramdani
Editor: Dwi Ratih