Kesehatan

6 Obat Cacar Air Tradisional Paling Ampuh, Mampu Hilangkan Bekas Luka!

6 Obat Cacar Air Tradisional Paling Ampuh, Mampu Hilangkan Bekas Luka!

Cacar air merupakan salah satu penyakit menular yang dapat diderita oleh siapa saja, termasuk Ibu hamil dan anak-anak. Ketika sudah terinfeksi cacar air, biasanya akan muncul bercak-bercak merah berair yang cukup gatal.

Bercak-bercak merah ini muncul diberbagai tempat di tubuh kita, mulai dari tangan, kaki, leher, punggung, selangkangan hingga kulit kepala. Satu hal yang Ibumin ketahui, bercak pada cacar air biasanya akan sembuh dalam waktu 7 hari.

Tapi, tidak dengan bekas bercaknya. Sehingga, banyak orang melakukan berbagai macam cara untuk membantu mengatasi sisa bekas luka tersebut.

Salah satunya menggunakan obat cacar air tradisional paling ampuh. Sejak Ibumin kecil, obat cacar air tradisional paling ampuh ini dipercaya dapat membantu memudarkan bekas luka cacar yang sulit hilang sekalipun, lho!

Cacar air dan penyebabnya


Cacar air anak kurang lebih sama dengan cacar air yang menginfeksi orang dewasa. Virus penyebab cacar air sendiri dikenal dengan nama Varicella-zoster (chickenpox).

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) cacar air paling sering ditemukan pada anak di bawah usia 12 tahun. Cacar air juga merupakan penyakit yang tergolong sangat menular.

Bahkan, virus dapat menyebar dari orang ke orang melalui kontak langsung, menghirup aerosol dari cairan vesikular lesi kulit penderita akut, dan mungkin melalui sekret pernapasan yang terinfeksi yang juga dapat berbentuk aerosol. Orang yang terinfeksi cacar air bahkan, dapat menularkan virus 1-2 hari sebelum timbulnya ruam sampai semua lesi cacar air telah kering.

Diperlukan waktu 10 hingga 21 hari setelah terpapar virus bagi seseorang, untuk menularkan virus varicella penyebab cacar air. Namun, berdasarkan studi penularan antar anggota keluarga yang hidup bersama, 90% lebih mudah terpapar.

Harus bagaimana cara mengobati cacar air pada anak?


Untuk mengobati cacar air yang terdapat gejala lain seperti demam, sudah pasti memerlukan perawatan khusus dari dokter. Nantinya dokter akan memerikan seberapa parah ruam yang muncul.

Sehingga dapat diberikan perawatan obat yang tepat. Tapi biasanya, cacar air pada anak-anak yang sehat, seringkali tidak memerlukan perawatan medis. Dokter mungkin hanya menyarankan konsumsi obat antihistamin untuk meredakan rasa gatal.

Namun, pada mereka yang tergolong punya kondisi kesehatan berisiko tinggi mengalami komplikasi layaknya Ibu hamil, lansia atay bayi, mungkin memerlukan perawatan khusus. Mengutip dari Mayo Clinic berikut adalah cara mengobati cacar air pads anak dan mereka yang berisiko tinggi:

  • Konsumsi obat antivirus atau antibiotik dari dokter untuk memperpendek durasi penyakit dan membantu menurunkan risiko komplikasi
  • Pastikan si kecil tidak menggaruk ruam yang ada. Jika terus menggaruk, maka risikonya akan muncul ruam baru yang lebih gatal. Menggaruk kulit dapat menyebabkan jaringan parut dan memperlambat penyembuhan
  • Pastikan kuku anak sudah dipotong, agar ketika ada reflek untuk menggaruk tidak menimbulkan infeksi pada luka
  • Meringankan rasa gatal dan gejala lainnya bisa dilakukan dengan, mandi air dingin dengan tambahan soda kue, aluminium asetat, atau oatmeal mentah
  • Rutin mengoleskan salep atau lotion kalamin dioleskan pada bagian yang gatal
  • Diet makanan lunak dan hambar jika luka cacar air terbentuk di mulut
  • Konsumsi obat antihistamin seperti diphenhydramine yang sudah diresepkan dokter untuk mengurangi rasa gatal
  • Konsumsi paracetamol apabila timbul demam
  • Gunakan pakaian berbahan katun yang dingin.

Ikhtiar menggunakan obat cacar air tradisional paling ampuh

Beberapa obat cacar air tradisional paling ampuh di bawah ini, dipercaya bisa membantu menghilangkan bekas luka dan rasa gatal yang dirasakan:

1. Oatmeal

Sudah sejak lama, oatmeal dikenal sebagai salah satu obat cacar air paling ampuh yang banyak digunakan. Berendam air campuran oatmeal terbukti ampuh hilangkan rasa gatal pada kulit.

Namun, laman Healthline memaparkan, ada baiknya gunakan oatmeal koloid yang sudah digiling halus. Supaya, bubuk oatmeal tersebut bisa tenggelam ke dasar air, dan lebih bisa meresap ke kulit.

Berdasarkan penelitian tahun 2015 yang dilakukan oleh Johnson & Johnson tidak ada takaran yang pasti untuk campuran air mandi ini. Tapi, yang terpenting, pastikan bubuk oatmeal telah larut dengan sempurna hingga air tampak seperti susu.

Bubuk oatmeal ini terbukti mengandung senyawa-senyawa antioksidan dan antiradang yang dinilai dapat meredakan gatal-gatal dan ruam akibat cacar air.

2. Lotion kalamin

Kalamin merupakan salah satu obat cacar air tradisional paling ampuh, yang juga cukup jadi andalan. Kalamin tersedia dalam bentuk lotion yang mengandung zinc oksida, dan dipercaya dapat mengatasi rasa gatal yang timbul.

Hindari penggunaan lotion ini di area wajah ya, Bu. Gunakan tipis-tipis dengan bantuan cotton buds di area ruam yang terasa gatal.

3. Madu 

Berdasarkan penelitian tahun 2012 menyebutkan bahwa, madu merupakan salah satu obat cacar air tradisional paling ampuh yang populer sejak dahulu kala. Madu mudah diaplikasikan pada kulit, mudah didapatkan dan harganya pun cukup terjangkau.

Selain dapat membantu mengurangi rasa gatal, madu berpotensi menjadi obat yang sangat baik untuk mengobati ruam, di negara-negara berkembang dimana obat antivirus mahal atau bahkan sulit ditemukan. Oleskan madu di bagian yang ruam/terasa gatal, namun sebaiknya jangan gunakan madu sebagai obat cacar air tradisional paling ampuh pada anak di bawah 1 tahun, guna menghindari kejadian botulisme.

4. Teh chamomile

Mengutip dari Medical News Today teh chamomile merupakan obat cacar air tradisional paling ampuh, yang bersifat antiseptik dan antiinflamasi. Membuat teh chamomile juga dapat menenangkan kulit yang terasa gatal akibat cacar air.

Cara menggunakannya, cukup seduh 2–3 kantong teh chamomile dalam air hangat (kalau Ibumin lebih suka menggunakan air dingin). Kemudian celupkan kapas atau waslap, lalu tinggal usapkan ke permukaan kulit yang terasa gatal. Ulangi 2-3 kali sehari untuk hasil maksimal.

5. Soda kue

Soda kue jadi obat cacar air tradisional paling ampuh yang bersifat antiseptik, serta mampu meredakan gatal, kemerahan, dan mempercepat pengeringan ruam. Cara menggunakannya pun cukup mudah, tambahkan 1 cangkir soda kue ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi.

Kemudian gunakan air tersebut untuk mandi dan membilas badan. Saran Ibumin, gunakan larutan ini tiap hendak mandi 1-2 kali sehari.

6. Terapkan pola makan sehat

Pola makan sehat, merupakan obat cacar air tradisional paling ampuh yang sangat mudah diterapkan, tanpa perlu mempersiapkan ini dan itu. Pola makan sehat dan bergizi, dapat membantu proses penyembuhan luka dari dalam.

Konsumsi sayur, buah, protein hewani maupun nabati, susu dan kacang-kacangan, bisa membantu meningkatkan sistem imun kita sehingga menjadi lebih cepat sembuh. Ada baiknya, selama sakit cacar air batasi konsumsi makanan dan minuman yang berlemak dan mengandung banyak gula dan perbanyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi.

Satu hal yang perlu diingat, walaupun Ibu sudah menggunakan obat cacar air tradisional paling ampuh secara rutin, tapi Ibu lalai dalam menjaga kebersihan diri si kecil, hal ini akan sia-sia. Jadi, cobalah untuk lebih memperhatikan kebersihan tubuh selama sakit berlangsung, agar luka ruam bisa cepat kering dan virus bisa cepat hilang.