Kesehatan

8 Cara Menghilangkan Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan

8 Cara Menghilangkan Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan

Jangankan anak kecil, orang dewasa pasti merasa sangat terganggu saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

Ikan adalah jenis makanan yang merupakan sumber nutrisi yang baik. Terdapat banyak jenis ikan yang memiliki nutrisi masing-masing. Ikan juga merupakan pilihan yang tepat dalam variasi menu MPASI si kecil, mulai dari ikan goreng, ikan kukus, hingga ikan panggang. Si kecil akan lebih mengenal cara makan ikan yang bervariasi

Namun, ikan memiliki struktur tubuh penuh tulang, terutama untuk ikan-ikan laut berukuran kecil semacam ikan kembung. Meski cara makan ikan sudah benar, tetap saja tulang ikan bisa tersangkut di tenggorokan. Keadaan ini sangat menyiksa karena menelan makanan dan minuman menjadi sakit.

Ibu tidak disarankan menggunakan jari saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan karena alih-alih tulang ikan terkait keluar, adanya malah tulang ikan tersangkut di kerongkong dan tenggorokan. Selain itu, Ibu juga bisa mengajari anak yang sudah lebih besar bagaimana cara makan ikan yang baik.

Simak 7 cara aman dan cepat saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan!

1. Menelan nasi

8-cara-menghilangkan-tulang-ikan-tersangkut-di-tenggorokan-2

Cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan yang paling populer adalah dengan cara menelan nasi. Caranya, ambil nasi berukuran bola kecil, kemudian kunyah sekenanya saja dan langsung telan. Bola nasi yang tidak halus dan cukup bervolume ini cukup untuk meluruhkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan dan mengirimnya ke saluran pencernaan. Kemudian, Ibu dapat menelan air untuk membantu perasaan tidak nyaman pada tenggorokan.

2. Menelan roti dan air

Cara populer lainnya menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan adalah menelan roti yang sudah dicelupkan ke dalam air. Ibu dapat merendam roti selama 1 menit. Setelah itu, telan lah roti tersebut sekaligus atau setidaknya dikunyah sekenanya saja jangan sampai halus. Metode ini sangat membantu Ibu dan anak dalam menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

3. Makan buah pisang

Selain rasanya enak, pisang memiliki tekstur yang padat sehingga cukup ampuh dalam menghilangkan tulang ikan tersangkut di kerongkong. Pisang yang lengket dan cukup bervolume cukup mampu membuat tulang ikan tersangkut di kerongkong terbawa dan ikut masuk ke sistem pencernaan. 

Kunyahlah pisang sampai lembut sehingga saliva banyak tercampur ke pisang. Ini akan memudahkan tulang ikan tersangkut di kerongkong menjadi terlepas dan masuk ke sistem pencernaan. Ibu juga dapat minum air setelahnya agar tenggorokan lebih enak.

4. Batuk yang kencang

8-cara-menghilangkan-tulang-ikan-tersangkut-di-tenggorokan-3

Jika menelan atau mendorong duri hanya melalui air putih tidak berhasil, Ibu bisa mencoba batuk yang kencang. Tulang ikan tersangkut di tenggorokan umumnya ada di area belakang tenggorokan, yakni dekat area tonsil (amandel). Amandel sendiri adalah organ kecil yang berperan penting melawan infeksi. Batuk yang kuat beberapa kali diharapkan bisa membantu mengeluarkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan.

5. Menelan minyak zaitun

Cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan lainnya adalah dengan cara minum 1-2 sendok makan minyak zaitun sekaligus. Minyak zaitun berfungsi sebagai lubrikan alami yang sehat dan aman bagi tubuh. Selain itu, minyak zaitun juga dapat melapisi permukaan tenggorokan dan tulang ikan itu sendiri sehingga lebih licin dan lebih mudah terlepas dari tenggorokan.

6. Minum air garam

Minum air garam juga bisa menjadi salah satu alternatif menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan lho!

Ibu dapat minum air hangat yang telah dicampurkan sejumput garam. Jika ukuran tulang ikan yang tersangkut berukuran kecil, maka tulang tersebut akan luruh dan terbawa ke saluran pencernaan bersamaan dengan air garam.

Meski begitu, Ibu tidak boleh terlalu banyak minum air garam karena risiko dehidrasi. Jika cara minum air garam ini belum berhasil, Ibu dapat mencoba cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan lainnya.

7. Minum air soda

8-cara-menghilangkan-tulang-ikan-tersangkut-di-tenggorokan-4

Ternyata minum soda efektif dijadikan pertolongan pertama pada kasus tulang ikan tersangkut di tenggorokan. Ibu bisa menggunakan air soda tawar agar tidak mengkonsumsi minuman soda yang umumnya mengandung gula tinggi.

Saat soda masuk ke dalam perut, soda akan memberikan efek gas pada perut. Gas inilah yang nantinya akan melonggarkan tenggorokan sejenak dan memberi tekanan agar tulang ikan keluar dari tenggorokan.

8. Minum cuka apel

Cuka apel atau cuka dapur lainnya memiliki pH rendah dan bersifat asam. Mungkin minum cuka kurang cocok dikonsumsi oleh anak atau Ibu yang bermasalah pada lambung. Jika Ibu tidak memiliki masalah dalam mengkonsumsi cuka, minum air hangat dicampur dengan cuka apel dapat membantu melunakkan duri ikan sehingga Ibu akan lebih menelan duri yang tersangkut di tenggorokan.

Ibu dapat mencampurkan segelas air hangat dengan 2 sendok makan cuka apel. Jika terlalu asam, Ibu dapat mencampurkan larutan ini dengan madu.

Jika Ibu sudah mencoba berbagai cara menghilangkan tulang ikan tersangkut di tenggorokan di atas dan belum berhasil, Ibu dapat segera mencari pertolongan medis. Masalahnya, tulang ikan yang terus menempel di kerongkongan dapat menyebabkan sejumlah risiko komplikasi seperti luka dan infeksi.

8-cara-menghilangkan-tulang-ikan-tersangkut-di-tenggorokan-1

Waspadalah apabila si kecil atau ibu mengalami hal ini saat tulang ikan tersangkut di tenggorokan:

  • Demam;
  • Tidak dapat menelan makanan dan minuman;
  • Air liur muncul berlebihan;
  • Terjadi memar dan pembengkakan; dan
  • Nyeri di perut dan dada.

Ibu tidak perlu khawatir saat ada tulang ikan tersangkut di tenggorokan. Namun, Ibu harus tetap waspada agar tidak berlarut-larut!

Editor: Dwi Ratih