Kesehatan

9 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Anak

9 Manfaat Pepaya untuk Kesehatan Anak

Mungkin Ibu harus mempertimbangkan pemberian pepaya rutin di masa MPASI mengingat begitu banyak manfaat pepaya untuk anak 6 bulan. Si kecil yang biasanya hanya mengkonsumsi ASI kini harus mengkonsumsi makanan padat lainnya. Ini membuat si kecil rentan mengalami sembelit. Oleh karena itu, manfaat pepaya untuk anak yang paling populer adalah membantu si kecil mengatasi sembelit.


Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), meskipun kebanyakan dokter merekomendasikan agar pemberian buah baru boleh dilakukan setelah bayi mengkonsumsi sayur, tidak ada bukti yang cukup kuat untuk membuktikan bahwa bayi menjadi tidak suka sayur karena sudah diperkenalkan dengan buah terlebih dahulu. Bayi dilahirkan dengan preferensi kuat terhadap rasa manis dan urutan perkenalan makanan tidak mengubah kondisi tersebut.

Beberapa resep buah pepaya untuk anak 6 bulan yang bisa Ibu pertimbangkan adalah puree pepaya, puding pepaya, pancake pepaya, dan smoothie pepaya.

Sudah tidak diragukan lagi manfaat pepaya bagi kesehatan karena memiliki kandungan baik di dalamnya seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, protein, fosfor, vitamin A, B1, B2, C, E, zat besi, asam folat, kalium, kalsium, zinc, dan serat. Seperti yang dilansir dari Nutrition Data, satu buah pepaya kecil (152 gram) mengandung:

  • Kalori: 59 kkal;
  • Karbohidrat: 15 gram;
  • Serat: 3 gram;
  • Protein: 1 gram;
  • Vitamin C: 157% dari RDI;
  • Vitamin A: 33% dari RDI; dan
  • Kalium: 11% dari RDI.

Berikut manfaat pepaya untuk anak 6 bulan atau yang sedang dalam fase MPASI:

1. Melancarkan Pencernaan


Melancarkan pencernaan adalah manfaat pepaya untuk pencernaan si kecil. Buah pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi dapat membantu melancarkan proses pencernaan. Banyak kasus bayi yang mengalami sakit perut dan perut kembung karena susah buang air besar. Bayi yang mengalami kesulitan buang air besar biasanya akan rewel dan menangis sepanjang hari karena tertumpuknya kotoran dalam usus.

Agar hal ini tidak terjadi pada si kecil, Ibu dapat memberikan buah pepaya yang telah dilunakkan atau sesuai dengan kemampuan mengunyah si kecil. Manfaat pepaya untuk pencernaan dapat dirasakan saat mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang. Selain melancarkan pencernaan, manfaat pepaya untuk pencernaan adalah dapat mengatasi iritasi pada sistem pencernaan.

2. Menjaga kesehatan mata

Manfaat pepaya untuk kesehatan lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya terkandung pada wortel saja, ternyata pepaya juga mengandung vitamin A seperti yang juga ditemukan di buah lain seperti buah tomat. Menjaga kesehatan mata si kecil sebaiknya dilakukan sejak dini.

3. Mengobati sariawan

Mengobati sariawan pada si kecil adalah salah satu manfaat pepaya untuk kesehatan. Pepaya mengandung banyak vitamin C di dalamnya. Buah ini tidak memberikan rasa perih pada luka sariawan bayi sehingga tidak membuat bayi rewel. Sariawan itu sendiri terjadi karena adanya iritasi pada kulit bagian dalam mulut. Untuk mengatasi sariawan pada si kecil bisa dengan mengkonsumsi langsung atau menghancurkan pepaya dan diletakkan di bagian yang mengalami sariawan.

4. Menghaluskan kulit

Ternyata manfaat pepaya untuk kesehatan salah satunya adalah untuk menghaluskan kulit si kecil. Pepaya mengandung banyak vitamin yang berfungsi dalam mempertahankan kesehatan kulit bayi. Seperti yang kita ketahui, bayi memiliki tipe kulit yang lebih sensitif ketimbang orang dewasa. Oleh karena itu, kulit bayi membutuhkan perlindungan ekstra guna mencegah infeksi berbahaya pada kulit. Ibu dapat memberikan si kecil pepaya secara rutin untuk memenuhi kebutuhan vitamin yang baik untuk menjaga kulit si kecil terhindar dari infeksi.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Meningkatkan sistem imun tubuh adalah salah satu manfaat pepaya untuk kesehatan. Pepaya mengandung vitamin C yang mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Bayi memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum sempurna sehingga rentan mengalami infeksi dan terserang penyakit. Dengan rutin mengkonsumsi buah pepaya, tubuh dapat melawan bakteri, virus, dan jamur penyebab penyakit.

6. Menurunkan demam

Menurunkan demam adalah salah satu manfaat pepaya untuk anak. Pepaya mengandung berbagai vitamin dan antioksidan yang dapat mengatasi demam pada anak. Selain berkhasiat menurunkan demam si kecil, pepaya juga dapat menjaga daya tahan sel-sel dalam tubuh akibat demam.

7. Mencegah kanker

Buah pepaya juga mengandung senyawa Lycopene yang dapat menjadi pencegah kanker. Sebenarnya, kanker sendiri berasal dari mutasi gen pada sel dalam kurun waktu yang bertahap. Dengan mengkonsumsi pepaya secara rutin, proses tahapan tersebut bisa diminimalisir bahkan dicegah. Selain itu, pepaya juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu mencegah tubuh dari serangan radikal bebas.

8. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat pepaya untuk anak lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Kandungan folat pada pepaya mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Folat dapat mengubah homosistein menjadi asam amino agar tidak terjadi penumpukan yang menyebabkan kerusakan pembuluh darah. Selain folat, pepaya juga kaya akan serat kalium yang mampu membantu menjaga kesehatan organ jantung.

9. Melawan cacingan

Ternyata buah pepaya juga bisa melawan cacingan pada anak, lho. Pepaya dianggap sebagai salah satu tanaman antelmintik buah tertua. Banyak penelitian klinis in-vitro menunjukkan bahwa senyawa bioaktif tertentu dalam pepaya bisa membantu bekerja melawan cacing gastrointestinal.

Itulah 9 manfaat pepaya bagi anak. Memberikan pepaya saat periode MPASI ternyata menyehatkan ya!

Penulis: Zeneth Thobarony
Editor: Dwi Ratih