Kesehatan

Aman Untuk Si Kecil, Coba 7 Resep Obat Batuk Alami Ini, Yuk!

Aman Untuk Si Kecil, Coba 7 Resep Obat Batuk Alami Ini, Yuk!

Maraknya cemaran kandungan etilen glikol (EG) dalam obat batuk cair anak, membuat orang tua lebih banyak mencari alternatif obat lain yang dirasa lebih aman. Apalagi, belakangan ini di FYP Instagram dan platform lain juga banyak yang memberikan resep obat batuk alami untuk anak.

Bahan-bahannya pun sederhana, bahkan kebanyakan juga mudah ditemukan di rumah. Misalnya saja seperti jahe, jeruk lemon, kencur dan juga kunyit.

Obat batuk alami anak yang dibuat dengan menggunakan bahan-bahan tersebut dianggap cukup ampuh dalam mengatasi gejala batuk yang muncul. Obat batuk alami anak tersebut juga jarang menimbulkan alergi pada si kecil, lho!

Nah, buat Ibu yang penasaran mengenai resep obat batuk alami untuk anak dan apa saja bahan-bahan yang perlu disiapkan, yuk simak ulasan berikut ini!

Hal yang perlu diperhatikan sebelumnya


Banyaknya aneka resep obat batuk alami anak yang beredar di platform media sosial membuat Ibu jadi tergoda untuk mencoba satu persatu. Tapi, jika melansir Medical News Today ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat aneka obat batuk alami tersebut.

Sebab, meski bagi kebanyakan anak obat batuk alami ini dianggap lebih aman dikonsumsi, namun Ibu juga perlu mengetahui apakah bahan yang digunakan bisa memicu alergi atau tidak. Atau bahkan justru bisa mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan.

Tapi yang jelas, sebelum membuat resep obat batuk alami, Ibu juga perlu memperhatikan sudah berapa lama batuk yang dialami si kecil berlangsung. Beberapa kondisi batuk anak ini juga kemungkinan harus mengonsumsi obat dengan resep dokter ketimbang obat batuk alami:

  • Batuk yang berlangsung lama atau berulang
  • Anak mengalami sesak napas saat batuk
  • Terdapat bercak darah atau lendir hijau kekuningan pada dahak
  • Batuk disertai demam atau sakit kepala
  • Batuk yang mengeluarkan suara mengi atau rejan.

Hal ini karena, obat batuk yang diberikan oleh dokter dianggap lebih cepat ampuh dalam mengatasi masalah-masalah tersebut. Obat batuk sesuai resep dokter juga bisa mencegah kemungkinan komplikasi yang lebih lanjut seperti bronkitis dan lain sebagainya.

Aneka resep obat batuk alami anak

1. Jahe, lemon, dan madu


Jahe merupakan obat batuk alami anak yang terbukti cukup ampuh dalam mengendalikan batuk dan melegakan pernapasan. Jahe juga punya sifat antiinflamasi yang bisa merileksasi saluran napas.

Jahe cocok dijadikan obat batuk alami anak dengan jenis batuk kering atau bahkan asma. Bahan dan cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Bahan:

2 sdm air hangat

1 sdm air lemon

1 sdm madu

1 sdm perasan air jahe

Cara membuat:

1. Aduk semua bahan ke dalam satu wadah atau cangkir kecil

2. Berikan sedikit demi sedikit pada si kecil. Kenalkan rasanya secara perlahan sampai ia mulai terbiasa.

Resep yang satu ini lebih baik dikonsumsi pada anak di atas usia 1 tahun, ya Bu!

2. Perasan kencur dan madu


Kencur punya banyak manfaat yang bisa berguna sebagai obat batuk alami yang aman dikonsumsi oleh anak-anak. Bahkan menurut International Journal of Research Pharmacy and Pharmaceutical Sciences kencur yang dicampur dengan madu mengandung zat ekspektoran alami yang bisa mengatasi gejala batuk pada anak.

Cara membuatnya juga cukup mudah, lho! Parut sekitar 1/4 ruas jadi kencur, peras dan ambil airnya. Tambahkan 1 sdm air hangat, dan 1 sdm madu. Jika si kecil berusia di bawah satu tahun, Ibu bisa mengganti madu dengan menggunakan 2 sdm air hangat saja ya.

3. Kunyit dan susu


Resep obat batuk alami anak selanjutnya yang bisa dicoba adalah perasan air kunyit dan air hangat. Kita tahu bahwa kunyit memiliki senyawa alami yang punya sifat antiinflamasi dan antivirus.

Karenanya, kunyit dipercaya bisa digunakan sebagai obat batuk alami untuk anak, terutama jenis batuk kering. Melansir Times of India banyak masyarakat di India percaya bahwa mengonsumsi susu hangat yang dicampur dengan perasan kunyit atau kunyit bubuk bisa membantu meredakan batuk yang dialami oleh si kecil.

Ramuan ini lebih dikenal dengan sebutan golden milk. Bahkan ramuan ini sedang tren di banyak sosial media lho! Untuk jenis susu yang digunakan usahakan pakai susu segar dan bukan dicampur dengan susu formula ya, Bu.

Kamu juga bisa menghangatkan susu (jangan dihangatkan sampai mendidih), kemudian tambahkan kunyit dan beri perasa berupa 1 sdm madu. Tapi, pastikan resep obat batuk alami anak ini dikonsumsi oleh anak berusia di atas 1 tahun ya!

4. Berkumur dengan larutan air garam


Obat batuk alami anak yang satu ini juga bisa diberikan pada anak yang sudah bisa paham cara berkumur. Namun, pastikan anak tidak benar-benar menelan larutan air ini ya Bu, karena justru hal tersebut bisa sangat berbahaya bagi si kecil.

Berkumur dengan air hangat dan larutan garam juga bisa menjadi antiseptik alami yang bisa meredakan tonsil yang bengkak, dan keluhan sakit tenggorokan. Garam juga bisa mengurangi dahak dan mencegah batuk membandel.

Cukup larutkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sdt garam. Kemudian aduk larutan tersebut secara perlahan hingga garam benar-benar larut. Lalu mintalah anak berkumur (gargle) di bagian belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum membuangnya.

5. Air madu dan lemon


Melansir National Health Service sangat merekomendasikan obat batuk alami anak yang satu ini untuk membantu melegakan pernapasan si kecil. Apalagi madu punya banyak manfaat untuk anak-anak.

Diantaranya bersifat antiinflamasi, antioksidan dan dapat membantu merileksasi pernapasan anak. Apalagi ditambah dengan perasan lemon yang segar dan disajikan hangat, pasti membuat obat batuk alami ini sangat disukai oleh si kecil. Pastikan resep obat batuk alami ini dikonsumsi oleh anak yang sudah berusia di atas 1 tahun ya!

6. Minuman yang kaya kandungan probiotik


Probiotik adalah mikroorganisme yang punya banyak manfaat bagi kesehatan. Meskipun tidak meredakan batuk secara langsung, namun probiotik bisa membantu menyeimbangkan bakteri baik yang hidup di dalam usus manusia.

Sebab, melansir Healthline menjaga keseimbangan usus baik ini sangat penting untuk mendukung fungsi sistem imun tubuh. Untuk itu, mengonsumsi minuman probiotik sebagai ramuan obat batuk alami sangat disarankan.

Beberapa jenis minuman probiotik alami yang bisa Ibu berikan pada si kecil adalah:

  • Bone broth, atau kuah sup dari kaldu ayam atau daging
  • Yogurt
  • Kombucha
  • Kefir

7. Buah-buahan yang kaya zat antioksidan


Menurut Journal Advances in Nutrition pada tahun 2012 buah-buahan yang kaya akan zat antioksidan bisa membantu meningkatkan imun tubuh anak. Sehingga otomatis membuat tubuh si kecil lebih kuat melawan timbulnya penyakit seperti batuk dan pilek.

Buah-buahan ini juga aman dikonsumsi oleh bayi di bawah usia 1 tahun, lho! Contoh buah-buahan yang kaya antioksidan adalah:

  • Apel
  • Pisang
  • Alpukat
  • Jeruk
  • Tomat
  • Pepaya

Tapi, pastikan si kecil tidak memiliki alergi tertentu pada jenis-jenis buah ini ya Bu! Kamu juga bisa menyajikan buah ini dalam bentuk puree buah atau jus yang mudah dikonsumsi si kecil.