Kesehatan

Arti Warna Urine Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Seseorang

Arti Warna Urine Bisa Deteksi Kondisi Kesehatan Seseorang

Tak banyak orang yang tahu, ternyata memerhatikan warna urine setiap hari sangat penting untuk dilakukan, lho! Hal ini bahkan bisa menentukan kondisi kesehatan seseorang.

Mulai dari apakah hidrasi tubuh terpenuhi, hingga mendeteksi adanya suatu penyakit berbahaya layaknya gagal ginjal. Karenanya, memeriksa arti warna urine menjadi hal yang nggak boleh dilewatkan.

Apalagi urine memiliki fungsi untuk membuang zat sisa seperti racun atau obat-obatan dari dalam tubuh kita. Ekskresi urine ini tidak serta merta keluar begitu saja tanpa disaring oleh ginjal.

Sehingga, arti warna urine ini memang sangat menentukan seberapa sehat kondisi tubuh serta ginjal kita. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai arti warna urine, berikut adalah ulasannya.

Mengenal beragam arti warna urine


Secara keseluruhan arti warna urine manusia memang sangat menentukan kondisi kesehatannya. Jika melansir Everyday Health urine sendiri diproduksi ketika darah melewati ginjal, yang menyaring kelebihan kotoran dan air. Kotoran ini berjalan melalui tabung yang dikenal sebagai ureter dan disimpan di kandung kemih sampai kita ingin buang air kecil.

Urine sendiri terdiri dari 95% air, dan sisanya terdiri dari ribuan senyawa baik anorganik maupun organik yang keluar dari tubuh. Warna urine normal sangat bervariasi dari jernih, kuning keemasan, hingga kuning pekat.

Nah, di luar warna tersebut, seperti cokelat, oranye, merah, hijau, atau bahkan biru, bisa menandakan adanya gangguan kesehatan yang sedang dialami oleh seseorang. Berikut ini adalah beberapa arti warna urine manusia yang penting untuk diketahui:

1. Arti warna urine kuning keruh

Arti warna urine kerung bisa menandakan bahwa Ibu sedang mengalami infeksi pada saluran kemih. Namun biasanya hal ini jarang sekali disadari atau cenderung diabaikan.

Arti warna urine kuning keruh bahkan bisa disertai dengan rasa sakit saat buang air kecil.  Warna urine keruh ini juga bisa jadi tanda adanya penyakit ginjal dan penyakit kronis lain.

2. Arti warna urine kuning

Melansir Cleveland Clinic arti warna urine kuning terbagi menjadi dua, yakni kuning pekat dan kuning keemasan. Arti warna urine kuning pekat menunjukkan bahwa tubuh sedang dehidrasi.

Sementara warna urine kuning keemasan menandakan tubuh sehat dan terhidrasi dengan baik. Akan tetapi, warna urine pekat tidak selalu menandakan Ibu mengalami dehidrasi parah alias cenderung ringan.

Biasanya arti warna urine kuning pekat terjadi ketika Ibu berkeringat banyak setelah berolahraga atau kepanasan di luar rumah. Nah, jika mengalami kondisi seperti ini dokter menyarankan agar segera penuhi hidrasi tubuh dengan mengonsumsi air putih.

3. Arti warna urine bening 

Masih melansir Cleveland Clinic, arti warna urine bening atau cenderung tidak berwarna menandakan bahwa Ibu terhidrasi lebih dari cukup. Jaga terus asupan cairan Ibu agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Nggak perlu khawatir jika lebih sering bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil ya, Bu. Hal ini justru menandakan tubuh Ibu dalam keadaan sehat, terutama jika volume urine yang keluar sesuai dengan jumlah cairan yang dikonsumsi.

4. Arti warna urine merah

Melansir Mayo Clinic arti warna urine merah atau cenderung merah muda, tidak selalu menunjukkan tubuh sedang mengalami penyakit serius. Arti warna urine merah biasanya disebabkan oleh:

  • Darah

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan urine berwarna merah adalah akibat urine darah atau hematuria, termasuk infeksi saluran kemih, pembesaran prostat, tumor kanker dan non-kanker, kista ginjal, lari jarak jauh, dan batu ginjal atau kandung kemih.

  • Konsumsi makanan tertentu

Misalnya buah bit, blackberry, dan buah naga merah juga dapat mengubah urin menjadi merah atau merah muda. Hal ini bahkan bisa terjadi 2-3 kali tiap BAK dalam sehari, hingga akhirnya urine berwarna normal.

  • Konsumsi obat-obatan

Jenis obat-obatan tertentu seperti Rifampisin (Rifadin, Rimactane), antibiotik yang sering digunakan untuk mengobati tuberkulosis, dapat mengubah urin menjadi merah. Termasuk obat ginjal dan pencahar yang mengandung zat senna.

5. Arti warna urine coklat

Arti warna urine cokelat atau cokelat tua bisa menjadi tanda adanya masalah pada organ hati, ginjal, bahkan infeksi saluran kemih. Olahraga ekstrem yang menyebabkan cedera pada otot juga bisa menyebabkan gangguan pada ginjal yang membuat warna urine menjadi cokelat.

6. Arti warna urine putih

Arti warna urine putih atau keruh seperti susu bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi saluran kemih yang disertai pembentukan nanah. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan piuria.

Penyebabnya tak lain adalah infeksi bakteri, jamur, dan virus. Bahkan pada beberapa kasus, arti warna urine yang satu ini bisa menyebabkan urine mengeluarkan bau tidak sedap.

7. Arti warna urine hijau hingga biru

Arti warna urine yang satu ini mungkin akan membuat Ibu merasa kaget saat pertama kali melihatnya. Biasanya arti warna urine hijau hingga kebiruan disebabkan oleh pewarna makanan, efek samping tertentu seperti obat asma, antidepresan amitriptilin, serta zat warna metilen biru.

Mendeteksi arti warna urine ini sangat penting diperhatikan setiap hari ya Bu. Hal ini juga berlaku bagi si kecil di rumah. Apalagi saat ini sedang banyak kasus mengenai gagal ginjal misterius yang terjadi pada anak.